Home / Kesehatan / 5 Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Yang Wajib Diketahui Terutama Ibu Hamil

5 Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Yang Wajib Diketahui Terutama Ibu Hamil

Kondisi hamil memang rentan capek dan pegal-pegal. Apalagi ketika memasuki trisemester kedua berat badan mulai bertambah. Faktor kenali penyebab kaki bengkak saat hamil sejak dini dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan maupun mencari tahu sendiri melalui intenet. Menjaga kondisi tubuh tetap sehat bagi ibu hamil dan juga bayi yang dikandungnya merupakan prioritas keluarga yang ada di sampingnya. Jangan sampai kondisi yang dianggap biasa malah menyebabkan sakit yang tak kunjung sembuh. Seperti masalah bengkak pada kaki. Berikut apa saja yang menyebabkan kaki bengkak pada ibu hamil di bawah ini.

Baca Juga : Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Tua Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

1. Berjalan terlalu lama

Bagi seorang ibu yang hobinya berjalan-jalan alangkah baiknya mengurangi porsi jalan-jalannya ketika hamil. Keseimbangan tubuh berkurang dengan adanya bayi di dalam kandungan seorang ibu. Maka dari itu menjaga kondisi tetap sehat dan bugar adalah tugas ibu hamil. Apabila seorang ibu sudah terbiasa berjalan-berjalan waktu dan durasinya bisa menyesuaikan lebih cepat. Untuk sekedar olahraga pagi dengan pemanasan ringan. Atau bisa juga dengan menyapu halaman dan membersihkan taman. Keindahan tercipta kesehatan ibu tetap terjaga.

2. Membawa beban berat

Kondisi ibu hamil mengalami pertumbuhan masa janin yang terus berkembang. Minggu berganti bulan sampai waktu melahirkan nanti berat badannya akan semakin naik. Ketika ia membawa beban berat di kedua tangannya maka akan terjadi pembengkakan pada kakinya. Karena aliran darah bertumpu pada kaki. Keadaan kaki ketika menerima beban di atas rata akan cepat lelah dan bisa membesar. Kaki sulit digerakkan dan badan tidak bisa menopang tubuh dengan normal. Jika dilanjutkan maka badan akan pegal-pegal. Lebih fatalnya lagi ibu hamil bisa kehabisan nafas dan akhirnya pingsan.

3. Terlalu lama duduk

Ketika ibu hamil terlalu lama diam maka akan mengakibatkan pembengkakan pada kaki. Hal tersebut terjadi karena aliran darah terjadi gangguan sehingga mengakibatkan tidak lancarnya pembuluh darah. Pembengkakan kaki pada ibu hamil terjadi ketika badan kurang gerak dan terlalu lama diam. Maka dari itu tetap melatih pergerakan badan secara teratur agar tidak terjadi pembengkakan pada kaki. Antisipasi lain yaitu berolahraga di pagi hari dan sore hari secara teratur. Jangan terlalu lama diam dalam posisi duduk karena posisi kaki menggantung danmengakiatkan aliran darah tersumbat.

4. Kurang minum air putih

Nutrisi air mineral sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar aliran darah yang tertimbun pada kaki menjadi lancar. Terjadinya pembengkakan karena kondisi tubuh tidak stabil.Dari itu asupan air putih yang teratur bisa mengurangi pembengkakan. Karena tubuh memerlukan minimal 1 ½ literair putih dalam sehari. Konsumsilah air putih sesuai dengan takaran agar kondisi tubuh tetap sehat.Penyebab kaki bengkak saat hamil ini memang tidak terlalu ekstrim, alangkah bijaknya untuk memperhatikan pola minum air putih. Jika tidak diperhatikan dengan teliti maka akibatnya akan lebih rumit apabila bagi ibu hamil dan janinnya.

5. Adanya gangguan dalam pembuluh darah

Dalam masa kehamilan, terjadinya pembengkakan pada kaki diakibatkan adanya gangguan pembuluh darah.Jika didiamkan maka bisa terjadi penyakit yang lebih serius lagi yaitu hipertensi dalam kehamilan. Maka dari itu adanya gangguan tersebut bisa berasal dari posisi duduk yang keliru seperti menyilang kaki. Alternatif lain yaitu menggunakan stocking khusus ibu hamil untuk menghindari pembengkakan pada kaki. Pasangan sepatu ini khusus dibuat untuk membantu aliran darah menjadi lancar dibagian kaki khususnya. Solusi cerdas untuk mengatasi kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil.

Baca Juga : Siapa Sangka Ternyata Makanan-Makanan Ini Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Itulah 5 penyebab kaki bengkak saat hamil yang perlu untuk diwaspadai. Mengantisipasi sejak awal merupakan cara aman agar terhindar dari bengkak pada kaki. Menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil dan  memperhatikan pola duduk yang benar. Tetap berolahraga teratur untuk menyehatkan badan bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Jangan sampai penyakit bengkak ini singgah dalam proses hamil selama 9 bulan. Semangat calon ibu untun tetap sehat dan calon bayi yang dikandungnya juga sehat sampai melahirkan nanti.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.