Home / Teknologi / 5 Hal Penting Wajib Tahu Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Keyboard Laptop

5 Hal Penting Wajib Tahu Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Keyboard Laptop

Penyebab Kerusakan Pada Keyboard Laptop – Keyboard adalah perangkat keras (hardware) laptop yang mempunyai peranan penting agar laptop bisa bekerja dengan optimal. Tanpa keyboard tentunya kita tidak akan bisa mengoperasikan laptop meskipun ada alternatif lain menggunakan keyboard screen. Keyboard merupakan perangkat dimana penggunaannya untuk melaksanakan tugas input. Berbeda dengan komputer (PC), keyboard laptop dipasang menyatu dengan laptop. Posisi keyboard tepat berada di atas motherboard laptop berseta perangkat keras lainnya seperti Processor (CPU), Chipset, VGA, RAM, Hardisk, dan perangkat lainnya.

Baca Juga : Cara Cek Keyboard Laptop Dan Komputer Secara Online & Bantuan Software

Umumnya keyboard laptop ini sangat sensitif akan kerusakan jika dalam penggunaannya tidak tepat. Ciri-ciri keyboard laptop mengalami beberapa gangguan dan kerusakan adalah seperti : satu atau lebih tombol keyboard sangat keras ketika ditekan, satu atau lebih keyboard normal bisa ditekan namun tidak tampil output di layar, keyboard laptop tidak terdeteksi, atau yang paling parah adalah keyboard laptop rusak mati total ditandai dengan tidak bisa melakukan proses input meskipun keyboard terdeteksi dengan baik.

penyebab-kerusakan-pada-keyboard-laptop

Jika laptop Anda sudah berumur itu wajar-wajar saja kalau keyboard mengalami gangguan kerusakan. Namun jika laptop itu masih baru tentu saja hal ini akan menjadi pertanyaan. Maka daripada itu sebaiknya dipelajari apa saja penyebab kerusakan pada keyboard laptop padahal laptop baru saja dibeli.

Berikut Adalah 5 Penyebab Kerusakan Pada Keyboard Laptop Yang Wajib Anda Ketahui

Disini saya akan mengelompokkan 5 kasus saja yang paling umum sering terjadi bisa memicu kerusakan pada keyboard laptop, yaitu :

1. Keyboard Laptop Pernah Ketumpahan Benda Cair

Yang namanya barang elektronik seperti keyboard laptop, tentu saja musuh beratnya perangkat tersebut adalah air. Keyboard laptop bisa menjadi tidak berfungsi jika pernah ketumpahan cairan seperti minuman dan sejenis lainnya. Tanda-tandanya adalah ketika kita menekan salah satu atau lebih tombol keyboard maka tidak akan menghasilkan output pada layar laptop. Jika terus kita biarkan, maka keyboard bisa rusak amti total. Untuk itu mulai sekarang jangan dibiasakan mendekatkan benda cair didekat laptop.

Namun jika sudah terlanjur terjadi, maka ketika keyboard ketumpahan air jangan Anda nyalakan laptop. Silakan Anda bongkar keyboard laptop atau keluarkan dari tempatnya dengan cara mencungkilnya. Pelajari dulu bagaimana cara membuka keyboard laptop. Setiap laptop cara membongkar keyboard berbeda-beda. Sebagian laptop ada yang harus melepaskan baut dari belakang laptop.

Langkah selanjutnya jika keyboard sudah berhasil dilepaskan dari tempatnya, Anda buka satu-persatu (congkel) tombol keyboard yang terkena tumpahan. Anda bersihkan dan keringkan dengan kain halus. Pastikan jangan sampai ada air yang tersisa pada keyboard dan juga badan laptop. Jika sudah benar-benar, Anda pasangkan kembali dan laptop sudah bisa digunakan lagi.

2. Ada Debu Yang Menyangkut Di Bagian Bawah Tombol Keyboard

Kemungkinan kedua yang bisa menyebabkan tombol keyboard laptop tidak berfungsi adalah adanya pasir atau debu yang nyangkut dibawahnya. Kasus ini sering terjadi ketika kita telah menggunakan laptop di luar ruangan (outdoor). Bisa saja tanpa sepengetahuan kita ada pasir dan debu menyelinap ke bawah tombol keyboard. Untuk memastikannya, silakan Anda congkel tombol keyboard yang tidak berfungsi dan bersihkan secara perlahan lalu pasang kembali. Hati-hati ketika mencongkel tombol keyboard jangan sampai socketnya rusak.

Baca Juga : Lakukan 6 Hal Berikut Karena Bisa Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

3. Karet Tombol Keyboard Sudah Rusak

Untuk kasus ini umumnya terjadi jika laptop Anda sudah berumur. Atau penyebab lainnya adalah keyboard laptop sering Anda gunakan secara tidak wajar meski laptop masih baru. Asal Anda tahu bahwa dibawah tombol keyboard terdapat karet, jika karet ini sudah menipis maka efeknya kurang maksimal ketika ditekan. Silakan Anda cek dulu pada tombol yang kerjanya kurang optimal untuk memastikan apakah benar atau tidak karetnya sudah menipis. Jika benar, solusinya tidak lagi selain Anda harus menggantinya tombol keyboard tersebut dengan yang baru.

4. Pemasangan Driver Keyboard Tidak Benar

Terkadang kita sering terkecoh dengan masalah yang satu ini. Awalnya kita anggap bahwa keyboard laptop sudah rusak karena tombolnya tidak berfungsi dengan baik. Padahal sebetulnya keyboard masih baik dan pemicunya adalah masalah driver keyboard. Bukan suatu hal yang mustahil jika keyboard tidak optimal masalahnya ada di driver. Jika driver keyboard tidak kompatible atau driver sudah usang (out of date) maka bisa saja keyboard menjadi tidak optimal.

Untuk mengatasi hal tersebut caranya cukup mudah, Anda tinggal melakukan install ulang driver keyboard dengan yang kompatible. Jika driver sudah out of date, maka gantilah dengan driver yang up to date (terbaru).

5. Laptop Pernah Terjatuh

Ini adalah penyebab terakhir yang memicu kerusakan pada keyboard laptop Anda. Jika laptop Anda pernah terjatuh maka tidak menutup kemungkinan akan membuat keyboard laptop tidak berfungsi karena  mengalami beberapa gangguan seperti keyboard retak, socket atau port yang kendor atau lepas, dan sebagainya. Jika laptop pernah terjatuh, biasanya bukan hanya keyboard saja yang akan rusak, perangkat-perangkat keras lainnyapun akan mengalami kerusakan juga. Sebaiknya Anda cek secara teliti perangkat apa saja yang retak.

Tidak ada solusi lagi jika hal ini terjadi selain Anda meski menggantinya dengan yang baru. Untuk itu berhati-hatilah ketika sedang membawa laptop dan jagalah agar laptop jangan sampai terjatuh.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

Ok mungkin hanya itu saja artikel Penyebab Kerusakan Pada Keyboard Laptop. Semoga dengan adanya artikel ini sedikitnya bisa membantu Anda khususnya yang sedang mengalami kasus kerusakan pada keyboard laptop. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *