Home / Teknologi / 5 Hal Penyebab Utama Yang Dapat Menguras Kuota Internet Anda Cepat Habis

5 Hal Penyebab Utama Yang Dapat Menguras Kuota Internet Anda Cepat Habis

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis – Tanpa kita sadari kalau kebutuhan internet saat ini sudah sangat tinggi. Hampir setiap orang di jaman serba canggih seperti saat ini membutuhkan koneksi internet. Dan memang banyak sekali keuntungannya jika kita mempunyai koneksi internet. Tidak ada isitlah kudet (kurang update) jika kita selalu terhubung ke internet. Di internet banyak sekali informasi yang dapat kita peroleh. Cukup satu klik, setiap permasalahan kita akan terjawab hanya dengan mengetikkan kata kunci pertanyaan di mesin pencari seperti Google.

Baca Juga : Cara Terbaru Setting Internet Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Three, Smartfren

Sedangkan untuk terhubung ke internet biasanya kita kenal dengan sebutan kuota. Kuota adalah jumlah paket data atau batasan koneksi internet yang telah ditentukan oleh provider tertentu. Banyak orang yang memilih koneksi internet jenis paket kuota dibanding paket unlimited. Alasannya paket kuota harganya lebih murah daripada paket unlimited. Padahal sebetulnya paket kuota itu memiliki batasan tertentu (limited) beda dengan yang tanpa batasan (unlimited).

penyebab-kuota-internet-cepat-habis

Meskipun paket kuota cepat habis, sebetulnya bisa disiasati agar kuotanya tetap awet. Sudah harganya murah dipakainya juga awet, tentu saja ini adalah idaman setiap orang termasuk saya. Asal Anda tahu bahwa setiap kali kita mengakses internet, masing-masing halaman web mempunyai perbedaan dalam hal menguras kuotanya. Halaman web yang terlalu banyak aksesories biasanya akan lebih banyak menguras kuota sehingga kuota akan cepat habis. Selain itu disini saya akan membagikan 5 penyebab utama yang bisa menyebabkan kuota internet kita cepat terkuras habis.

Berikut 5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis Yang Meski Anda Hindari

1. Download File dan Upload File

Jika Anda mempunyai hobi download file dari internet, maka dengan menggunakan paket kuota adalah pilihan yang kurang tepat. Kebiasaan download file dari internet akan menyebabkan kuota internet Anda akan cepat habis. Penyebab lainnya adalah suka upload file. Kebiasaan mengupload file ke internet juga sama saja dengan download file. Hal ini tergantung kapasitas atau ukuran file yang di download dan di upload. Semakin besar ukuran file download dan upload maka akan semakin terkuras kuota internet Anda. Disarankan jika Anda mempunyai hobi download dan upload file agar menggunakan paket internet unlimited. Atau bisa juga dengan menggunakan jaringan internet WiFi bukan paket kuota.

2. Video Streaming

Kesalahan lainnya penyebab paket kuota internet cepat habis adalah kebiasaan suka menonton video streaming. Apapun video streaming yang kita tonton maka akan cepat menguras kuota internet. Apalagi jika video streaming yang kita tonton berkualitas HD. Selain nonton video streaming, kebiasaan upload video juga sama akan cepat memangkas paket kuota internet Anda.

3. Browsing Gambar Kualitas HD

Apapun filenya, jika file tersebut berkualitas HD maka akan cepat menguras paket kuota internet. Seperti alasan kedua tadi video HD, maka gambar berkualitas HD juga sama saja. Gambar kualitas HD ini memiliki resolusi tingga sehingga gambar tersebut akan terlihat sangat jelas dan bagus. Namun jangan salah paket kuota internet akan cepat nihil. Apalagi jika gambar kualitas HD tersebut setelah kita buka kemudian kita download.

4. Menggunakan Fitur Auto Update

Meskipun fitur auto update ini sangat membantu kita, misal auto update dari aplikasi tertentu yang terpasang di komputer. Namun asal Anda tahu bahwa dengan mengaktifkan fitur auto update maka Anda telah membiarkan paket kuota internet cepat terkuras. Sebaiknya fitur auto update ini Anda matikan saja. Anda bisa mengupdate aplikasi atau software tertentu dengan cara manual. Misal Anda mempunyai Anti Virus yang meski di update setiap satu minggu sekali. Nah untuk mengupdate Anti Virus ini Anda bisa mengambil alternatif lain dengan download update manual menggunakan kuota internet unlimited atau WiFi.

5. Suka Melakukan Video Chat

Jangan salah kalau fitur video chat menggunakan internet ini adalah tindakan yang dapat menguras paket kuota Anda. Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan video chat dengan teman Anda baik itu di Facebook, Skype, Camfrog, dan sebagainya jika paket internet Anda menggunakan batasan (kuota). Kecuali jika paket unlimited, maka bisa melakukan video chat sepuasnya sampai kapanpun.

Ok mungkin hanya itu saja 5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis. Mulai saat ini jika paket kuota internet Anda ingin tetap awet, maka cobalah untuk mengurangi 5 penyebab diatas atau sebaiknya Anda jangan pernah melakukannya kecuali jika memang sangat penting. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *