Home / Teknologi / 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

Penyebab Laptop Cepat Rusak – Laptop adalah komputer jinjing yang penggunaannya lebih praktis dibanding komputer (PC) yaitu bisa dipakai di pangkuan ketika duduk. Karena sifatnya praktis maka laptop bisa dibawa kemana-mana sesuai kebutuhan pengguna. Perangkat keras yang dibutuhkan layaknya sebuah komputer seperti papan tombol (keyboard), mikroprosesor (CPU), layar tampilan (LCD/LED), baterai, hingga mouse semua terpasang pada satu benda kecil ini. Dengan menggunakan laptop maka kebutuhan kita sudah terpenuhi semua dalam menyelesaikan pekerjaan komputer, kecuali printer untuk mencetak.

Baca Juga : Cara Cek Keyboard Laptop Dan Komputer Secara Online & Bantuan Software

Seperti halnya perangkat keras lainnya misal hardisk dan printer, maka laptop juga meski kita rawat agar awet tidak cepat rusak. Laptop sangat rentan terjadi kerusakan dibanding komputer, dengan catatan jika kita telah menggunakan laptop menjadi salah kaprah. Terutama pada perangkat papan tombol (keyboard) dan baterai laptop yang selama ini paling sering terjadi kerusakan.

penyebab-laptop-cepat-rusak

Berikut Adalah Penyebab Laptop Cepat Rusak Yang Sebaiknya Jangan Anda Lakukan

Dari banyaknya kasus yang bisa menyebabkan laptop cepat rusak, hanya ada 10 masalah saja yang paling sering menimbulkan kerusakan pada laptop. Maka daripada itu mulai sekarang sebaiknya Anda jangan pernah melakukan cara ini jika memang laptopnya ingin awet panjang umur. Inilah beberapa hal yang bisa menyebabkan cepat rusak pada laptop :

1. Jangan Menyimpan Benda Berat Di Atas Laptop

Berapapun harganya laptop Anda atau secanggih apapun laptopnya, kebiasaan suka menyimpan benda di atas laptop meski dihentikan. Apalagi jika benda tersebut kuantitasnya sangat berat. Kebiasaan buruk ini akan memberikan peluang manis pada layar tampilan laptop (LCD/LED) cepat rusak. Beban berat yang kita simpan di atas laptop bisa menghimpit layar LCD/LED laptop sehingga pada akhirnya layar laptop akan cepat rusak. Tahukah Anda bahwa harga layar laptop itu sangatlah mahal. Biasanya jika layar laptop memang handal, maka awalnya pada layar laptop akan muncul garis-garis vertical atau hirizontal. Namun jika terus kita biarkan maka akhirnya layar laptop akan rusak total dan harus diganti dengan yang baru.

2. Jangan Menggunakan Laptop Di Atas Benda Yang Empuk

Tidak bisa dipungkiri kalau kasus ini merupakan paling banyak yang kita gunakan. Memang akan merasa nyaman jika menempatkan laptop di atas tempat yang empuk seperti kursi sofa atau kasur. Masalahnya terletak pada pengguna laptop yaitu nyaman duduk di atas benda empuk sambil mengoperasikan laptop. Untuk pengguna duduk di atas benda empuk itu sah-sah saja, namun yang menjadi masalah dan pemicu cepat rusak pada laptop adalah laptopnya juga disimpan diatas benda yang empuk tersebut.

Mungkin satu hal yang tidak Anda sadari adalah sifat benda empuk seperti kursi sofa, kasur, dan berbahan lembut lainnya adalah tidak bisa membuang udara panas. Yang ada benda-benda empuk ini adalah bersifat menyerap panas. Dengan begitu jika kita menempatkan laptop di atas benda-benda tersebut dikhawatirkan lubang sirkulasi di bawah laptop akan tertutup. Ketika laptop sedang bekerja maka laptop akan panas dan udara panas tersebut akan dibuang melalui sirkulasi udara dibawahnya. Bisa saja laptop akan cepat panas dan panasnya bisa berlebih dari biasanya jika kita simpan di atas kasur. Panas yang berlebih (over heat) pada komponen laptop bisa menyebabkan kerusakan pada laptop Anda.

3. Selalu Bersihkan Laptop Dari Debu Yang Menempel

Bukan hanya debu yang menempel pada kulit wajah kita saja yang harus rajin kita bersihkan, namun debu yang melekat pada laptop juga harus Anda bersihkan. Seperti halnya yang pernah saya bahas pada kegiatan mencuci motherboard itupun awal permasalahnnya adalah dari debu yang menempel dan dibiarkan secara terus menerus. Namun untuk hal mencuci laptop saya tidak menyarankannya apalagi jika dikerjakan bukan sama orang yang ahli. Membersihkan debu pada laptop yang saya maksudkan disini adalah debu-debu yang menempel dibagian luar saja. Terutama debu yang menempel dibagian bawah laptop atau yang menghalangi sirkulasi udara tempat mengeluarkan panas.

Sebetulnya menurut saya kebiasaan menggunakan pengaman pada keyboard laptop juga ini adalah kebiasaan buruk. Mungkin maksud utamanya untuk melindungi keyboard dari debu. Namun menurut saya hal ini bahkan bisa mengganggu sirkulasi udara yang keluarnya melalui celah-celah keyboard.

4. Selalu Gunakan Baterai Ketika Laptop Dinyalakan

Ini adalah jaman serba canggih dan tentunya berbeda jauh dengan laptop yang kita kenal jaman dulu. Memangnya apa? Laptop jaman dulu biasanya sangat beresiko jika menjalankan laptop sambil mencharge sedangkan baterai terpasang. Masalahnya dulu baterai akan mengembung jika ketika laptop dicharge sambil digunakan. Memang sih sebaiknya ketika laptop sedang dicharge Anda jangan dulu menggunakan laptop hingga ngecharge benar-benar full. Biasanya kebiasaan menggunakan laptop sambil dicharge bisa mengkibatkan baterai tidak tahan lama daya simpan strumnya. Namun kebiasaan menggunakan laptop sambil dicharge dan baterai tidak dipasang inipun bisa menyebabkan laptop cepat rusak. Coba Anda bayangkan bagaimana jika ketika laptop digunakan tiba-tiba mati lampu? Akan banyak perangkat laptop yang dikorbankan pengaruh mati lampu ini, terutama hardisk laptop. Belum lagi semua pekerjaan Anda akan hilang jika sebelumnya tidak disimpan (save).

5. Jangan Menggunakan Laptop Di Tempat Panas

Diatas sudah saya bahas kalau laptop sedang bekerja maka akan mengeluarkan suhu panas. Tentu saja jika kita menggunakan laptop ditempat yang mempunyai suhu panas tidak akan membantu meringkankan beban laptop malah akan merepotkan. Kepanasan laptop akan berlebih (over heat) yang sangat memicu pada kasus kerusakan komponen laptop. Menggunakan laptop diluar ruangan dimana sinar matahari langsung menimpa ke perangkat laptop bisa berbahaya. Sinar matahari ini akan mempengaruhi layar laptop (LCD/LED).

Bukan berarti didalam ruangan lebih bagus untuk menggunakan laptop. Jika didalam ruangan memiliki suhu yang panas atau ruangannya tidak memiliki ventilasi yang cukup maka lebih baik gunakan laptop diluar ruangan asal tidak terkena radiasi matahari secara langsung saja.

Baca Juga : Cara Sederhana Memperbaiki Chipset VGA Laptop Yang Lemah Rusak ~ Mati Total

6. Hindari Meletakkan Benda Cair Di Dekat Laptop

Laptop juga benda elektronik dimana setiap benda elektronik musuhnya terberatnya adalah benda cair seperti air. Setiap benda elektronik akan rusak kronis jika sudah terkena benda cair. Satu hal yang sering kita lakukan adalah meletakkan segelas kopi dekat laptop sambil melakukan pekerjaan di laptop. Ini sangat berbahaya jika kopi tersebut bisa tumpah ke laptop Anda. Namun jika sudah terlanjur terjadi, maka sebaiknya Anda segera matikan laptop lalu lepas semua komponen laptop mulai dari baterai dan sebagainya. Keringkan semua komponen laptop dan gunakan laptop kembali jika benar-benar benda cair tersebut sudah kering.

7. Jauhkan Benda Magnet Dari Laptop

Mendekatkan benda yang mempunyai sifat magnet bisa menyebabkan kerusakan pada laptop. Terlebih jika benda tersebut memiliki magnet full 100%. Didalam perangkat laptop terdapat benda-benda yang memiliki sifat magnet seperti yang terdapat didalam hardisk, floppy disk, dan sebagainya. Jika kita mendekatkan magnet ke laptop, bisa saja semua data yang terdapat magnet didalam perangkat laptop akan hilang.

8. Jangan Gunakan Laptop Jika Baterai Sudah Kosong (0%)

Mungkin masalah ini hubungan eratnya adalah dengan tindakan merawat baterai laptop agar awet tidak cepat ngedrop. Segera charge laptop jika minimal sudah mendekati ke nilai 20%. Jangan membiarkan laptop mati sendiri karena kehabisan setrum (0%). Kebiasaan ini akan memperpendek usia baterai laptop Anda. Antisipasi lainnya agar baterai terhindar dari kehabisan sampai 0% adalah dengan mengatur  Power Options baterai agar laptop mati secara otomatis sebelum baterai mencapai ke angka 0%.

9. Jangan Menyimpan Laptop Di Atas Permukaan Yang Miring

Anda tentu sudah tahu kalau didalam hardisk terdapat sebuah piringan yang berfungsi untuk write dan read. Piringan ini akan berputar apabila laptop kita operasikan. Berputarnya bisa saja semakin kencang terlebih jika ada aplikasi atau program yang kita jalankan secara spesifik. Nah jika laptop kita tempatkan pada posisi miring ini sangat berbahaya ketika hardisk sedang bekerja. Piringan hardisk bisa tergores dengan komponen lainnya. Hardisk laptop bisa bad sector bahkan bisa saja langsung rusak seketika dan data-data penting kita tidak terselamatkan. Simpanlah laptop ketika kita sedang menjalankannya pada bidang yang rata dan keras seperti meja.

10. Sesuaikan Tingkat Kecerahan Monitor Laptop

Dengan menggunakan tingkat kecerahan yang tinggi selain akan merusak mata pengguna dan juga bisa membuat boros baterai laptop. Maka oleh karena itu aturlah tingkat kecerahan laptop menjadi yang sedang saja atau disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Kemungkinan lain juga layar tampilan (LCD/LED) laptop akan cepat rusak jika Anda selalu menggunakan tingkat kecerahannya maksimal.

Ok mungkin artikel tentang Penyebab Laptop Cepat Rusak ini dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya khususnya bagi Anda yang memiliki laptop dan ingin merawat laptopnya agar awet panjang umur. Sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *