Home / Teknologi / Ini Dia 5 Faktor Penting Penyebab Printer Cepat Rusak Yang Wajib Anda Ketahui

Ini Dia 5 Faktor Penting Penyebab Printer Cepat Rusak Yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Printer Cepat Rusak – Printer adalah perangkat keras sebagai pelengkap komputer yang fungsinya untuk mencetak. Dengan printer kita bisa mencetak apapun hasil dari pekerjaan kita di komputer seperti pembuatan dokumen di Office Word, Office Excel, Poto hasil olahan Photoshop, dan sebagainya. Saat ini banyak sekali jenis dan merk printer yang tersedia dipasaran, seperti Epson, Canon, HP, dan Brother. Dari merk printer Epson saja tersedia banyak pilihan type/jenis, seperti Epson L210, L110, L350, L800, dan masih banyak lagi. Harganya pun dari masing-masing type dan merk printer sangat bervariasi tergantung kualitas dari printer itu sendiri. Tentu saja harga printer mahal hanya yang memiliki kualitas tinggi saja. Satu hal yang sering kita lupakan masalah dengan printer, yaitu malas untuk mempelajari penyebab printer cepat rusak.

Baca Juga : Inilah Cara Mudah Dan Cepat Reset Printer EPSON L800 (Download Resetter)

Untuk merawat printer agar awet umur dan kualitas cetaknya kita meski mempelajari beberapa penyebab printer cepat rusak. Dengan mengetahui masalah yang bisa menyebabkan printer cepat rusak maka setidaknya kita telah berusaha agar printer tetap berkualitas hasil cetaknya. Sudah menjadi rahasia umum kalau perangkat printer yang paling sering rusak dan bermasalah adalah hanya terletak pada catridge dan printhead saja. Selain komponen itu saya rasa sangat jarang sekali bermasalah.

penyebab-printer-cepat-rusak

Jika penggunaan printer yang salah kaprah, tidak menutup kemungkinan kalau printer akan cepat rusak meskipun printer baru kita beli. Salah sedikit saja dalam penggunaan printer maka bisa mengakibatkan masalah besar. Perlu Anda ketahui bahwa harga catridge dan printhead printer (hal paling sering rusak) itu harganya lumayan mahal, bisa mencapai setengah bahkan lebih dari harga printer. Maka daripada itu sebelum menyesal nantinya, pahami dulu bagaimana cara merawat printer yang baik dan apa saja penyebab utama printer cepat rusak?

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Printer Error 0x00000709 Dan Tidak Bisa Set Default

Berikut 5 Hal Pokok Penyebab Printer Cepat Rusak (All Merk)

Sebetulnya banyak sekali sebagai pemicu penyebab printer cepat rusak. Printer bisa rusak disebabkan sumber tegangan listrik, cara merawat yang salah, dan salah dalam menggunakan printer. Semua penyebab itu bisa terjadi karena keteledoran pengguna atau mungkin karena ketidaktahuan bagaimana cara merawat printer dengan benar.

1. Terlalu Banyak Mencetak

Yang saya maksud terlalu banyak mencetak disini adalah kita mencetak dalam jumlah banyak tapi dilakukan sekaligus. Misal kita mencetak dalam jumlah ratusan halaman lalu praktiknya kita mencetak dalam sekali perintah print saja. Kebiasaan ini adalah hal buruk yang harus kita hindari. Alasannya catridge printer bisa cepat panas sebagai pemicu kejadian penyumbatan permanen pada printhead. Jika prenthead sudah tersumbat tentunya hasil cetak menjadi tidak maksimal lagi dan sangat sulit untuk diperbaiki kecuali dengan menggantinya dengan printhead yang baru.

Jika kita dihadapkan pada tugas mencetak dalam jumlah banyak, maka sebaiknya jangan disekaliguskan hanya dalam satu perintah print. Namun cetaklah secara bertahap, misal 20 lembar saja dalam sekali perintah print. Kemudian beri waktu sekitar 2 hingga 3 menit untuk printhead isitirahat dan lanjutkan kembali mencetak, begitu seterusnya.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer HP LaserJet P1102 Yang Tipis Sebelah

2. Printer Tidak Pernah Dipakai

Apapun alasannya menyimpan printer terlalu lama untuk tidak pernah dipakai maka termasuk penyebab printer cepat rusak. Apalagi jika kita beranggapan bahwa jika menyimpan printer dalam waktu lama untuk tidak pernah dipakai agar printer awet itu salah besar. Jika sebelumnya printer pernah digunakan kemudian disimpan tidak digunakan dalam waktu lama bisa terjadi pembekuan pada tinta yang terletak pada ujung catridge atau printhead. Namanya printer sudah pernah dipakai maka sebaiknya Anda setiap hari terus gunakan printer untuk mencetak. Maksudnya baik agar printer awet namun ternyata salah kaprah.

Disarankan juga dalam setiap mencetak semua warna tinta digunakan. Kebiasaan mencetak warna hitam saja itu juga memberi peluang cepat rusak pada printhead warna. Jangan heran jika printer sudah lama tidak digunakan kemudian tidak bisa mencetak maksimal, penyebabnya karena ujung printhead terdapat tinta yang membeku pengaruh lama tidak dipakai.

3. Sering Kehabisan Tinta

Dengan membiarkan printer atau memaksa printer bekerja sedangkan tinta sudah habis ini adalah kebiasaan buruk juga. Jika terus dibiarkan maka printhead akan rusak total dan tidak bisa digunakan lagi. Segera isi tinta printer jika sudah diketahui tinta akan habis. Jika printer menggunakan tinta dengan sistem infus (CISS) maka akan mudah sekali kita ketahui jika tinta akan habis. Tidak ada alasan lain lagi membiarkan printer dan terus dipaksakan bekerja sedangkan tinta sudah habis.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset)

4. Pengisian Tinta Printer Kurang Tepat

Kasus ini jarang sekali terjadi jika printer menggunakan sistem infus (CISS). Umumnya printer dengan sistem infus akan mudah sekali dalam melakukan pengisian tinta. Kita tidak perlu membongkar tutup printer karena tinta infus dipasang diluar printer. Namun jika printer Anda tidak menggunakan sistem infus, sebaiknya hati-hati dalam pengisian tinta. Tidak baik jika kita suka mengisi tinta (bukan infus) terlalu penuh, karena bisa menimbulkan kebanjiran tinta dan catridge akan bisa jebol.

Disarankan juga Anda selalu menggunakan tinta original. Tidak apa-apa harganya mahal yang penting printer khususnya catridge atau printhead tetap awet. Sekarang sudah banyak printer yang sudah menggunakan sistem infus dari pabriknya, misal Epson L210. Biasanya printer yang diinfus langsung dari pabriknya akan menggunakan tinta asli/original. Selanjutnya ketika Anda melakukan isi ulang tinta, maka gunakan terus tintas asli demi perawatan printer agar tidak cepat rusak.

5. Printer Tidak Dirawat

Dari uraian beberapa penyebab printer cepat rusak diatas, maka umumnya kerusakan paling banyak terjadi hanya pada catridge dan printhead saja. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika kita tidak merawat printer dengan baik maka komponen lainnya juga akan cepat rusak. Memaksa printer untuk mencetak pada tegangan listrik yang tidak normal bisa menyebabkan printer cepat rusak juga. Hindari kecerobohan dalam menggunakan printer agar printer hasil cetaknya selalu berkualitas.

Baca Juga : Info Agar Cartridge Printer Awet Panjang Umur

Setalah kita bahas 5 point penting sebagai penyebab terjadinya printer cepat rusak, maka kesimpulannya adalah sebagai berikut :

  1. Hindari mencetak dalam jumlah banyak sekaligus atau hanya dalam sekali perintah print saja;
  2. Sebaiknya selalu menghidupkan printer hanya beberapa menit saja walaupun printer tidak digunakan untuk mencetak. Bisanya ketika printer dinyalakan akan melakukan cleaning tinta secara otomatis. Dengan begitu kita telah menghindari kasus pembekuan tinta pada ujung printhead;
  3. Jika tinta sudah mendekati habis, segera isi ulang tinta dan jangan ambil resiko;
  4. Isilah tinta printer sesuai dengan petunjuk yang disarankan dan selalu gunakan tinta asli/original;
  5. Luangkan waktu sebentar untuk melakukan perawatan secara rutin dan benar.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Penyebab Printer Cepat Rusak ini yang telah dirangkum dalam 5 penyebab utama saja. Selebihnya jika Anda mempunyai pengalaman lain, silakan bisa dishare pada kolom komentar. Sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *