Home / Kesehatan / Yuk Cari Tahu 8 Penyebab Sering Kedutan Pada Mata Menurut Sisi Medis

Yuk Cari Tahu 8 Penyebab Sering Kedutan Pada Mata Menurut Sisi Medis

Penyebab Sering Kedutan Pada Mata – Kamu sering atau pernah mengalami kedutan? Ada yang bilang itu tandanya kamu lagi dikangenin. Apalagi kalau kamu orang Jawa pasti sudah langsung paham dengan stereotype ini yah.

Baca Juga : Kupas Tuntas 8 Cara Mengobati Mata Bintitan Dalam Sekejap, Silakan Dicoba!

Yang pasti, mata kedutan ini bikin nggak nyaman kan ya? Nah, biar nggak kepedean, yuk menilik fenomena penyebab sering kedutan pada mata ini dari sisi kesehatan. Biar kamu bisa mengantisipasi penyebabnya dan nggak parno saat mengalaminya.

1. Stress

Stress merupakan salah satu indikator penyebab penyakit pada umumnya. Hal ini tak terkecuali mata. Dalam istilah kedokteran, kedutan pada mata sering disebut dengan istilah “myokmia”. Bagaimana “myokmia” ini dapat terjadi?

Kondisi ini terjadi manakala otot-otot pada mata mengalami kontraksi. Bagian yang mengalami kontraksi bisa otot pada kelopak bawah maupun kelopak atas. Nah stress tentu saja menyumbang kontraksi otot ini. Apalagi dalam jangka waktu yang panjang, kamu bisa terus-terusan mengalami kedutan pada mata.

2. Alkohol

Penyebab sering kedutan pada mata yang kedua ialah alkohol. Bagi kamu para penggemar alkohol, yuk mulai dipertimbangkan lagi. Kenapa? Dari segi kesehatan, banyak mengkonsumsi alkohol menyebabkan gangguan pada sisi psikologi manusia.

Selain itu kandungan alkohol dapat menghambat aliran oksigen ke dalam darah. Parahnya lagi, efek dari mengkonsusmsi alkohol juga dapat menyebabkan kedutan pada mata loh. Itu artinya mengurangi konsumsi alkohol dapat memperkecil kemungkinan bagi kamu untuk mengalami kedutan pada mata.

3. Kafein

Tak jauh berbeda dengan alkohol, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein juga menjadi salah satu penyebab sering kedutan pada mata. Kafein tidak hanya dalam bentuk minuman ya, ternyata bahkan permen atau makanan ada yang mengandung kafein.

Namun, beberapa orang lebih akrab dengan istilah kafein yang disandingkan dengan kopi ya. Untuk sekali dua kali sih oke buat minum kopi, tapi kalau berlanjut terus-menerus, ada kemungkinan besar kamu mengalami kedutan pada mata.

4. Mata Kering

Bagi kamu yang sering mantengin laptop dari pagi hingga malam hari, yuk coba sering-sering kedipin mata. Mata kering juga bisa disebabkan karena cuaca yang terlalu panas dan kondisi badan yang kurang fit. Lebih bagus lagi, jika kamu menyempatkan sejenak ke kamar mandi dan mencuci muka. Hal ini dapat membuat mata kamu nggak kering lagi.

5. Mata Tegang

Biasanya mata tegang disebabkan karena konsentrasi penuh pada suatu hal misalnya main game. Buat para orangtua, yuk biasakan memantau kondisi anak agar tidak terus-terusan di depan gadget ya, Bun. Apalagi bagi kamu para mahasiswa yang sedang ngebut skripsian atau mengerjakan proposal event-event kampus.

Izinkan mata kamu untuk menggunakan haknya barang lima belas hingga dua puluh menit sehingga otot-ototnya bisa kembali relax. Habis itu kamu bisa mulai lagi menyelesaikan kerjaan kamu di depan laptop.

6. Kelelahan

Setelah seharian beraktivitas, kamu mungkin pernah mengalami kedutan. Nah ini adalah respon alami yang dialami tubuh. Kelelahan dapat menyebabkan metabolisme kurang optimal dalam melindungi dan menjalankan fungsi tubuh. Oleh karena itu, upayakan untuk memberi jeda antara kegiatan satu dengan kegiatan yang lain ya. Hal ini juga dapat membuat pikiran kamu kembali fresh sehingga kerjaan bisa cepat kelar tentunya.

7. Alergi

Bagi kamu yang alergi dengan beberapa penyebab, yuk coba sadari dan perhatikan kondisi mata kamu. Misal kamu alergi debu, upayakan buat pakai kacamata atau lensa biar nggak kemasukan debu dan menyebabkan kedutan. Alergi yang lain yaitu misalnya alergi makanan seperti kacang, coba kamu kurangi konsumsi kacang agar terhindar dari kedutan.

8. Nutrisi Yang Tidak Seimbang

Empat sehat lima sempurna sudah barang tentu harus dipersiapkan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan metabolisme terganggu dan besar kemungkinan memicu kedutan. Hal ini karena dalam melakukan tugasnya, hormon dan darah dalam tubuh harus tercukupi dengan suplai oksigen dan nutrisi. Sehingga bisa dipastikan jika kamu tidak peduli dengan apa-apa yang kamu makan dan kamu minum, tubuh bakalan drop dan nggak fit lagi, bahkan kamu bisa tumbang.

Sekarang sudah tahu kan penyebab sering kedutan pada mata? Ternyata mata kedutan tidak cuma karena ada yang kangen tapi juga karena alasan kesehatan ya. Yuk mulai peka dengan kondisi mata dan mari hidup sehat.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Lengkap Penyebabnya

Mungkin hanya itu saja 8 Penyebab Sering Kedutan Pada Mata menurut sisi medis. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.