Home / Pendidikan / Perbandingan Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia Dengan Gaji Guru Di ASEAN

Perbandingan Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia Dengan Gaji Guru Di ASEAN

Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia – Mungkin selama ini kita sangat penasaran dengan perbandingan gaji guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia dengan gaji guru PNS di negara lain. Berapa gaji perbulan guru PNS di luar negeri? Berapa gaji tertinggi dan terendah guru PNS di negara-negara lain? Apakah gaji guru PNS di Indonesia tergolong gaji tertinggi dibanding dengan gaji guru PNS luar negeri? Sedangkan untuk gaji buruh tertinggi saat ini terjadi di negara Amerika Serikat, Indonesia entah masuk ke peringkat berapa.

Baca Juga : Negara Yang Memberi Gaji Guru Tertinggi Di Dunia, Lalu Dimanakah Indonesia?

Seperti yang sudah kita tahu kalau tugas seorang guru itu sangatlah berat. Profesi guru mempunyai peranan penting sebagai mendidik, mengajar, dan melatih. Makna mendidik adalah mengembangkan serta meneruskan nilai hidup dan kehidupan. Sedangkan mengajar adalah mengembangkan serta meneruskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian melatih adalah dituntut untuk mampu mengembangkan keterampilan pada peserta didiknya. Dalam bidang kemanusiaan guru juga harus mampu mempromosikan dirinya sebagai orang tua peserta didik kedua.

Dibalik beratnya mengemban tugas tersebut apakah semua itu setimpal dengan gaji yang diterima oleh guru?

Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia

Guru bisa dikatakan sebuah “pilar” bangsa agar rakyat yang mendiaminya merasa aman, nyaman, sejahtera, dan tenteram. Apa itu pilar? Pilar adalah sebuah tiang yang berfungsi untuk penguat atau penyangga bangunan. Dalam hal ini pilar mempunyai peranan yang sangat sentral dan paling menentukan. Kita bisa membayangkan jika pilar sebuah bangunan tidak kokoh maka akan berakibat fatal pada bangunan yang disangganya, bangunan bisa roboh. Maka dari itu agar sebuah bagunan tetap kuat sebaiknya kita membuat pilar yang benar-benar kuat atau tidak mudah rapuh.

Dengan begitu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kemajuan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh kemampuan seorang guru. Dalam hal ini guru dapat mengubah karakter generasi penerus bangsa. Tanpa guru yang hebat maka sebuah bangsa tidak akan tumbuh besar. Selanjutnya kehebatan guru tidak akan tercipta begitu saja tanpa diperhatikan kesejahteraannya.

Berikut Perbandingan Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia Dengan Gaji Guru Luar Negeri

Kenapa saya mengambil contoh guru PNS? Mungkin Anda juga sudah tahu jika di Indonesia gaji guru tertinggi itu adalah guru yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil. Jika dibandingkan dengan guru Non-PNS atau guru Honorer maka akan sangat jauh sekali. Guru Honorer di Indonesia saat ini masih ada yang mendapat gaji sebesar Rp 150.000. Bayangkan cukup untuk membeli apa uang sebesar 150 ribu?

Di Indonesia guru PNS dibagi menjadi empat golongan, masing-masing golongan akan dibagi-bagi lagi. Saat ini untuk golongan I dibayar 480 ribu sampai dengan 2,5 juta per bulan. Sedangkan untuk golongan tertinggi atau golongan IV dibayar 2,8 juta sampai dengan 5,6 juta per bulan.

Lalu berapakah gaji Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri … ?

Disini saya akan membandingkan gaji guru PNS golongan III/a untuk lulusan S1/DIV. Gaji guru PNS di Indonesia golongan III/a saat ini mendapat bayaran sebesar Rp 2.456.700 per bulan. Ini baru gaji pokoknya saja, berarti jika ditambah dengan tunjangan-tunjangan lainnya maka akan lebih besar. Lalu tunjangan apa saja yang dapat diterima guru PNS di Indonesia? Banyak sekali, seperti : tunjangan pangan, tunjangan jabatan umum, tunjangan jabatan fungsional, dan sebagainya. Jika dijumlahkan gaji pokok PNS golongan III/a beserta dengan gaji tunjangannya adalah sekitar Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 3.500.000 per bulan. Kemudian jika guru yang bersangkutan mendapatkan tunjangan Sertifikasi maka akan ditambah lagi gajinya menjadi 5.500.000 sampai dengan Rp 6.000.000 per bulan.

Jika dilihat sekilas memang lumayan besar kalau memang memperoleh gaji Rp 6.000.000. Dan perlu Anda tahu gaji tersebut untuk golongan III/a saja dan beda lagi jika golongannya sudah naik.

Kalau kita menengok ke negara tetangga khususnya negara ASEAN, apakah kita masih beranggapan kalau gaji guru PNS Indonesia itu besar? Silakan Anda lihat gaji guru PNS di negara tetangga seperti, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan sebagainya.

Jangan kaget ya … !

1. Singapura

Perlu Anda ketahui bahwa gaji guru di Singapura itu mencapai 1.350 SGD per bulan atau setara dengan Rp 13.084.466. Apakah ini gaji tertinggi di negara tersebut? Bukan! Itu adalah gaji minimumnya dan untuk gaji rata-ratanya di negara Singapura bisa mencapai 5.958 SGD per bulan atau Rp 57.763.763. Kabarnya gaji guru di Singapura ini mengalahkan gaji guru di Amerika Serikat dan juga Korea Selatan.

2. Brunei Darussalam

Seorang guru di negara Brunei Darussalam sangat dihargai dan buktinya gaji guru di negara ini bisa mencapai 1.000 BND perbulan atau setara dengan Rp 9.695.150. Itu untuk gaji guru paling kecil saja, sedangkan rata-ratanya gaji guru di Brunei Darussalam bisa mencapai 2.500 BND per bulan atau Rp 24.237.875.

3. Malaysia

Di Malaysia juga profesi guru sangat dihormati dan diperhatikan kesejahteraannya oleh Pemerintah. Gaji minimum guru di negara Malaysia mencapai 1.200 RM per bulan atau Rp 3.860.220. Sedangkan gaji rata-rata guru di Malaysia bisa mencapai 6.982 RM per bulan atau Rp 22.460.047 per bulan.

4. Thailand

Selanjutnya Thailand, berapa gaji guru di negara Thailand? Di negara inipun sama dengan negara-negara ASEAN lainnya yaitu sangat menghormati jasa guru. Di Thailand guru digaji dengan nilai tidak kalah menarik dengan tiga negara diatas, gaji minimum 21.950 THB perbulan atau Rp 8.402.241 dan gaji rata-rata guru di Thailand bisa mencapai sekitar Rp 31.988 THB per bulan atau setara dengan Rp 12.244.687.

5. Filipina

Bagaimana dengan negara Filipina? Gaji guru paling kecil di Filipina hanya sekitar 8.000 PHP per bulan atau sekitar Rp 2.328.920. Sedangkan untuk gaji rata-ratanya guru di Filipina dibayar sekitar 35.671 PHP per bulan atau sekitar Rp 10.384.363.

Dengan melihat 5 negara ASEAN diatas ternyata gaji guru PNS di Indonesia sangatlah kecil. Betapa jauhnya gaji guru jika dibanding dengan negara Malaysia bahkan sangat jauh dengan negara Singapura. Meskipun guru Indonesia golongan IV dan sudah Sertifikasi, jika dibanding dengan gaji guru di negara lain masih sangat jauh. Mungkin sangat mendekati jika dibanding dengan negara Filipina.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan kita harap kedepannya gaji guru PNS di Indonesia bisa sejajar dengan negara-negara lain. Mungkin hanya itu saja artikel Perbandingan Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia Dengan Guru ASEAN.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

9 comments

  1. ya ampun, miris sekali gaji guru pns di dalam negeri ya mas. kira-kira apa ada yang bisa disalahkan atas semua ini ? siapa ?

  2. bersyukur aja masih ada yang gaji,, kalo nggak mau digaji yaa mendingan jadi pengusaha aja..! pns di indonesia menurutku udah tinggi kok gajinya.. kalau mau ningkatin gaji, mendingan para guru yang mengajar itu aja ditingkatin gajinya biar makin pinter penduduk indonesia ini.

  3. LAILA HAYATI

    wah ternyata dibanding negara lain ternyata INDONESIA paling minim gaji gurunya apalagi masih dituntut sertifikasi untuk memperoleh tambahan gaji ,tapi bagaimana lagi yaa kita sukuri nikmat ALLAH mungkin ini nasib guru di INDONESIA apalagi guru di tapal batas dan di peloso

  4. rumput tetangga pasti lebih hijau. alhamdulilah gaji guru di DKI thn 2015 kisarannya Rp12-18 juta dan daerah lain juga akan terus ditingkatkan

  5. Bersyukur walaupun begitu banyak dari profesi lainya yg ngiri padahal sngat jauh dg negara berkembang lainya.terutama guru pns gol rendah yg gajinya 2,7.jt

  6. Gaji paling kecil tuntutan seberat gunung apalagi pns guru daerah tanpa uang makan dan sertifikasi padahal indonesia makmur pencairan sergur molor dan terkesan dipersulit adminya.

  7. Syukuri,doa ikhtiartawakkal,jika digabung saja sertifikasi,gaji,aneka tunjangan kita sangat3 setuju:-)

  8. mohd jalludin

    mohon maaf, saya seorang guru dimalaysia ..telah berkhidmat 26th..gaji saya sekitar rm5,000..mungkin ada yang mencapai rm 6900 – malah ada yang rm 10,000 (sebilangan kecil berkelulusan S1/S2 telah berkhidmat lebih 20 tahun ) kalau dikatakan rata-rata itu bukan kenyataannya

    • Ass…bgmn cara utk bs menjadi guru di Malaysia bagi org Indonesia dg kualifikasi doktor (S3)? Saya kandidat doktor dan saya ingin hijrah ke Malaysia utk bekerja sbg guru atau dosen di sana. Mohon infonya… Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *