Home / Teknologi / 7 Perbedaan WordPress Dan Blogspot, Sebagai Pertimbangan Memilih Platform

7 Perbedaan WordPress Dan Blogspot, Sebagai Pertimbangan Memilih Platform

Perbedaan WordPress Dan Blogspot – Semakin berkembangnya teknologi internet, potensi blogging juga ikut meningkat, banyak penyedia layanan weblog yang bisa digunakan.

Bagi seorang blogger, pasti sudah tidak asing dengan 2 penyedia layanan weblog dunia yang sangat besar yaitu Blogspot dan WordPress.

Baca Juga : 15 Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot ~ Berikut Ulasan Lengkapnya

Blogspot adalah sub domain dari blogger.com dan WordPress adalah sub domain dari WordPress.com, keduanya adalah sama-sama platform blogging. Meskipun blogger sudah mengetahui hal itu, namun tidak sedikit yang masih bingung apa sih bedanya? Bukannya sama saja?

Tentu tidak keduanya memiliki perbedaan dalam beberapa hal seperti, template, fitur, hosting, SEO dan monotaze. Untuk mengetahui perbedaan WordPress dan Blogspot lebih lanjut, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Perbedaan Antara WordPress Dan Blogspot

Ulasan dalam artikel ini akan menunjukkan 7 perbedaan WordPress dan Blogspot, yang bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan platform. Anda bisa memilih platform sesuai kebutuhan dan tujuan Anda membuat blog. Berikut adalah perbedaan antara WordPress dan Blogspot yang perlu Anda ketahui :

1. Kebebasan Mengubah Template

Hal yang mencolok saat kita menggunakan Blogspot adalah kebebasan untuk mengubah template yang disediakan dengan mudah. Dikarenakan Blogspot memiliki eksistensi HTML, sehingga template bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna dengan mudah. Beda dengan WordPress, template yang disajikan paten, jika ingin merubahnya juga sangat sulit, hanya yang ahli saja yang bisa. Namun template yang disajikan WordPress pun sudah sangat bagus tanpa perlu diubah-ubah.

Baca Juga : Rekomendasi 6 Template Toko Online WordPress Untuk Tampilan Website

2. Banyaknya Fitur Tambahan Yang Ditawarkan

Saat membahas tentang fitur yang ditawarkan oleh kedua platform, WordPress memiliki keunggulan dibanding Blogspot. Fitur yang ditawarkan oleh WordPress sangat banyak hingga ratusan fitur, yang disajikan dalam bentuk plugin-plugin. Jika ingin menggunakan sebuah fitur Anda tinggal downloadplugin lalu menginstallnya. Berbeda dengan Blogspot yang fiturnya terbatas pada HTML yang tidak banyak. Dalam soal fitur tambahan WordPress memang lebih unggul dibanding Blogspot.

3. Hosting Dan Kapasitasnya

Blogspot menyediakan hosting dengan kapasitas yang tidak terbatas bagi penggunannya, jadi Anda tidak perlu menyewa hosting pada pihak ketiga. Berbeda dengan WordPress yang menyediakan hosting gratis tapi dengan kapasitas yang terbatas. Hal itu menyebabkan jika Anda ingin mengubah blog menjadi domain TLD, maka Anda dikenakan biaya untuk membeli domain dan menyewa hosting. Karena WordPress harus menyewa hosting pada pihak ketiga, untuk memenuhi permintaan Anda.

4. Search Engine Optimize (SEO)

Untuk SEO kurang lebih sama, bukan berarti karena Blogspot milik Google lalu SEO-nya otomatis bagus. WordPress memiliki plugin SEO untuk fitur tambahannya, yang bisa digunakan melakukan cek langsung SEO sebuah konten blog. Biar Anda tidak penasaran bisa langsung dicoba, ketik sebuah keyword, lalu kemudian lihat hasil pencarian searchengine Google, artikel paling atas milik platform apa? Daripada penasaran langsung coba saja.

Baca Juga : 6 Plugin SEO WordPress Terbaik 2018 Yang Mudah Digunakan Oleh Pemula

5. Kemudahan Untuk Monotize Adwords

Apa sih tujuan monotizeAdwords? Tujuannya adalah mendapatkan manfaat ganda dari blog Anda, Anda bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan uang. Untuk hal ini Blogspot lebih unggul, karena Adwords adalah fitur milik Google, dan Blogspot juga milik Google. Sehingga saat Anda membuat blog Anda bisa langsung mengaktifkan Google Adwords. Hal ini berbeda dengan WordPress yang harus diupgrade terlebih dahulu agar bisa mengaktifkan Google Adwords. Kemudian Anda bisa mendapatkan uang daro Google bila ada yang mengklik iklan yang tampil pada blog Anda.

6. Tampilan Editor Admin

Kalau hal yang satu ini berhubungan dengan selera, karena setiap blogger memiliki selera masing-masing tentang sebuah tampilan. Untuk masalah tampilan WordPress memang lebih terlihat keren dibanding Blogspot yang tampak begitu-begitu saja. Tapi kelihatannya Blogspot sekarang sudah melakukan improvementdisana-sini, untuk membuat tampilan editornya lebih baik.

7. Pembuatan “More” Di Artikel

Tampilan “More” yang dimaksud di sini adalah, “more yang biasa muncul saat sebuah artikel terlalu panjang, dan untuk melanjutkannya kita bisa klik “more”. Pada WordPress membuat “more” sangat mudah, tinggal klik iconmore di bagian yang mau diputus, akan muncul secara otomatis “more”nya. Berbeda dengan Blogspot yang harus utak-atik kode yang rumit, yang pasti pemula akan mengalami kesulitan.

Dengan melihat artikel tentang perbedaan WordPress dan Blogspot, kesimpulannya adalah setiap platform memiliki karakteristik masing-masing. Semua tergantung Anda sebagai pengguna layanan mau menggunakan platform yang mana.

Ok mungkin artikel Perbedaan WordPress Dan Blogspot dicukupkan sekian saja. Sebetulnya kalau dibahas tuntas, masih banyak lagi perbedaannya. Pada kesempatan lain akan dibahas lagi. Selanjutnya untuk menentukan platform weblog saya serahkan lagi terhadap Anda.

Baca Juga : Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan & Kekurangannya

Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda, saya coba belajar mengelola blog di blogger, dan di wordpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.