Home / Android / Perkembangan Lengkap Deretan Nama Android Dari Awal Hingga Sekarang

Perkembangan Lengkap Deretan Nama Android Dari Awal Hingga Sekarang

Perkembangan Nama Android – Android adalah sistem operasi dengan basis Linux untuk perangkat ponsel layar sentuh seperti pada tablet dan smartphone. Sistem operasi tersebut dibuat secara terbuka sehingga penggunanya memungkinkan dapat membuat aplikasi mereka sendiri.

Awalnya, Android tersebut dikembangkan perusahaan Android Inc. Tetapi, di tahun 2005 Google memberi support secara finansial dan membelinya. Sementara tahun 2007, secara resmi sistem operasi ini diluncurkan secara beriringan dengan didirikannya Open Handset Alliance dimana tak lain merupakan konsorsium sejumlah perusahaan teknologi, produsen chipset, operator nirkabel serta produsen perangkat seluler.

Baca Juga : Perkembangan Sistem Operasi Android Dari Waktu Ke Waktu Yang Harus Anda Ketahui

Akhirnya, sistem Android pada ponsel pertamapun diluncurkan tepat pada 22 Oktober 2008 yang pada saat itu dinamai HTC Dream. Setelah itu, banyak vendor lain yang juga merilis ponsel berplatform Android. Hingga kini perkembangan nama Android telah semakin luas dan berikut deretan perkembangan nama Android dari awal hingga saat saat ini.

1. Android Beta

Android Beta ini perdana dirilis tepat pada 5 November 2007, lalu Google merilis Software Development Kit (SDK) 12 November 2007.

2. Android 1.0 (Astro)

Perkembangan nama Android selanjutnya dinamai Astro dimana perdana dirilis pada 23 September 2008. Akan tetapi, nama tersebut tidak jadi menjadi sematan nama resmi di versi perdana OS jenis Android ini karena alasan trademark dan hak cipta. Ponsel pertama yang memaki OS ini adalah HTC Dream.

3. Android 1.1 (Bender)

Mulanya, perkembangan nama Android ini dirilis hanya bagi perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini adalah updater guna perbaikan sejumlah bugs, menambah sejumlah fitur dab mengganti API yang dirilis pada 9 Februari 2009.

4. Android Cupcake Version 1.5

Sebelum dirilis, Android memiliki beta dan alpha untuk T-mobile’s G1. Sedangkan perkembangan nama Android versi pertama untuk  OS Android ini adalah Cupcake dengan suguhan fitur sangat menyenangkan. Anda bisa mengunggah video ke Youtube atau bisa pula foto ke picasa yang dilengkapi dengan widget guna semakin memudahkan anda untuk mengakses fitur.

5. Android Donut Version 1.6

Jenis ini memiliki peningkatan di fitur pencarian serta UI lebih user friendly yang pertama kali dirilis 15 September 2009. Dukungan teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs juga telah melengkapinya. Selain itu, didukung pula dengan layar beresolusi WVGA.

6. Android Eclair Version 2.0

Penambahan fitur terjadi guna meningkatkan Google Maps 3.1.2 meningkatkan hardware, merubah UI melalui browser baru didukung HTML5, flash kamera hingga 3,2 MP, Bluetooth 2.1, digital Zoom dan daftar kontak baru. Versi ini pertama kali dirilis tepat pada 9 Desember 2009.

7. Android Froyo Version 2.2

Rilisan perdananya adalah pada 20 Mei 2010 di smartphone Google Nexus One yang dilengkapi dengan dukungan Adobe Flash Player 10.1, penggunaan SD Card dan peningkatan membuka serta menutup aplikasi dengan cepat.

8. Android Gingerbread Version 2.3

Banyak peningkatan dari perkembangan nama Android ini dan fitur yang dibawanya dibanding versi sebelumnya dimana versi ini dirancang guna memaksimalkan aplikasi dan game yang diperkenalkan perdana 6 Desember 2010. Selain itu, masih banyak lagi kelebihannya.

9. Android Honeycomb Version 3.0

Motorola Xoom merupakan yang menggunakannya pertama kali di 22 Februari 2011 dimana difokuskan pada tablet.

10. Android Ice Cream Sandwich Version 4.0

Samsung Galaxy Nexus adalah smartphone yang memakai OS Android ini dimana perdana dirilis pada 19 Oktober 2011.

11. Android Jellybean Version 4.1

Sejumlah fitur baru dan keunggulan diusung olehnya dan diluncurkan di acara Google I/. Google Nexus 7 di produk tablet Asus adalah yang muncul perdana menggunakan sistem ini.

Baca Juga : 12 Kelebihan Android Jelly Bean Yang Sangat Menakjubkan Layak Dicoba

12. Android Versi 4.2 (Jelly Bean)

LG Google Nexus 4 adalah yang pertama kali mengenalkan perkembangan nama Android ini dengan sejumlah keunggulan seperti fitur photo sphere untuk panaroma dan lainnya.

13. Android Versi 4.3 (Jelly Bean)

Smartphone perdana yang memakainya adalah Nexus 7 generasi 2 dimana versi Android ini dirilis pada 24 Juli 2013 di San Francisco.

14. Android KitKat Version 4.4

Versi ini diluncurkan di kesempatan Halloween 2013 bersama Nexus 5 pada 3 September 2013.

Baca Juga : Apa Saja Kelebihan KitKat Android? Simak Penjelasan Berikut Hingga Tuntas

15. Android Lollipop Version 5.0

Pada 25 Juni 2014 diresmikan dalam Google I / O dan secara resmi tersedia dengan melalui over-the-air (OTA).

Baca Juga : Beberapa Fitur Unggulan Pada Android Lollipop Dibanding Versi Sebelumnya

16. Android Marshmallow Version 6.0

Pengembangannya tidak begitu banyak berubah meski ada beberapa yang unik dan mengagumkan seperti support dengan sensor sidik jari dan lainnya.

Baca Juga : 8 Fitur Menarik Dan Keren Yang Tersedia Pada System Android Marshmallow

17. Andriod Nougat Version

Inilah versi perkembangan nama Android termutakhir di tahun 2016 dimana setelah beberapa lama, Nougat dihadirkan oleh Google untuk publik secara resmi.

Itulah perkembangan nama Android dari awal hingga saat ini. Sangat banyak dan perkembangan teknologinya juga semakin canggih apalagi versi yang paling akhir.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *