Home / Android / Perkembangan Sistem Operasi Android Dari Waktu Ke Waktu Yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan Sistem Operasi Android Dari Waktu Ke Waktu Yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan Sistem Operasi Android – Android merupakan salah satu sistem operasi yang akhir-akhir ini mulai ramai digunakan seluruh masyarakat di Indonesia bahkan sampai seluruh dunia. Ada  banyak sekali kemudahan dan keunggulan yang bisa dapatkan jika menggunakan sistem operasi Android ini. Kita juga telah mengetahui secara singkat bahwa Android merupakan sistem operasi yang ditanamkan pada telepon seluler sehingga sering disebut juga dengan smartphone atau telepon pintar.

Perkembangan sistem operasi Android ini juga mengalami peningkatan. Alasan utamanya yang pasti karena semakin banyaknya pengguna yang membutuhkan fitur-fitur baru yang bermanfaat. Memang pada awal kemunculannya, Android ini belum memiliki banyak pengguna. Namun dengan kemudahan dan manfaatnya yang sangat banyak, membuat masyarakat mulai mencoba menggunakan sistem operasi yang satu ini.

Baca Juga : Punya Masalah Dengan RAM Android Yang Sering Penuh? Inilah Cara Mengatasinya

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android

Pada awal kemunculannya, Android mengalami banyak sekali perkembangan. Sampai seperti yang sudah kita ketahui saat ini bahwa sistem operasi Android sudah menyiapkan bahkan sudah meluncurkan android versi terbarunya yaitu Android Nougat untuk beberapa smartphone yang sesuai kriteria.

Yang paling unik dari perkembangan sistem operasi Android ini adalah pemberian nama pada setiap tingkatan yang mengurutkan abjad. Selain itu setiap nama dari versi Andorid juga menyerupai nama makanan dalam bahasa Inggris.

Berikut ini perkembangan versi Android dari waktu ke waktu :

1. Android 1.0

Android versi yang paling pertama ini disebut juga versi beta. Karena versi pertama ini masih berupa produk uji coba dan masih akan dilakukan pengembangan lagi agar menjadi lebih baik dalam kinerja dan juga tampilan. Sistem operasi Android pertama ini diresmikan pada 5 November 2007 dan diresmikan kembali secara komersial pada 23 September 2008 dengan penambahan fitur seperti Gmail, Maps, Android Market dan masih banyak lagi.

2. Android 1.1

Sesudah versi Android yang paling pertama yaitu beta, selanjutnya dikembangkan lagi sistem operasi Android versi 1.1. Versi ini diresmikan pada 9 Maret 2009 dengan memberikan beragam fitur yang menarik seperti Alarm, Voice Search dan lain-lain.

3. Android 1.5

Nah sesudah versi kedua tersebut, pengembang mulai memberikan nama menyerupai makanan seperti pada android versi 1.5 ini dengan nama Cupcake. Sistem operasi Android yang satu ini diresmikan pada 30 April 2009 dengan penambahan fitur seperti upload video ke Youtube dan masih banyak lagi.

4. Android 1.6

Selanjutnya setelah Android Cupcake, mulailah dikembangkan lagi dan menghasilkan Android versi 1.6 yaitu Donut. Diresmikan pada 15 September 2009 dengan berbagai perbaikan yang membuat sistem operasi Android semakin baik dalam kinerjanya.

5. Android 2.0-2.1

Setelah Android 1.6, muncul lagi pengembangan dari Android sebelumnya dengan nama Eclair yang diresmikan pada 9 Desember 2009. Penambahan fitur seperti Bluetooth, Google Maps Beta membuat sistem operasi Android versi kelima ini cukup menarik perhatian pengguna telepon seluler.

6. Android versi 2.2-2.3

Selanjutnya muncul Android Froyo atau Frozen Yoghurt dengan memberikan fitur unggulan seperti Hotspot Portable.

7. Android versi 2.3-2.7

Sistem operasi Android terus melakukan pengembangan dan lahirlah Android Gingerbread. Pada versi ini dilakukan perbaikan seperti menjadi lebih hemat energi.

8. Android 3.0-.3.2

Khusus untuk versi Honeycomb ini hanya digunakan pada pengguna tablet saja dengan pengembangan multitasking dan masih banyak lagi

9. Android 4.0

Versi ini disebut juga Ice Cream Sandwich dengan diberikan berbagai perbaikan membuatnya menjadi lebih baik dari versi sebelumnya.

10. Android 4.1-4.3

Selanjutnya muncul versi Jelly Bean yang cukup banyak diberikan pada smartphone saat ini. pastinya dengan penambahan fitur seperti lock screen widget.

11. Android 4.4

Sistem operasi Android versi ini disebut juga KitKat. Perbaikan juga dilakukan agar dalam hal kinerja semakin baik lagi dan pastinya dengan penambahan fitur yang menarik.

12. Android versi 5.0

Setelah KitKat lahirnya Android versi terbaru yaitu Lollipop dengan pemberian desain antarmuka yang lebih menarik.

13. Android 6.0

Yang Paling terbaru adalah versi 6.0 dengan nama Marsmellow dengan memberikan perbaikan dalam hal kinerja dan juga tampilan menjadi lebih menarik lagi.

14. Android 7.0

Nah ini merupakan sistem operasi Android yang belum banyak digunakan smartphone karena masih baru, namanya adalah Android Nougat. Pastinya versi ini memiliki tampilan dan fitur yang lebih menarik dari versi sebelumnya.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. selama ini saya cuman tau kitkat sama jally bean….

    ternyata android berkembang cukup cepat ya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *