Home / Teknologi / Beginilah Persiapan Indonesia Sambut 5G – Inovasi IoT Yang Lebih Canggih

Beginilah Persiapan Indonesia Sambut 5G – Inovasi IoT Yang Lebih Canggih

Persiapan Indonesia Sambut 5G – Dunia teknologi tidak pernah kehilangan eksistensinya. Bahkan setiap saat menghasilkan sesuatu yang baru, inovasi terbaru untuk memudahkan manusia modern. Eksistensinya pun semain meningkat jauh. Jika tidak segera dikuasai, justru manusialah yang akan ketinggalan jaman. Seperti kemunculan inovasi teknologi 5G Indonesia yang kini sedang marak diperbincangkan.

Teknologi yang berkembang di sekitar kita bukan hanya dalam bentuk teknologi yang terlihat secara fisik saja, melainkan juga yang kasat mata. Walau kasat mata, kegunaannya akan sangat kita rasakan. Teknologi ini tidak lain tidak bukan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia seiring perkembangan jaman. Teknologi kasat mata yang dimaksud adalah teknologi internet.

Internet merupakan jaringan yang akan saling menghubungkan satu dengan lainnya. Maka dari itulah dengan internet, kita menjadi lebih mdah berkomunikasi atau melakukan update informasi dari berbagai belahan dunia hanya dalam hitungan detik saja.

Baca Juga : Kira-Kira Apa Saja Manfaat Teknologi Di Zaman Modern? Berikut Adalah Faktanya

Berawal dari komunikasi secara langsung, yakni harus bertatap muka. Selanjutnya muncullah teknologi komunikasi yang berupa telepon atau handphone. Maka tidak perlu lagi berpindah tempat jika ingin melakukan komunikasi. Tinggal mengoperasikan handphone atau telepon saja.

Fungsi telephone bukan hanya untuk berkomunikasi dua arah saja, melainkan melakukan informasi berbagai arah. Melalui media sosial, semua orang bisa melakukan komunikasi satu dengan lainnya. Bahkan ada dalam bentuk komunitas tertentu yang selanjutnya membuat kemudahan penyampaian informasi tanpa harus mengulang satu per satu.

Teknologi 5G Indonesia berfokus pada perkembangan internet jaringan. Di mana internet ini bisa digunakan untuk segala macam keperluan. Bukan hanya untuk menjelajah dunia maya saja, melainkan juga untuk melakukan komunikasi. Teknologi 5G ini adalah teknologi terbaru jaringan internet, di mana akan memberikan kemudahan dalam akses internet. Tentunya lebih cepat koneksinya daripada 2G, 3G, dan 4 G sebelumnya.

Perkembangan Teknologi 5G Indonesia

Yang kita kenal selama ini adalah jaringan 2G yang meneydiakan akses internet yang sangat lemah atau bisa dikatakan hanya kuat untuk melakukan komunikasi saja.  2G ini sudah hampir tidak dipakai lagi oleh masyarakat karena sudah disempurnakan dengan teknologi jaringan selanjutnya, yakni 3G. 3G ini sampai kini masih dipakai dan eksis di tengah-tengah pengguna handphone.

Bahkan beberapa smartphone keluaran lama yang mendukung 3G ini pun masih menjadi primadona. Apalagi bagi yang tinggal di pegunungan atau di daerah yang sulit sinyal, penggunakan jaringan 3G masih digunakan. Padahal kini yang terbaru sudah muncul teknologi jaringan 4G.

4G memiliki banyak keunggulan daripada 3G di mana akses internet dan jaringan komunikasi menjadi semakin cepat. Sejak awal kemunculannya, 4G langsung booming dan mulai diberlakukan di sleuruh Indonesia. Banyak smartphone keluaran terbaru yang juga menggunakan jaringan 4G ini.

Belum lama 4G nangkring sebagai teknologi jaringan terbaru yang dianggap paling sempurna dari teknologi jaringan yang lainnya, teknologi 5G Indonesia pun muncul. Teknologi ini akan segera diluncurkan oleh Qualcom sebagai brand teknologi jaringan terbesar di dunia. Dikatakan bahwa, Indonesia menjadi pasaran yang paling menjanjikan. Terbukti dari perkembangan teknologi jaringan yang sebelumnya.

Diperlukan persiapan yang matang untuk memulai memasarkan produk teknologi jaringan Internet of Thing (IoT) terbaru ini. Salah satunya adalah persiapan tenaga ahli yang mumpuni. Insinyur-insinyur handal harus dipersiapkan Indonesia dengan baik, sehingga pengawasan, pengembangan, dan penggunaan teknologi jaringan 5G akan maksimal.

Baca Juga : Cara Menggunakan Teknologi Masa Kini Agar Tidak Menimbulkan Dampak Negatif

Salah satu usaha yang dilakukan oleh Qualcom dalam mencetak teknologi insinyur teknologi adalah dengan menarik perhatian anak-anak dengan konsep 5G yang canggih. Sehingga mereka akan mendapatkan ilmu baru tentang cita-cita menjadi seorang insinyur itu mengasyikkan. Apalagi semakin hari, jaman akan semakin maju. Dari yang sebelumnya hanya mengenal cita-cita sebgai dokter, presiden, pengusaha, dan lain-lain, kini anak-anak bisa memiliki cita-cita baru sebagai seorang insinyur.

Untuk mengembangkan teknologi 5G Indonesia, Qualcomm bekerja sama dengan universitas-universitas ternama di Indonesia. Mempromosikan konsep teknologi haringan 5G dan mengadakan program belajar jaringan internet gratis untuk para pelajar. Diharapkan nantinya akan muncul insinyur baru yang berkompeten dibidangnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *