Home / Pendidikan / Persyaratan PLPG Sertifikasi Guru Madrasah (Kemenag) 2015

Persyaratan PLPG Sertifikasi Guru Madrasah (Kemenag) 2015

Persyaratan PLPG Sertifikasi Guru Madrasah – Panggilan untuk melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru Madrasah Tahun 2015 hingga kini sudah mencapai Tahap V. Pelaksanaan kegiatan PLPG khusus bagi Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta diselenggarakan selama 9 hari di Hotel yang berada di Cisarua Bogor. Selama kegiatan PLPG Seritifikasi, Guru akan diberi pendidikan dan latihan yang mempunyai hubungan dengan profesinya. Jika nantinya dinyatakan lulus, maka Guru Madrasah akan mendapatkan Sertifikat Sertifikasi Guru Profesional.

Baca Juga : Fungsi & Cara Memperbaiki Data Di Dashboard EMIS-Pendis Kemenag

Sertifikasi Guru adalah bentuk upaya Pemerintah untuk meningkatkan mutu Tenaga Pendidik. Hal ini diselenggarakan dengan uji kompetensi melalui Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama setempat yang kemudian bekerjasama dengan Instansi Perguruan Tinggi.

Persyaratan-PLPG-Sertifikasi-Guru-Madrasah-(Kemenag)-2015

Tujuan diadakan Sertifikasi Guru adalah demi mementukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugasnya. Karena Guru mempunyai peranan penting demi mewujudkan suksesnya tujuan Pendidikan Nasional. Diharapkan dengan Guru yang bersertifikat Sertifikasi maka mampu membawa perubahan Pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.

Kemudian begitu Guru Madrasah mendapat panggilan untuk mengikuti kegiatan PLPG Sertifikasi, maka Guru yang bersangkutan harus membawa persyaratan dokumen. Tentunya Guru Madrasah yang dinyatakan bisa mengikuti kegiatan PLPG adalah Guru Madrasah yang dinyatakan lulus dalam Ujian Kompetensi Awal (UKA).

Kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi ini biasanya diselenggarakan selama 9 hari. Guru yang bersangkutan tidak ada alasan untuk tidak hadir mengikuti kegiatan PLPG tersebut. Dan jika peserta PLPG tidak hadir, maka peserta tersebut tidak akan mendapatkan Sertifikat Sertifikasi Guru Profesional.

Inilah Persyaratan PLPG Sertifikasi Guru Madrasah (Kemenag) 2015

Adapun persyaratan PLPG Sertifikasi Guru Madrasah khusus bagi peserta PLPG Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah sebagai berikut :

  1. Peserta PLPG Sertifikasi Guru harus membawa Surat Izin Mengikuti Kegiatan PLPG dari Kepala Madrasah tempat dia bertugas. Surat Izin ini sebaiknya dibuat dalam kertas yang berkop Sekolah/Madrasah dan ditandatangi oleh Kepala Madrasah serta cap basah. Berikut contoh Surat Izin Mengikuti Kegiatan PLPG Sertifikasi Guru Madrasah.
  2. Peserta PLPG Sertifikasi Guru harus menyerahkan Surat Keterangan Sehat Dari Dokter. Hal ini untuk membuat surat keterangan tersebut Anda harus datang langsung ke Dokter setempat untuk melakukan chek-up dan kemudian akan diberikan bukti kesehatannya.
  3. Ketika PLPG nanti Anda juga harus membawa foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar. Usahakan foto harus yang terbaru maksimal foto yang diambil ketika 6 bulan terakhir. Foto harus rapih dan sopan serta warna background bebas.
  4. Harus membawa Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran saat ini. Jika Anda belum mempunyainya bisa download terlebih dahulu Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2015-2016 khusus bagi Madrasah Kemenag Jawa Barat. Selain Kalender Pendidikan, peserta Sertifikasi Guru juga diwajibkan membawa Silabus dan Rencana Program Pengajaran (RPP).
  5. Peserta PLPG diwajibkan harus membawa Buku Paket sesuai dengan Mata Pelajaran yang diampunya.
  6. Kemudian Peserta PLPG Guru Madrasah harus membawa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan contoh soal Ujian Akhir Semester (UAS).
  7. Peserta PLPG Sertifikasi agar membawa pakaian olahraga dan peralatan sholat. Karena setiap pagi peserta PLPG akan melakukan kegiatan olahraga.
  8. Diwajibkan juga peserta PLPG agar membawa Laptop. Karena nanti banyak materi yang akan melibatkan dunia teknologi seperti Laptop.

Selama kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) peserta Sertifikasi agar menggunakan pakaian seragam hitam putih. Bagi laki-laki agar menggunakan dasi hitam juga dan perempuan mengenakan kerudung warna hitam. Pakaian hitam putih akan digunakan pada siang hari selama kegiatan PLPG. Untuk malam harinya, peserta PLPG Sertifikasi Guru Madrasah menggunakan pakaian batik.

Mungkin hanya itu saja Persyaratan PLPG Sertifikasi Guru Madrasah (Kemenag) 2015. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa mengikuti perkembangan berita yang diumumkan di Kemenag masing-masing. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya bagi yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *