Home / EPS-Topik Korea / Pertanyaan Cara Registrasi EPS Topik Online

Pertanyaan Cara Registrasi EPS Topik Online

Pertanyaan Cara Registrasi EPS Topik Online – Tulisan ini terinspirasi dari banyaknya pertanyaan yang muncul pada tulisan Cara Daftar EPS-Topik Online CTKI Korea. Daripada dijawab pada kotak komentar yang terkadang saya beberapa hari tidak online, sebaiknya saya tulis menjadi artikel saja. Sebetulnya pada tulisan tersebut sudah dijelaskan tuntas cara-cara registrasi EPS-Topik online. Namun mungkin Anda ingin mengetahui kejelasan yang lebih rinci lagi seputar prosedur pendaftaran tes EPS-Topik.

Baca Juga : Kosakata Frekuensi Bahasa Korea

Posisi saya disini bukan apa-apa. Saya bukan panitia penyelenggara EPS-Topik. Jangankan panitia penyelenggara, lembaga pendidikan Bahasa Koreapun saya tidak punya. Saya hanya seorang WordPresser yang kesehariannya aktif di Sekolah. Untuk itu setiap jawaban dari pertanyaan seputar tata cara registrasi EPS-Topik online akan saya jawab semampunya saja. Selebihnya jika Anda tidak puas dengan jawaban saya, bisa ditanyakan langsung ke LPK tempat Anda belajar Bahasa Korea. Atau nanti ke panitia penyelenggara EPS-Topik (BNP2TKI).

Pertanyaan-Cara-Registrasi-EPS-Topik-Online

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Seputar Registrasi EPS-Topik Online

Dari banyaknya pertanyaan, saya hanya akan merangkum beberapa pertanyaan yang saya rasa sangat penting untuk dibahas. Pertanyaan itu baik yang dikirim melalui kotak komentar blog ini, kotak pesan Facebook, grup Facebook, atau bahkan yang SMS langsung melalui Handphone.

  1. Bagaimana caranya untuk melakukan registrasi lagi dengan data yang sama karena lupa belum sempat print out tanda bukti registrasi?
  2. Apakah bisa dilakukan registrasi lagi jika ada kesalahan dalam mengisi form pendaftaran? Contohnya : salah mengisi tanggal lahir, nama ayah, alamat lengkap, nomor KTP, dan lain-lain.
  3. Bagaimana kalau mencantumkan alamat email dan nomor handphone yang tidak aktif?
  4. Apakah bisa melakukan validasi data ditempat yang tidak sesuai dengan tempat yang tertera pada tanda bukti pendaftaran online?
  5. Bagaimana kalau kita datang ke tempat validasi pada tanggal lain? Artinya datang ketempat validasi tidak sesuai dengan waktu yang tercatat pada tanda bukti pendaftaran EPS-Topik.
  6. Photocopy ijazah yang telah dilegalisir cap basah apakah harus dibawa juga ketika melakukan validasi data?
  7. Untuk biaya pendaftarannya bagaimana dan berapa setelah melakukan pendaftaran EPS-Topik online?
  8. Jika tidak mempunyai Ijazah asli bagaimana? Disebabkan karena hilang atau lupa menyimpan dan lain-lain.
  9. Berapa ya kuota untuk bidang Manufaktur pada tahun 2015 ini?
  10. Untuk upload KTP dan Ijazah apakah harus berwarna atau hitam putih juga bisa?

Untuk jawaban dari 10 pertanyaan diatas saya akan coba menjawabnya. Jawaban saya ini hanya berdasarkan pengetahuan alakadarnya. Untuk itu jika teman-teman mempunyai jawaban lain yang lebih tepat, silahkan sampaikan pada kotak komentar.

  1. Melakukan registrasi atau daftar untuk menjadi peserta tes EPS-Topik 2015 hanya bisa dilakukan sebanyak satu kali. Jadi jika Anda lupa mencetak tanda bukti pendaftaran online ini, maka tidak ada solusi lain. Itu disebabkan karena ketidaktelitian Anda dalam melakukan pendaftaran.
  2. Seperti yang sudah dijelaskan pada jawaban nomor 1 saya rasa jawaban untuk nomor 2 sudah mencakup keseluruhan. Karena intinya melakukan pendaftaran lagi dengan data yang sama itu tidak bisa dilakukan. Namun jika Anda berhasil mencetak tanda bukti pendaftaran, nanti ketika validasi data coba dibicarakan dengan baik-baik kepada panitia penyelenggara EPS-Topik. Anda sampaikan kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan.
  3. Untuk jawaban nomor 3 ini, lebih jelasnya silahkan Anda simak di web BNP2TKI.
  4. Melakukan validasi data harus sesuai dengan yang tertera pada tanda bukti pendaftaran. Tidak ada tawar menawar lagi untuk hal ini. Luangkan waktu Anda sebentar untuk datang ketempat yang telah ditentukan. Ingat ini hanya satu kali dalam setahun.
  5. Jawaban inipun sama dengan jawaban nomor 4. Sudah jelas tercatat waktu untuk melakukan validasi data pada tanda bukti pendaftaran.
  6. Yang dibawa ketika validasi data hanya 3 macam. Tanda bukti pendaftaran, KTP asli yang masih berlaku, Ijazah asli yang digunakan ketika pendaftaran online.
  7. Biaya belum diberitakan sama BNP2TKI. Sementara ini panitia penyelenggara EPS-Topik baru membuka pendaftarannya saja.
  8. Segera buat berita kehilangan dari instansi terkait. Pertama Anda pergi kesekolah yang bersangkutan untuk meminta data-data penting Anda. Setelah itu Anda pergi ke kepolisian untuk dibuatkan surat keterangan kehilangan Ijazah.
  9. Sampai saat ini atau ketika artikel ini dibuat untuk kuota saya belum tahu secara pastinya. Jangan terlalu memikirkan kuota, lebih baik perbanyak lagi hapalan kosakata dan latihan-latihan soal.
  10. Upload KTP dan Ijazah harus berwarna serta usahakan jangan sampai buram hasil scannya. Terutama pada bagian photo dan identitas penting.

Mungkin hanya itu tulisan tentang seputar pertanyaan-pertanyaan registrasi EPS-Topik online yang sering saya terima dan baca pada status-status facebook. Mudah-mudahan jawaban ini bisa memberi solusi bagi Anda yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

8 comments

  1. tentunya jawaban ini akan memuaskan orang yg bertanya seputar cara eps topik online yamas

  2. wah… bermanfaat sekali nih utk yg membutuhkan..

  3. Sucipto Kuncoro

    Infonya menarik nih, dan semoga bermanfaat bagi yang sedang cari info EPS topik online

  4. Mau tanya min, thn 2015 sekarang kan sendingnya tuh sistem online. Nah ada batasan waktu tidak buat sendin g online??? Mksh

    • Batas waktu sending sebenarnya sampai masa berlaku Sertifikat EPS-Topik habis. Namun lebih cepat lebih baik. Usahakan agar proses terbangnya cepat, sending dalam kloter pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *