Home / Teknologi / Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset)

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset)

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 – Pesan error yang ditampilkan oleh setiap printer berbeda-beda. Itu semua tergantung jenis kerusakannya dan juga termasuk dari jenis printernya. Mungkin Anda sudah tahu printer EPSON Stylus Photo R230. Printer EPSON yang satu ini umumnya sering digunakan oleh mereka yang mempunyai profesi dibidang digital printing. Karena hasil cetak printer 6 warna ini memang bagus. Dan juga kehandalan cartridge dan printhead printer yang satu ini memang patut diacungkan jempol. Cuma sayangnya EPSON sudah tidak memproduksi lagi printer R230.

Baca Juga : General Error EPSON TX101 Lalu Solusinya?

Munculnya pesan error sehingga printer tidak bisa digunakan memang sangat menjengkelkan. Dengan keterbatasan ilmu pengetahuan yang kita miliki, sering kita memutuskan untuk membawa ke tukang service jika printer tidak bisa berfungsi untuk mencetak.

Dari banyaknya kasus pesan error khususnya untuk printer EPSON Stylus Photo R230 diantaranya adalah muncul peringatan seperti ini :

“Parts inside your printer are near the end of their service life. See your printer documentation.”

Muncul pesan error seperti kasus diatas memang printer masih bisa digunakan dan tidak mempengaruhi pada hasil cetak printer. Kasus seperti ini seolah-olah printer tidak ada masalah apapun. Namun sebenarnya pesan error tersebut adalah sebuah peringatan bahwa sistem kerja normal printer akan segera berakhir. Artinya dalam waktu dekat ini printer EPSON Stylus Photo R230 akan tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset) 0

Berbeda dengan kasus printer EPSON Stylus Photo R230 ketika tombol warna merah menyala terus (blinking). Maka ketika kasus seperti ini printer EPSON Stylus Photo R230 tidak bisa digunakan sama sekali. Kita meski melakukan reset pada printer tersebut.

Kenapa sebabnya setiap printer termasuk printer EPSON R230 sering ditemukan kasus blinking atau mengalami pesan error seperti keterangan diatas? Alasannya karena didalam printer akan disimpan sebuah chip penghitung. Chip ini fungsinya adalah untuk menghitung berapa kali printer dinyalakan dan berapa lembar printer telah mencetak. Ketika jumlah maksimal hitungan chip sudah habis, maka akan muncul pesan error untuk di service. Walaupun sebenarnya kondisi printer masih bagus. Sepertinya ini adalah akal-akalan produsen printer agar printer ketika error harus di bawa ke tempat service.

Kasus blinking pada printer EPSON Stylus Photo R230 yang muncul warna merah pada tombol printer secara terus menerus itu artinya chip penghitung mencetak sudah habis. Adapun pesan error seperti kasus diatas adalah chip penghitung menyalakan printer sudah habis. Dari kasus kedua ini agar printer bisa normal kembali maka kita harus melakukan reset atau mengembalikan angka chip penghitung tersebut ke angka semula. Dan biasanya chip penghitung ini diset dengan hitungan mundur.

Berikut Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 / Blinking

Pertama yang kita butuhkan untuk reset printer EPSON R230 adalah kita harus mempunyai aplikasi resetter. Aplikasi resetter ini bisa kita dapatkan secara gratis dan tentunya melakukan reset printer sendiri akan jauh lebih menghemat biaya daripada kita membawa printer ke tukang service. Silakan Anda download dulu aplikasi resetter EPSON Stylus Photo R230 SSC Service Utility dengan URL http://www.ssclg.com/epsone.shtml.

Setelah sukses download SSC Service Utility di web resminya, sekarang kita install aplikasi resetter tersebut di komputer. Kemudian Anda aktifkan aplikasi SSC Service Utility jika sudah sukses Anda install.

Nyalakan printer EPSON Stylus Photo R230 kemudian Anda klik tab Configuration pada aplikasi SSC Service Utility. Anda tentukan di Installed Printers dan Printer Model menjadi Epson Stylus Photo R220/R230.

Sebetulnya aplikasi resetter SSC Service Utility ini bukan hanya untuk melakukan reset printer EPSON Stylus Photo R230 saja. Anda lihat pada list Printer model, disana terdapat banyak pilihan printer model yang bisa kita gunakan untuk reset printer ketika blinking.

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset) 1

Sekarang kita pilih tab Ink monitor untuk mengecek apakah printer R230 sudah tersambung dengan aplikasi SSC Service Utility atau belum. Anda klik Printer Report kemudian klik Refresh dan klik juga Head Ink Shorts serta Refresh. Jika printer sudah tersambung, maka akan muncul gambar tinta dalam satuan persen seperti pada gambar di bawah.

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset) 2

Sekarang Anda tutup kotak dialog SSC Service Utility ini dengan memilih close sehingga SSC Service Utility akan pindah ke Taskbar.

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset) 3

Klik kanan pada icon SSC Service Utility yang muncul di Taskbar tersebut lalu Anda pilih Reset counters dan Reset all counters. Lakukan juga pada Reset all color counters dan masing-masing klik OK.

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset) 4

Sekarang lakukan hal yang sama juga pada Protection counter > Reset protection counter dan juga pada Clear counter overflow.

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset) 5

Ok langkah selanjutnya matikan printer EPSON Stylus Photo R230 kemudian nyalakan lagi. Begitu printer dinyalakan maka printer akan melakukan Cleaning Tinta secara otomatis, tunggu sampai proses cleaning selesai. Sekarang Anda coba melakukan print dokumen atau apa saja. Seharusnya printer EPSON Stylus Photo R230 Anda sudah berjalan normal dan tidak lagi muncul peringatan “Parts inside your printer are near the end of their service life. See your printer documentation”.

Selamat mencoba trik mengatasi pesan error printer EPSON R230 dengan menggunakan aplikasi SSC Service Utility. Semoga sukses dan semoga bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. ferris zebua

    Saya sudah mencoba langkah di atas namun setelah saya close muncul ssc service utility : access violation at address dan seterus, cara mengatasinya bagaimana min.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *