Home / Teknologi / Saatnya Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia

Saatnya Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia

Saatnya Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia – Gara-gara server awal sering down akhirnya saya memutuskan untuk pindah data center saja. Minggu-minggu ini web info-menarik.NET sering tidak bisa diakses. Awalnya saya mengira kalau IP Address yang saya gunakan kena block. Lalu saya setting IP Addres Dynamic menjadi Static. Namun hasilnya tetap saja sama, web tidak bisa diakses. Saya coba membersihkan cache, akses dari media browser lain, bahkan akses dari handphone, hasilnya nihil.

Baca Juga : Artikel Yang Bisa Cepat Terindex Oleh Google

Memang sangat menjengkelkan jika mengalami kejadian seperti diatas. Disaat semangat-semangatnya mengembangkan web, namun web sering tidak bisa diakses sama sekali. Dalam satu hari ini saja, web ini mengalami down sampai lebih dari lima kali. Dan membuat artikel inipun terus tersendat-sendat. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat konsep artikel menggunakan media lain (offline).

Hal yang paling mengejutkan setelah seringnya web ini tidak bisa diakses, mendapat masalah di Webmaster Google. Begitu saya masuk ke halaman Webmaster Tools Google muncul masalah seperti ini :

Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia 1

Menurut email yang saya terima dari tim Webmaster Google, web mengalami tingkat kesalahan kurang dari 100%. Karena web ini sering mengalami down, sehingga Googlebot menjadi lambat melakukan perayapan melalu robot spidernya.

Atas dasar itu saya mencoba untuk berdiskusi dengan pihak hosting. Saya ceritakan semua masalah yang akhir-akhir ini sering terjadi pada web ini. Awalnya admin hosting menyarankan saya untuk membersihkan cache web browser, merubah IP Address Dynamic menjadi Static, coba akses dari media browser lain. Seperti yang sudah saya terangkan diawal pembahasan. Namun itu semua tidak membuahkan hasil yang diinginkan.

Akhirnya saya disarankan untuk mencoba migrasi data center. Saya balik tanya, emang data center web ini menggunakan data center apa? Katanya data center web ini menggunakan data center The Planet Internet Services USA. Kalau saya sendiri karena kurang menguasai masalah data center mana yang baik. Maka saya serahkan saja sama pihak hosting mana yang sekiranya tidak menimbulkan web ini sering down.

Selanjutnya menurut kabar bahwa data center yang baik dan stabil kalau diakses dari Indonesia dan luar negeri, adalah data center Singapura. Namun sayangnya, pihak hosting tempat sewa web, tidak memiliki data center di Singapura. Maka mau tidak mau, saya pilih data center Indonesia saja. Karena memang yang paling dominan dan target pengunjung web ini adalah rakyat Indonesia tercinta …. hihi

Efek dari web seringnya tidak bisa diakses, halaman Webmaster Google di bagian Crawl Errors file robots.txt tidak bisa diambil.

Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia 2

Lalu saya cek di robots.txt tester muncul peringatan seperti gambar dibawah. Saya coba masukkan file robots.txt di kotak submit, hasilnya tidak ada perubahan sama sekali.

Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia 3

Halaman sitemap Webmaster Google juga mengalami masalah serius.

Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia 4

Dan yang paling membuat kepala ini muter-muter, saya tidak bisa melakukan Fetch as Google. Saya biasanya menggunakan Fetch as Google setiap selesai membuat artikel. Yang dimaksudkan agar artikel yang baru dibuat bisa cepat terindex sama mesin pencari Google.

Pindah Data Center US ke Data Center Indonesia 5

Lucunya lagi karena saya tidak bisa melakukan Fetch as Google, artikel Artikel Yang Bisa Cepat Terindex Oleh Google sampai ini belum terindex sama Google. Padahal artikel itu membahas agar artikel yang kita buat bisa cepat keindex …. hihi Saya coba input persis judul artikel di kotak pencarian Google, dan sampai saya ketik alamat URL artikel hasilnya nol besar. Biasanya kalau sudah melakukan Fetch as Google, artikel paling lama 15 menit langsung keindex.

Kesimpulannya semoga dengan pindahnya data center ke data center yang baru, bisa mengatasi semua masalah terutama masalah di Webmaster Tools Google. Karena memang akar masalahnya adalah server web ini sering down, sehingga Googlebot dalam melakukan perayapan sering tersendat-sendat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

17 comments

  1. Wahh ini masalah yang dari tadi siang ya mas.. akhirnya terpecahkan juga hehe selamat mas :)

  2. semoga setelah berpindah data center ini masalah down bisa teratasi mas

  3. kalau pindah data center itu mesti bayar lagi yamas?

  4. ooo. ternyata gitu toh Mas.. Sip-sip..

  5. Nah kan tidak bisa di akses lagi, cuma terlihat layar putih saat hendak akses halaman ini. sebenarnya ini adalah komentar saya yang kedua gan di halaman ini, ndak tahu juga komentar saya yang pertama masuk folder spam, atau lagi di moderasi. :D

    • Karena migrasi server baru dilakukan tadi malam pukul 00 mas. Mungkin karena perpindahan server membutuhkan waktu maksimal 1×24 makanya hari ini masing sering blank. Insya Allah mulai besok mulai normal lagi.
      Komentarnya ga ada yang masuk kotak hansip mas, cuma ini saja.

  6. Waduh ini masalah serius mas…. mudah-mudahan dgn pakai server lokal Info-menarik tidak ngedrop lagi.

    • Iya mas walaupun lokal tapi OK. Target pengunjung blog ini hanya yang ada di Indonesia saja sudah cukup.

  7. Pantesan kemaren sulit sekali mengakses blog ini… sekalinya bisa ada tulisan suspend… tp sekarang jadi lebih cepat diakses mas..

    • Iya mas, mungkin mulai besok blog ini akan normal lagi seperti minggu-minggu lalu …

  8. pelajaran penting tentunya, aku kurang begitu faham tentang data center, semoga saja dengan pindahnya data center, info menarik semakit menarik

  9. Rujak.Info | Admin

    optional aja sih aku mas, data center itu tergantu masing-masing pengelola. setau saya kalau the planet itu miliknya softlayer deh server USA softlayer, kalau bagi saya softlayer data centernya bagus bahkan hostgator pun pakai theplanet loh :D …. kalau untuk data center IIX saya jagoin servernya Argon data atau Infinisys .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *