Home / WordPress / Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress

Tidak Banyak, Hanya 5 Plugin Terbaik Yang Wajib Anda Install Di WordPress

5 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress – Bagi yang sudah lama berkecimpung di WordPress terutama WordPress.org atau Self Hosted tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebutan ‘Plugin’. Lalu sebenarnya apa sih Plugin itu? Plugin adalah aplikasi yang ditanam kedalam aplikasi lain yang kapasitasnya lebih besar dari plugin itu sendiri. Tujuan utama diciptakan plugin adalah untuk meningkatkan fungsi yang lebih dari aplikasi induknya. Dengan begitu plugin WordPress adalah aplikasi untuk lebih memaksimalkan fungsionalitas yang tidak ditemukan pada aplikasi WordPress standar.

Baca Juga : 10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress

Keberadaan plugin bagi seorang webmaster terutama WordPresser wajib diketahui. Plugin WordPress merupakan program tambahan yang merupakan seperangkat program aplikasi berisi script bahasa PHP. Plugin WordPress bisa diintegrasikan dengan WordPress demi meningkatkan lagi fungsi tertentu yang belum tersedia pada WordPress standar.

CMS WordPress memang powerfull sehingga tidak heran jika webmaster di dunia banyak yang menggunakan WordPress sebagai CMS website atau blog. WordPress banyak peminatnya karena memungkinkan webmaster untuk memasang plugin didalamnya. Dengan plugin maka webmaster bisa membuat tambahan kemampuan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut 5 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress

Meskipun banyak sekali plugin WordPress baik yang gratis ataupun berbayar, namun tentunya tidak semua plugin wajib kita install. Menggunakan plugin memang akan meningkatkan kinerja blog, tetapi jika plugin yang terpasang berlebihan malah akan berakibat buruk pada WordPress. Banyaknya plugin yang terpasang akan menyebabkan blog lebih lambat ketika diakses dan space hosting akan cepat penuh.

Install plugin WordPress secara bijak atau sesuaikan dengan kebutuhan saja. Jika fitur tertentu bisa kita buat secara manual atau tanpa plugin, maka sebaiknya lebih memilih itu. Hal-hal kecil untuk mengaplikasikannya jangan selalu mengandalkan plugin.

Lalu plugin apa saja yang sekirannya penting untuk dipasang di WordPress? Sebetulnya tidak banyak plugin yang wajib kita install demi untuk meningkatkan fungsionalitas WordPress. Disini saya cukup menggunakan 5 plugin saja.

1. Akismet

Blog bijak adalah membuka pengaturan komentar agar pengunjung bisa berinteraksi dengan admin atau dengan pengunjung lainnya. Banyak manfaat yang akan didapat jika mengaktifkan pengaturan komentar. Terkadang dari komentar ini admin blog akan memperoleh tambahan ilmu dari pengunjung untuk melengkapi artikel yang dikomentari.

Meskipun kotak komentar banyak keuntungannya namun tidak terlepas dari kerugiannya juga. Terkadang pengunjung blog suka iseng dengan komentar jenis ‘spam’. Jika ini dibiarkan tentunya akan membuat tidak nyaman admin dan juga pengunjung lainnya.

Selain bisa mengatur komentar dengan sistem moderasi, urusan komentar spam kita serahkan kepada plugin Akismet. Plugin Akismet adalah plugin gratis WordPress yang fungsinya untuk memfilter komentar. Akismet akan bekerja otomatis memisahkan komentar yang layak ditampilkan atau tidak. Bahkan jika diindikasi komentar berbahaya maka Akismet akan menghapus otomatis (auto delete) komentar.

Melihat fungsinya yang sangat bermanfaat terutama bagi WordPress yang mengaktifkan komentar maka Akismet termasuk plugin yang wajib kita install. Tidak sulit untuk menginstall plugin Akismet karena tidak banyak pengaturan yang harus kita tentukan.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Akismet WordPress Untuk Blog Baru

2. WordPress SEO by Yoast

Khusus untuk blog WordPress jenis komersial atau promosional maka wajib hukumnya untuk menginstall plugin SEO by Yoast. Khusus untuk blog pribadi atau bagi Anda yang tidak mau dipusingkan dengan urusan SEO, maka tidak perlu install plugin ini.

Plugin WordPress SEO by Yoast adalah plugin untuk menangani SEO blog agar blog mampu bersaing di mesin pencari. Tugas plugin ini adalah mengurus blog yang hubungannya dengan SEO. Dengan begitu blog Anda akan memperoleh pengunjung yang bersumber dari mesin pencari.

Jika blog WordPress menggunakan plugin SEO by Yoast maka Anda tidak perlu repot-repot untuk blogwalking, iklan di Facebook, di Forum dan sebagainya. Karena nanti juga pengunjung akan berdatangan sendiri karena telah menemukan blog Anda di mesin pencari seperti Google.

Sudah banyak webmaster di dunia yang mengandalkan masalah SEO kepada plugin Yoast. Fitur SEO yang terdapat di plugin ini cukup lengkap. Bahkan plugin SEO buatan Yoast ini mampu mengintegrasikan blog ke sosial media seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Plugin ini memiliki XML Sitemap sehingga kita tidak perlu lagi menginstall plugin Sitemap XML. Kemudian kita bisa membuat breadcrumb hanya mengandalkan plugin WordPress SEO by Yoast.

Baca Juga : Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast

3. WP Super Cache

Salah satu penyebab blog disukai pengunjung dan mesin pencari adalah loadingnya cepat ketika diakses. Banyak cara untuk membuat loading blog maksimal salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan plugin WP Super Cache. Sistem kerja plugin ini adalah untuk melakukan caching secara statis. Plugin WP Super Cache akan menghasilkan file html yang didapat dari Apache tanpa harus mengolah script PHP dulu. Maka oleh karena itu WP Super Cache sifatnya tidak akan memberatkan blog.

Blog WordPress Anda akan cepat ketika diakses secara signifikan. WP Super Cache banyak digunakan oleh webmaster terkenal di dunia. Dalam menghasilkan file cache, plugin ini menawarkan dua metode yaitu Mod_rewrite dan PHP. Anda jangan khawatir lagi dengan kebanjiran pengunjung. Karena biasanya jika trafik naik maka akses blog akan lambat. Namun masalah tersebut akan teratasi dengan menggunakan plugin SP Super Cache.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading WordPress Hingga 300 Kali Lipat Dengan Litespeed Cache

4. Contact Form 7

Agar tercipta interaksi yang baik antara pengunjung dan admin selain kotak komentar adalah tersedianya halaman kontak. Karena terkadang pengunjung blog ingin menghubungi admin secara pribadi. Pengunjung bisa menghubungi admin melalui halaman kontak terkait pertanyaan lebih lanjut. Nah untuk memenuhi itu semua maka diwajibkan juga Anda membuat halaman khusus untuk kontak.

Meskipun halaman kontak bisa kita buat tanpa plugin, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan plugin. Plugin kontak yang saya rekomendasikan adalah plugin Contact Form 7. Plugin ini lumayan populer juga karena banyak digunakan oleh webmaster terkenal di dunia. Contact Form 7 tidak terlalu memberatkan loading blog.

Dengan adanya halaman kontak khusus maka pengunjung bisa berkomunikasi dengan admin. Pengunjung blog tidak perlu repot-repot mengirim email, SMS, telepon admin. Pengunjung cukup mengirim pesan yang disediakan di halaman kontak.

Sebetulnya plugin Contact Form 7 tidak hanya untuk membuat Form Kontak saja. Segala keperluan yang hubungannya dengan Form maka kita bisa memanfaatkan plugin Contact Form 7. Sebagai contoh halaman Guest Post dan Order Iklan blog ini, itu formnya menggunakan plugin Contact Form 7.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Form Kontak di WordPress

5. WP Smush

Ini adalah plugin terakhir yang wajib Anda install di WordPress yaitu plugin WP Smush. Plugin ini sangat cocok blog yang berisi konten tutorial. Biasanya blog tutorial akan sering mengunggah gambar untuk menunjang artikelnya agar mudah dipahami pembaca.

Seperti yang sudah kita tahu kalau terlalu sering menggungah gambar maka akan beresiko space hosting akan cepat penuh, apalagi jika spacenya pas-pasan. Selain itu jika resolusi gambar tinggi biasanya akan berimbas terhadap loading blog juga. Untuk itu solusinya selain selalu melakukan resize gambar sebelum diunggah, silakan gunakan juga plugin WP Smush.

Plugin WP Smush adalah plugin untuk mengkompress setiap gambar yang kita unggah secara otomatis. Selain gratis plugin WP Smush mampu mengkompress gambar tanpa mengurangi kualitasnya. Artinya gambar tetap jelas terlihat meski sudah dikompress.

Banyak keuntungannya jika gambar yang kita unggah dikompress dulu. Hal ini akan lebih menghemat bandwith serta akan membuat nyaman pengunjung karena blog tidak lambat. Menggunakan plugin WP Smush bisa mengkompress gambar hingga 90% tanpa mengubah kualitas gambar itu sendiri.

Baca Juga : Optimalkan Gambar Web Dengan Plugin WP Smush.it

Ok mungkin hanya itu saja pembahasan tentang 5 Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress. Selebihnya silakan Anda sesuaikan saja sendiri dengan kebutuhan atau dengan topik blog Anda. Plugin diatas bisa saja tidak wajib hukumnya jika memang tidak Anda perlukan. Seperti plugin WordPress SEO by Yoast bisa tidak wajib jika blog bukan untuk di index di mesin pencari.

Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu dan terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sederhana ini.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

7 comments

  1. jetpack gak termasuk wajib instal mas? tapi menurut pengalaman saya menggunakan jetpack, justru memperlambat loading blog sehingga menjadi berat untuk dimuat

  2. Masih bimbang antara Yoast sama AIO seo banyak blog yg nampang di pejwan pake AIO tapi pada nyaranin yoast

  3. sekarang masih pake akismet, yoast SEO, wp cache, add this sama summo me
    Otw coba wp smush it lah, makasih masukannya!

  4. Gan numpang nanya nih, saya mau bikin blog pakai wordpress hosting, trus bagusan mana ya antara pakai AIO seo pack sama Yoast seo ?

    • Halo Masdull

      Selama menggunakan WordPress Self Hosted, saya hanya menggunakan Plugin SEO by Yoast. Untuk yang lainnya saya belum mencobanya.

      Semoga membantu …

  5. akismet kok sekarang harus bayar yah.. gak bias dapet API key kalo gak confirm bayar. ada cara aktifkan pluggin akismet tanpa harus bayar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *