Home / Pendidikan / Download POS Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Tahun Pelajaran 2015/2016

Download POS Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Tahun Pelajaran 2015/2016

POS Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Tahun 2016 – Seperti biasa kalau menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemendikbud) akan menerbitkan Prosedur Operasional Standar (POS). Begitupun untuk Tahun Pelajaran 2015/2016 Balitbang Kemendikbud saat ini telah merilis POS Ujian Sekolah untuk dipelajari oleh semua Sekolah/Madrasah tingkat SD/MI/SDLB se-Indonesia. Penyelenggaraan Ujian Sekolah harus mengacu terhadap peraturan yang tertuang didalam POS Ujian Sekolah.

Baca Juga : Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2015-2016 Terlengkap

Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2015/2016 telah diatur Balitbang Kemendikbud dengan Nomor 045/H/HK/2015 Tanggal 17 Desember 2015. Saat ini Sekolah/Madrasah tingkat dasar se-Indonesia sudah bisa mempelajari POS Ujian Sekolah yang didownload langsung di situs litbang.kemdikbud.go.id.

Download POS Ujian Sekolah SDMISDLB Tahun 2016

Dengan adanya POS Ujian Sekolah maka seluruh Sekolah/Madrasah tingkat dasar seperti Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, dan Sekolah Dasar Luar Biasa bisa menjadikan POS Ujian Sekolah sebagai pedoman/acuan dalam hal penyelenggaraan Ujian Sekolah.

Menurut Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah Utama Tahun Pelajaran 2015/2016 direncanakan akan dimulai pada hari Senin tanggal 16 sampai dengan tanggal 18 Mei 2016. Dan untuk Ujian Sekolah Susulan akan diselenggarakan dari tanggal 23 sampai dengan tanggal 25 Mei 2016.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa semenjak Tahun Pelajaran 2013/2014 Ujian Nasional (UN) sudah ditiadakan. Kemudian sebagai gantinya adalah Ujian Sekolah (US). Peraturan Ujian Nasional yang menentukan kelulusan siswa berubah total sejak diberlakukannya sistem Ujian Sekolah. Kelulusan siswa di Ujian Sekolah ditentukan sepenuhnya oleh pihak Sekolah/Madrasah melalui penilaian yang dilakukan oleh Guru. Dan juga Mata Pelajaran lain selain pelajaran Ujian Sekolah dan kehadiran siswa bisa dibuat pertimbangan untuk menunjang kelulusan siswa.

Baca Juga : Download Contoh Program Kerja Ujian Sekolah Madrasah Terlengkap

Adapun Mata Pelajaran Ujian Sekolah untuk tingkat dasar (SD/MI/SDLB) berjumlah tiga Mata Pelajaran saja. Hal ini masih sama ketika menggunakan sistem Ujian Nasional, yaitu : Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Berikut Link Download POS Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Tahun Pelajaran 2015/2016

Untuk jumlah soal dan alokasi waktu dari masing-masing Mata Pelajaran Ujian Sekolah tidak ada bedanya dengan Ujian Nasional. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia berjumlah 50 soal dengan alokasi waktu 120 menit. Matematika berjumlah 40 soal dan alokasi waktunya adalah 120 menit. Terakhir Ilmu Pengetahuan Alam berjumlah 40 soal dengan alokasi waktu selama 120 menit.

Mungkin hanya itu saja tulisan singkat tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah (US) untuk tingkat dasar (SD/MI/SDLB) Tahun Pelajaran 2015/2016. Informasi ini bersumber dari situs Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemendikbud). Semoga bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *