Home / Pendidikan / Prosedur Cara Mengajukan NISN Baru Bagi Siswa Madrasah (Kemenag) 2015

Prosedur Cara Mengajukan NISN Baru Bagi Siswa Madrasah (Kemenag) 2015

Cara Mengajukan NISN Baru Bagi Siswa Madrasah – Sejak tahun 2008 setiap siswa Sekolah dan Madrasah se-Indonesia diwajibkan agar memiliki NISN. Siswa Sekolah dan Madrasah tidak cukup hanya memiliki NIS lokal saja. Karena Nomor Induk Siswa (NIS) lokal hanya berlaku di Sekolah dan Madrasah tempat siswa belajar saja. Sedangkan keberlakuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sebagai pembeda identitas siswa di seluruh Sekolah atau Madrasah yang ada di Indonesia. Siswa se-Indonesia tidak akan memiliki NISN yang sama. Hal ini karena NISN yang terdiri dari 10 angka unik diambil berdasarkan dari perpaduan tanggal lahir siswa serta nomor acak (random). Jadi walaupun tanggal lahir siswa sama, seperti anak kembar NISN-nya tidak akan pernah sama.

Baca Juga : Cara Daftar Operator Madrasah Di VerValPD Kemenag ~ Ajuan NISN Siswa

NISN siswa baik di Sekolah atau Madrasah se-Indonesia sempat mengalami masalah besar. Masalahnya setiap siswa yang sudah mempunyai NISN tidak bisa dicek kebenarannya. Banyak NISN siswa yang satu tapi NISN tersebut telah dimiliki oleh siswa yang lain. Setiap siswa cek NISN di data online DAPODIK nisn.data.kemdikbud.go.id yang muncul malah data siswa sekolah lain. Entah penyebabnya?

Prosedur-Cara-Mengajukan-NISN-Baru-Bagi-Siswa-Madrasah-(Kemenag)-2015

Setelah kejadian tersebut maka cara mengajukan NISN baru bagi siswa yang belum memiliki NISN sangat sulit. Jangankan untuk pengajuan NISN baru, pembenaran data NISN lama saja sepertinya tidak ada tanggapan apa-apa dari pemangku kebijakan pengelola NISN tingkat pusat. Atas dasar itulah maka keberlakukan dan fungsi NISN seolah-olah mati suri.

Namun seiring berjalannya waktu pihak Data Pokok Pendidikan Indonesia (DAPODIK) terus membangun dan menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi. Dengan dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP Kemdikbud) kini NISN sudah bisa difungsikan lagi dengan normal. Setiap Sekolah dan Madrasah se-Indonesia sejak tahun 2015 sudah diperbolehkan untuk mengajukan NISN baru serta perubahan data NISN yang sempat mengalami error.

Berikut Cara Mengajukan NISN Baru Bagi Siswa Madrasah Se-Indonesia

Walaupun pendaftaran dan pembenaran NISN siswa sudah resmi dibuka kembali, namun bagi siswa Madrasah tetap saja prosesnya agak dipersulit. Cara mengajukan NISN baru bagi siswa Madrasah berbeda dengan siswa yang sekolahnya di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka dapat mengajukan dan edit data siswa Sekolah oleh Operator Sekolah. Hal ini seperti ketika sekitar tahun 2009 sampai dengan tahun 2010 lalu. Ketika itu daftar dan perbaikan NISN bisa dilakukan oleh Operator Sekolah yang sudah terdaftar di WEB Operator DAPODIK.

Entahlah apa sebabnya jika Sekolah dan Madrasah prosedurnya dibedakan seperti itu? Tapi tidak apa-apa yang penting sekarang siswa Madrasah yang dikelola oleh Kementerian Agama sudah bisa menikmati NISN kembali. Siswa Sekolah dan Madrasah sama-sama diakui keberadaannya.

Cara mengajukan NISN baru bagi siswa Madrasah seperti RA, MI, MTs, MA/MAK semuanya harus melalui pintu masuk EMIS Pendis. Selain berfungsi untuk mengajukan NISN baru, Aplikasi EMIS Pendis juga bisa digunakan untuk melakukan perubahan data siswa yang sudah memiliki NISN. Operator Madrasah tidak bisa memotong jalan tanpa melalui EMIS Pendis dalam mendapatkan NISN siswanya.

Hal yang harus dilakukan Operator Madrasah demi siswanya agar mendapatkan NISN adalah Operator Madrasah tetap fokus terhadap Aplikasi EMIS Pendis. Jika semua data siswa yang terdapat di Aplikasi EMIS Pendis lulus dalam Validasi Data di tingkat Kemenag Kabupaten, maka Operator Madrasah tinggal menunggu sampai diterbitkan NISN. Operator Madrasah bisa memantau secara berkala untuk melihat perkembangan data siswanya terkait NISN di vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id. Itupun bisa dilakukan jika Operator Madrasah sudah melakukan pendaftaran di VerValPD Kemenag tersebut.

Jadi jelaslah sekarang bahwa tugas dan wewenang Operator Madrasah hanya melakukan input data di Aplikasi EMIS Pendis serta memantau perkembangan data siswa di web VerValPD Kemenag. Dengan begitu seluruh siswa di Madrasah akan mendapatkan NISN.

Mungkin hanya itu saja pemberitahuan tentang Cara Mengajukan NISN Baru Bagi Siswa Madrasah khusus Sekolah di bawah naungan Kemenag. Semoga bisa bermanfa’at dan salam Operator Madrasah.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *