Home / EPS-Topik Korea / Prosedur Sending Data Online PBT CTKI Korea Terbaru Tahun 2015

Prosedur Sending Data Online PBT CTKI Korea Terbaru Tahun 2015

Prosedur Sending Data Online PBT CTKI Korea Terbaru Tahun 2015 – Seperti yang sudah diketahui bahwa jika peserta EPS-Topik sudah dinyatakan lulus maka proses selanjutnya adalah melakukan lamaran kerja (Sending Data). Lamaran kerja ini ditujukan ke perusahaan-perusahaan yang berada di negara Korea Selatan. Dengan mengirimkan berkas lamaran atau sending data maka CTKI Korea tinggal menunggu proses selanjutnya untuk mendapatkan kontrak kerja (SLC). CTKI Korea bebas memilih perusahaan atau pabrik yang sesuai dengan keinginan CTKI. Jenis perusahaan dan lokasi perusahaan bisa ditentukan dan dipilih oleh CTKI Korea ketika melamar pekerjaan. Walaupun pada intinya lokasi kerja dan jenis perusahaan yang memutuskan akhirnya adalah hak mutlak dan wewenang HRD-Korea.

Baca Juga : Materi Skill Test (Ujian Keahlian ~ Keterampilan) PBT EPS-Topik Korea

Ketika pengumuman di web resmi BN2TKI tentang pembagian Sertifikat EPS-Topik bagi peserta yang lulus maka akan disertakan juga prosedur lengkap tentang tata cara proses sending data. Dokumen apa saja untuk melengkapi berkas lamaran pekerjaan ke Korea Selatan memalui sistem G to G? Lalu bagaimana cara mengirimkan data lamaran tersebut? Semua pertanyaan itu bisa terjawab pada informasi pembagian Sertifikat EPS-Topik di web resmi BN2TKI.

Prosedur-Sending-Data-Online-PBT-CTKI-Korea-Terbaru-Tahun-2015

Sistem sending data yang baru bagi peserta lulusan EPS-Topik PBT 13 tahun 2015 mengalami perubahan total. Prosedur sending data sejak tahun 2015 menggunakan sistem online. Kini proses sending data tidak lagi menggunakan sistem offline. Sending data proses lamaran kerja ke Korea tidak lagi menggunakan jasa Kantor Pos seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Memang semua prosedur proses bekerja ke Korea Selatan sejak tahun 2015 mengalami banyak perubahan. Sejak pendaftaran ujian EPS-Topik sampai sekarang proses sending data. Pendaftaran ujian EPS-Topik sejak tahun 2015 menggunakan sistem online. Hal ini mungkin untuk lebih memudahkan CTKI Korea dan juga untuk beradaptasi dengan kecanggihan teknologi saat ini.

Berikut Prosedur Sending Data Online Terbaru Bagi CTKI PBT Korea Tahun 2015

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa saat ini sistem sending data untuk proses melamar kerja ke Korea menggunakan sistem online. CTKI Korea tidak perlu lagi berdesak-desakkan mengantri di Kantor Pos. Namun CTKI Korea cukup duduk manis didepan komputer yang sudah tersambung dengan koneksi internet.

Demi memudahkan CTKI Korea dalam proses sending data, melalui sistem online ini CTKI Korea tidak dibebankan dengan banyaknya dokumen persyaratan sending data. Tahun sebelumnya dokumen persyaratan sending itu terdiri dari 11 poin. Namun sekarang ketika resmi diberlakukannya sending data sistem online cukup 5 dokumen saja.

Dengan mempersiapkan 5 poin dokumen sending data maka CTKI sudah bisa melakukan sending data menggunakan sistem online. Lalu dokumen apa saja untuk melakukan kegiatan melamar kerja ke korea menggunakan sistem online?

  1. Sertifikat Kelulusan EPS-Topik PBT ke 13 Tahun 2015;
  2. Paspor yang masih berlaku dan data semua sama dengan dokumen pendaftaran EPS-Topik;
  3. Surat Izin Keluarga (Orangtua/Wali/Istri/Suami) yang bermaterai Rp. 6.000 serta diketahui dan ditandatangi oleh Kepala Desa/Kelurahan setempat;
  4. Hasil Medical Check Up (MCU) atau hasil kesehatan dari Rumah Sakit atau Klinik yang sudah mempunyai ijin dari Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia;
  5. Rekening tabungan atas nama pribadi atau atas nama peserta EPS-Topik.

Semua perlengkapan sending data diatas Anda scan berwarna dan simpan dalam satu folder format gambar atau .jpg. Ukuran file dari masing-masing file hasil scan adalah maksimal 1 mb.

Informasi lengkapnya lagi tentang tata cara sending data online bisa Anda temukan di halaman web resmi BNP2TKI. Insya Allah kedepannya saya akan berbagi caranya disini ketika sudah dibuka resmi pendaftaran sending data online. Karena sending data online saat ini belum diaktifkan. Menurut informasi yang saya dapat, sistem sending data online bagi peserta EPS-Topik PBT ke 13 tahun 2015 akan dibuka resmi pada tanggal 14 Agustus 2015 dengan mengakses halaman web g2g.bnp2tki.go.id.

Mungkin sementara hanya itu saja tentang informasi Prosedur Sending Data Online PBT CTKI Korea Terbaru Tahun 2015. Semoga tulisan ini dapat bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. pak min mohon bantuanya..saya dah dikasih id dan papaswod untuk login .tpi buat login gak bisa tu bagaimana .saya bingung ni

    • Kalau Username dan Password tidak bisa digunakan, mas bisa menghubungi kantor BP3TKI atau tempat ketika pengambilan Sertifikat EPS-Topik. Bisa juga dengan menghubungi BNP2TKI menggunakan nomor telepon bebas pulsa 08001000

  2. Aziz zakaria

    mohon bantuannya min, sertifikat kelulusan saya ada kesalahan tgl lahir,sedangkan semua dokumen waktu daftar benar semua.
    jadi pas di sending ke korea dokumennya di kembalikan, apa yang harus saya perbaiki min… mohon pencerahannya

    • Segera diuruskan ke BNP2TKI mas, karena itu adalah kesalahan mereka yang mengeluarkan Sertifkat. Sebaiknya datang langsung saja dan minta solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *