Home / Software / Trik Mudah Reset Password Windows Dengan Hiren’s BootCD

Trik Mudah Reset Password Windows Dengan Hiren’s BootCD

Trik Mudah Reset Password Windows Dengan Hiren’s BootCD – Kejadian Reset Password Windows Dengan Hiren’s BootCD ini berawal dari tetangga saya yang datang membawa laptop tidak bisa Log-on Windows karena laptopnya menggunakan password ketika startup. Sedangkan password yang selama ini dia buat, sama sekali dia telah lupa dengan password tersebut. Sehingga pada akhirnya laptop tidak bisa diakses karena lupa password. Operasi System Windows yang dia gunakan adalah Windows 7.

Baca Juga : Cara Membuka File Hanword HWP Di Microsoft Word

Dengan percaya diri saya mencoba reset password Windows dengan trik safe mode, yang ketika startup Windows menekan F8 pada keyboard. Karena biasanya pengalaman di Windows XP dengan safe mode kita bisa masuk tanpa melewati User Accounts dulu. Dan reset password Windows ini bisa dilakukan dengan menghapus password di Control Panel > User Accounts. Tapi, ternyata dengan cara reset password Windows menggunakan trik dari perintah safe mode tidak bisa dilakukan untuk Windows 7. Perintah safe mode Windows 7 ketika Log-on harus melewati User Accounts, jadi tetap saja kita diminta untuk memasukkan password.

Setelah itu saya coba tanya pemilik laptop apakah dia mempunyai Reset Password Disk yang dibackup ke Flashdisk atau Harddisk? Dengan kata menyesal, diapun tidak mempunyai dan belum pernah melakukan Reset Password Disk ke Flashdik ataupun ke media storage lainnya.

Selanjutnya saya berpikir tidak ada cara lain hanya melakukan install ulang Windows saja. Tapi niat saya itu tidak jadi, karena pemilik laptop memohon agar laptopnya kalau bisa jangan sampai diinstall ulang. Alasannya dilaptop dia banyak tersimpan data-data penting dan celakanya dia tidak membuat partisi harddisk, artinya hanya ada satu partisi saja yaitu drive C.

Kesimpulan akhir saya putuskan untuk meminta bantuan mbah Google, mudah-mudahan si-mbah mempunyai solusi tentang cara reset password Windows tanpa install ulang. Dan ternyata si-mbah ini memang pintar, saya menemukan solusinya. Reset password Windows 7 bisa dilakukan dengan menggunakan Hiren’s BootCD. Dan hasilnya memang mujarab, password yang menempel di laptop tetangga saya itu bisa dihapus atau direset menggunakan software Hiren’s BootCD.

Cara Reset Password Windows 7 Menggunakan Hiren’s BootCD

Ok, caranya saya akan sharing disini. Mungkin sahabat Info-Menarik pernah mengalami kejadian hal serupa. Sehingga ingin memperaktekkannya reset password Windows dengan Hiren’s BootCD tanpa harus melakukan install ulang atau membawanya ke tempat service komputer.

Pertama tentunya Anda harus mempunyai software Hiren’s BootCD dulu. Hiren’s BootCD dapat Anda dapatkan secara gratis dan legal. Anda bisa download di web resmi Hiren’s BootCD dengan URL www.hirensbootcd.org. Saat ini, Hiren’s BootCD sudah mencapai versi 15.2. Namun yang akan saya praktekkan dalam reset password Windows dengan Hiren’s BootCD adalah menggunakan Hiren’s BootCD versi 13.1.

Setelah Anda sukses download Hiren’s BootCD, langkah selanjutnya silahkan Ekstrak hasil download menggunakan WinRAR atau WinZip. Lalu backup ke CD/DVD software Hiren’s BootCD. Jika bingung cara backupnya, lihat Readme atau Petunjuk Instalasi yang terdapat di dalamnya untuk membuat CD Boot.

Setelah selesai backup atau membuat CD Boot Hiren’s BootCD ke CD/DVD, lalu masukkan CD/DVD yang berisi Hiren’s BootCD ke dalam CD/DVD Room komputer atau laptop yang ingin direset password windowsnya. Restart komputer atau laptop, tekan F12 atau F9 atau Delete pada keyboard untuk memilih booting dari CD/DVD. Setting bios untuk masuk ke booting CD/DVD/USB tiap komputer atau laptop berbeda, jadi sebaiknya pelajari dulu Boot Menu pada komputer atau laptop yang Anda gunakan.

Jika Anda telah sukses menentukan booting kamputer atau laptop dari CD/DVD, maka akan tampil halaman awal Hiren’s BootCD. Pilih Mini Windows Xp dengan menggunakan tanda panah atas dan bawah pada keyboard lalu Enter.

Reset Password Windows Dengan Hiren 0

Tunggu beberapa saat, komputer atau laptop akan loading dan tunggu sampai Mini Windows Xp Hiren’s BootCD tampil dengan sempurna. Selanjutnya klik Start dan HBCD Menu.

Reset Password Windows Dengan Hiren 1

Setelah itu klik Programs > Password / Keys > Windows Login > terakhir klik NTPWEdit (Reset Xp/Vista User Password).

Reset Password Windows Dengan Hiren 2

Sekarang cari File SAM di komputer atau laptop Anda seperti intruksi yang tampil pada kotak Path to SAM file.

Reset Password Windows Dengan Hiren 3

Biasanya File SAM berada pada Drive C:\\Windows\System32\config\sam.

Reset Password Windows Dengan Hiren 4

Setelah ketemu file SAM nanti akan muncul beberapa pilihan User Accounts komputer atau laptop Anda. Pilih salah satu User Accounts yang biasa Anda gunakan, atau User Accounts yang terdapat password dan ingin direset. Contoh, saya memilih User Accounts exceLLent. Lalu pilih Change Password.

Reset Password Windows Dengan Hiren 5

Pada jendela pop-up akan muncul kotak dialog untuk menentukan password. Silahkan Anda isi password sesuai dengan keinginan Anda pada kotak New password dan Verify (asal jangan lupa). Atau kalau Anda tidak ingin ribet, dikosongkan juga tidak apa-apa. Jika dikosongkan, nantinya Anda Log-on Windows, tanpa menggunakan password. Terakhir klik OK.

Reset Password Windows Dengan Hiren 6

Setelah semua proses selesai, klik Save changes untuk menyimpan semua proses yang Anda lakukan dalam reset password windows.

Reset Password Windows Dengan Hiren 7

Silahkan Restart komputer atau laptop Anda. Dan keluarkan CD/DVD Hiren’s BootCD dari tempat CD/DVD komputer atau laptop Anda. Setting kembali booting komputer atau laptop seperti semula, booting dari Harddisk.

Reset Password Windows Dengan Hiren 8

Bagaimana sukses? Jika masih gagal, ulangi lagi langkah-langkah Trik Mudah Reset Password Windows Dengan Hiren’s BootCD diatas dari awal.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

33 comments

  1. Keereennn. Emang benar win7 tetap harus log in di save mode.
    Wah cara ini juga bisa dipakai buat masuk ke komputer orang nih.
    Komputer gak ada partisinya gile juga.

    • Hihihihi jangan disalahgunakan ya mas, kalau disalahartikan tidak apa-apa … :D Iya mas, aneh saya juga ko harddisk dengan kapasitas diatas 300 GB tidak dipartisi …

  2. super sekali artikelnya mas mantap

  3. aku juga pernah ngalamin kasus window lupa fasword, mungkin ini ya salah satu ngatasin masalahnya.. trims ya

    • Ya selain bisa membuat Reset Password Disk, dengan Hiren’s BootCD adalah solusinya …

  4. izin bookmark mas, takut klo lupa pasword windows sendiri, terima kasih mas

  5. dengan software Hiren’s BootCD tentunya lebih menyingkat waktu dibandingkan bila install ulang yamas.disamping itu memang lebih simple caranya

    • Betul sekali mas, jangan sampai memutuskan untuk Install Ulang Windows hanya karena masalah lupa password …

  6. Harus sering mencoba dengan menggunakan pasword baru atau mengganti pasword windows juga ga mas ?

  7. Disimak saja dan asal jangan dibawa pulang … :D

  8. ternyta ada software nya buat reset pasword akun window ya, kalau saya lupa biasanya tak Inul ( instal ulang ) PC nya kang, . ijin bookmark kang,, jaga2 buat kdpannya kalau lpa pass lgi bsa dngn tehnik ini, nice postnya

  9. ini, sepertinya sangat perlu untuk di musiumkan ni software beserta tutorialnya, karena sangat bermanfaat sekali ini infonya.
    makasih banyak mas atas info cara reset password windows nya

  10. thanks ya, saya memang mencari software ini

  11. saya sudah coba tapi fila “sam” nya gak bs kebuka om..
    ada warning

    “SAM file opened read-only so changes cannot be saved! Modify file attributes/permissions to allow write acces,and reopenit.

    padahal attribute filke sam tsb sudah clear tdk ada read-only/hidden om…
    mohon solusinya…
    terima kasih…

    • Ko bisa ya? Ma’af saya belum pernah mengalami hal tersebut mas. Coba mas search diinternet atau forum mungkin ada orang lain yang mengalami hal serupa.

  12. Mas kalo bacaan nya ” c:windows….. path does not exist please verify the correct path was given ” itu knp mas . Mohon di respon mas . Soalnya perlu sekali

    • Saya belum mengalamai kasus seperti itu mas. Mungkin solusi satu-satunya Anda harus menginstall ulang Windows saja.

  13. saya sdh mencobanya mas di win xp, ok tdk ada kendala, akan tetapi di win 7 local disk tdk terdeteksi.
    mohon bantuanya

    • Apakah mas menggunakan Hardisk jenis ATA? Jika benar mungkin pengaturan Primary dan Slave antara Hardisk dan CDRom tidak benar.

  14. Makasih gan info nya mantap gann.. Mau ijin bukmark gan. Kalo flash disk 4 gb cukup gk gan untuk buat hiren

  15. “Setelah Anda sukses download Hiren’s BootCD, langkah selanjutnya silahkan Ekstrak hasil download menggunakan WinRAR atau WinZip. Lalu backup ke CD/DVD software Hiren’s BootCD. Jika bingung cara backupnya, lihat Readme atau Petunjuk Instalasi yang terdapat di dalamnya untuk membuat CD Boot.”

    mas kalo backupnya pake flashdisk bisa ga ya? soalnya laptopku ga ad CD ny.

    • Bisa mas. Anda bisa mencoba software “grub4dos” untuk menggunakan hirens tanpa CD melainkan menggunakan flashdisk. Jika kesulitan, nanti saya buat artikelnya saja.

  16. mz kok ane pas loading mini windows xp nya langsung blue screen ya??
    pas lagi loading nya tiba BSOD :'(

    • Kalau terjadi blue screen itu ada masalah pada hardware atau bisa juga softwarenya mas. Apa pesan error tersebut mas?

  17. bagamaina dengan pass login windows 10 mas..? soalnya ane lupa password login di windows 10 ane.. apakah bisa dengan menggunakan Hirens boot versi 15.2 atau blum ada fitur reset pass untuk windows 10… terima kasih

  18. atau penggunaan PCUnlocker Live CD. Ini mendukung booting UEFI untuk windows 10 dan 8. itu adalah patut dicoba.

  19. mantap gan terimakasih banyak super sekali…………!!!!!!!!!!! saya tunggu artikel selanjutnya dan terimakasih

  20. Kalau windows 8 sistem UEFI harus di matikan di BIOS karena jika tidak gitu maka tidak akan bisa terus setelah uefi dimatikan langsung masuk Hirren boot setelah dipilih mini windows terus muncul blue screen, terus penyelesaiannya ini gimana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *