Home / WordPress / Resiko Menggunakan Theme & Plugin WordPress Nulled Bagi Kelangsungan Blog

Resiko Menggunakan Theme & Plugin WordPress Nulled Bagi Kelangsungan Blog

Resiko Menggunakan Theme & Plugin Nulled – Rencana ingin mengganti theme blog ini dengan template Sahifa gratis atau nulled terhenti dengan alasan-alasan yang akan saya bahas disini. Ternyata bahaya sekali jika kita menggunakan produk nulled yang diterapkan di blog WordPress. Banyak resiko yang akan kita dapatkan jika menggunakan produk nulled seperti theme dan plugin WordPress, seperti blog kita akan hancur, menghilang dari index mesin pencari, bahkan kita bisa terjerat sanksi hukum jika si-penjual melakukan pengajuan ke pihak yang berwenang.

Baca Juga : Download 6 Template Gratis Toko Online (E-Commerce) WordPress

Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Nulled? Nulled adalah sebuah aksi crack, hacked, atau pembajakan. Jika dikaitkan dengan theme dan plugin WordPress berarti sebuah theme atau plugin premium (berbayar) namun kita dapatkan secara gratis. Kita download theme atau plugin premium WordPress dengan tidak mengeluarkan uang sepeserpun dari situs-situs tertentu yang menyediakannya.

Resiko Menggunakan Theme & Plugin WordPress Nulled

Kenapa theme atau plugin Nulled bisa berbahaya bagi blog WordPress kita? Bukankah bagus kalau kita mendapatkan template dan plugin berbayar tapi bisa didapat secara gratis? Kenapa harus repot-repot mengeluarkan uang untuk sekedar membeli theme atau plugin premium, kan sayang sekali?

Ok sebelum saya jawab, saya akan balik bertanya dulu. Kenapa orang di internet rela memberikan link download theme atau plugin premium yang bisa kita dapatkan secara gratis? Padahal jika kita membelinya harus membayar dengan uang yang cukup mahal, misal 1 juta, 2 juta, dan seterusnya.

Umumnya theme atau plugin Nulled didalamnya akan disisipkan Script Encrypted yang oleh pengguna awam akan sangat sulit untuk ditemukannya. Sangat berbahaya jika theme atau plugin tersebut kita installkan di blog WordPress kita. Script jahat ini akan bekerja didalam blog kita yang selanjutnya tidak menutup kemungkinan akan memberikan data-data penting seperti user dan password blog kepada si-penyedia link download tadi. Parahnya lagi akan memberikan sinyal tidak baik bagi mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya. Jika demikian bisa saja mereka akan menghapus blog kita dari pengindexannya karena dicurigai sebagai blog spam.

Baca Juga : 5 Tema WordPress Terbaik Untuk Google AdSense Peluang CTR Tinggi

Mungkin sedikitnya sekarang kita mengerti bahwa kenapa sebabnya ada orang yang memberikan link download secara cuma-cuma jika mereka tidak mempunyai maksud jahat. Mereka dengan sengaja menyisipkan malware atau dengan kata lain script untuk hacking. Kita tidak bisa menghapus file jahat ini dengan cara yang mudah. Bahkan ada sebagian theme dan plugin Nulled jika kita berhasil menemukan script jahat tersebut kemudian kita menghapusnya malah theme dan plugin itu tidak bekerja dengan normal.

Apa Saja Resiko Menggunakan Theme Dan Plugin WordPress Versi Nulled?

Diatas sebagian sudah saya bahas bahwa resiko terbesarnya adalah data-data rahasia kita akan berhasil mereka dapatkan dan blog kita akan lenyap di mesin pencari. Namun secara lebih rincinya lagi berikut resiko-resiko yang akan kita peroleh jika kita menggunakan theme dan plugin Nulled di blog WordPress :

  1. Backlink Dofollow – Anda mungkin sudah tahu kalau kualitas backlink dofollow itu akan lebih berharga daripada backlink nofollow. Nah jika kita menggunakan theme atau plugin WordPress versi Nulled biasanya hacker akan menyisipkan script yang bekerja akan memberikan backlink dofollow terhadap situs mereka. Masih mending jika situs penerima backlink dofollow itu tidak berbahaya menurut mesin pencari. Namun jika sebaliknya jika ternyata situs tersebut adalah situs spam atau situs berbahaya lainnya maka tentunya blog kita juga akan kena imbasnya.
  2. Script Jahat – Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa si-pengembang akan menanamkan script jahat didalam theme atau plugin Nulled tersebut. Script ini akan terus bekerja dan bisa mengirim kredensial penting blog Anda seperti username dan password blog. Tentu saja jika username dan password sudah diketahui itu adalah santapan empuk bagi mereka dan dapat menghancurkan blog Anda.
  3. Dukungan Life Time Support – Tentu saja karena theme dan plugin yang kita gunakan adalah didapat dengan cara yang tidak benar maka kita tidak akan memperoleh sebuah dukungan life time support. Berbeda dengan theme atau plugin premium yang kita beli dengan cara yang sah maka akan mendapatkan life time support 7 x 24 jam.
  4. Terjerat Hukum – Tidak menutup kemungkinan juga jika si-pembuat theme dan plugin resmi merasa gerah dengan aktifitas diluar sana tentang penyalahgunaan theme dan plugin yang mereka buat maka akan melakukan tindakan aksi hukum.
  5. Hilang Dari Index Mesin Pencari – Karena dasarnya didalam theme atau plugin yang kita terapkan terdapat script mencurigakan, maka tentunya hal ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari. Umumnya semua mesin pencari sangat tidak senang terhadap segala aktifitas yang mencurigakan didalam sebuah blog. Mereka akan membuang jauh-jauh bahkan melenyapkan blog yang menggunakan theme atau plugin Nulled.
  6. IP Address Dibanned – Dari ketidaksenangan pihak pengembang resmi terhadap pengguna theme dan plugin Nulled maka mereka bisa saja melaporkan masalah ini terhadap pihak WordPress dan mesin pencari. Selanjutnya bisa juga IP Address situs Anda akan dibanned selama Anda menggunakan layanan internet, nomor telepon, kontak informasi lainnya yang sama ketika sedang menggunakan versi Nulled.
  7. Google AdSense Dibanned – Sangat disayangkan jika hal ini terjadi. Google sangat membenci segala tindakan ilegal dalam bentuk apapun. Tidak menutup kemungkinan juga jika kita termasuk publisher AdSense maka akun AdSense tersebut akan dibanned juga oleh Google. Tentunya kita masih ingat dengan peraturan-peraturan ketat yang diterapkan AdSense bagi siapa saja yang ingin daftar menjadi publishernya.
  8. Merugikan Developer – Pihak pengembang membuat theme atau plugin itu adalah demi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Developer juga sama berusaha untuk mendapatkan penghasilan. Mencuri kekayaan intelektual orang lain adalah sama saja dengan tindakan mengambil uang dari saku orang lain.

Lalu bagaimana dan apa yang harus saya lakukan jika memang tidak mempunyai cukup uang untuk membeli theme atau plugin premium secara resmi? Sebenarnya pertanyaan ini adalah pertanyaan untuk diri saya sendiri. Saya berhenti untuk berniat menggunakan theme Sahifa gratis versi Nulled salahsatu penyebabnya adalah hal tersebut diatas. Mungkin juga untuk menjawab pertanyaan itu adalah saya harus tetap menggunakan theme atau plugin yang memang benar-benar sifatnya gratis dari pihak pengembang resmi. Banyak di internet saya yang menyediakan theme-theme gratis dan menarik. Ya walaupun tampilan dan fiturnya tidak semenarik dan tidak selengkap theme premium itu wajar namanya juga gratis. Sebagai rekomendasi tempat download theme WordPress gratis adalah di situs MyThemeShop seperti theme yang saya gunakan saat ini.

Sangat disayangkan blog kita hancur gara-gara menggunakan theme atau plugin versi Nulled. Blog yang sudah lama dibangun dengan susah payah harus berantakan juga akhirnya. Ok mungkin hanya itu saja alasan kenapa saya tidak jadi menggunakan theme Sahifa Nulled. Semoga artikel Resiko Menggunakan Theme & Plugin WordPress Versi Nulled ini ada manfaatnya untuk siapa saja. Terima kasih sudah berkunjung ke sederhana ini dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

10 comments

  1. segala sesuatu nya kalau hasil dari crack dan tindakan ilegal lainnya .. pastinya memiliki resiko yang tinggi untuk penggunaan nya .. jangan ambil resiko, ngga usah di pake mah! nabung dulu sampai uang nya terkumpul sampai cukup untuk membeli theme versi premium nya. :D

  2. resiko pertama menggunakan theme plugin wordpress versi Nulled serem sekali .. memberikan backlink keluar berjenis dofollow, bahkan blog kita sendiri saja belum tentu punya backlink dofollow karena kita tahu bukan backlink jenis ini susah dapet nya!

  3. wah saya baru sadar setelah baca posting ini , alhasil saya nggak jadi pakai thema bajakan, terima kasih mas iwan :p

  4. mas saya mau tanya, cara merubah ukuran post title theme sahifa seperti blog ini di bagian mana ya…?

    • Coba mas cari kode h2.post-box-title untuk mengubah ukuran title di Homepage dan kode .post-title untuk mengubah ukuran title didalam posting. Cari kode supaya cepat menggunakan tombol Ctrl+F pada keyboard di style.css. Jika sudah ketemu, mas ubah font-size sesuai selera.

      • sudah ketemu mas, ada di pengaturan tapi yang saya bingung template bawaan itu di single post titlenya hurufnya besar semua biar normalin kalau boleh di share..

        • Coba cari di theme editor style.css untuk menampilkan .post-title dan hapus kode yang bertuliskan text-transform: uppercase; karena itu adalah kode untuk membuat huruf kapital semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *