Home / Photoshop / Cara Resize Gambar Tanpa Merubah Dimensi Pixel

Cara Resize Gambar Tanpa Merubah Dimensi Pixel

Cara Resize Gambar Tanpa Merubah Dimensi Pixel – Resize adalah mengubah resolusi atau ukuran horizontal dan vertikal suatu gambar. Pada umumnya resize gambar selain size berubah menjadi kecil, dan juga dimensi pixel otomatis akan menyesuaikan dengan size yang telah diresize. Pertanyaannya bagaimana kalau melakukan resize gambar tanpa merubah dimensi pixel?

Baca Juga : Kenapa Photoshop CS5 Tidak Ada Plugin Extract Plus?

Banyak program untuk resize gambar atau photo. Baik yang online maupun yang offline. Berbayar dan gratis. Namun disini saya hanya akan menggunakan cara resize gambar dengan Adobe Photoshop.

Disini saya mempunyai gambar dengan size 445 KB. Mari kita resize agar menjadi lebih kecil. Klik File > Save for WEB & Devices….

Setelah layar jendela Save for WEB & Devices aktif, Anda perhatikan pada Opsi Preset. Untuk gambar format JPEG disitu terdapat tiga pilihan, High, Low, dan Medium. Agar Anda tidak penasaran, silakan coba saja satu persatu opsi presetnya.

Cara Resize Gambar 1

Berikut contoh gambar yang sudah diresize menggunakan tiga opsi Preset. Sangat jelas terlihat size dari masing-masing pilihan Preset. Semula gambar memiliki size 445 KB, setelah diresize dengan opsi Preset JPEG High menjadi 466 KB (lebih besar), JPEG Low menjadi 156 KB, dan JPEG Medium menjadi 255 KB. Tentunya itu semua tanpa mengurangi dimensi pixel, yaitu 1600 x 900 pixels.

Cara Resize Gambar 2

Selanjutnya jika Anda ingin mengubah dimensi pixel juga selain size gambar. Maka caranya adalah Anda klik tab Image Size. Ini masih di kotak dialog Save for WEB & Devices.

Pada tab Image Size Anda setting pada bagian Width dan Heightnya. Ini berarti akan merubah size gambar dan juga merubah dimensi pixel.

Jika semua pengaturan sudah cukup sesuai dengan keinginan Anda, klik Save.

Cara Resize Gambar 3

Setelah melakukan resize ini sekarang gambar menjadi lebih kecil ukurannya dan kualitas gambar tetap terjaga.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. Wah saya ga pernah perhatiin ukuran gambar gini detailnya gimana pas ngedit gambar. Huehehehe.

    • Ketika edit gambar yang harus diperhatikan diantaranya adalah size gambar tersebut. Size gambar biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dari gambar itu dibuat, misal untuk tampilan WEB beri resolusi 72 sudah cukup, sedangkan untuk kebutuhan cetak harus resolusi maksimal 300.

  2. INi gif Mas Yah, kalau cara gambar biasa jpeg, sama juga caranya?

    • JPEG beda mas, tapi intinya tetap sama. JPEG bisa dilakukan pada menu Image lalu Image Size.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *