Home / Teknologi / Bikin Merinding! Berikut 8 Robot Militer Paling Canggih Siap Beraksi Di Medan Perang

Bikin Merinding! Berikut 8 Robot Militer Paling Canggih Siap Beraksi Di Medan Perang

Robot Militer Paling Canggih – Perkembangan penciptaan robot memang bisa diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Mulai dari bidang industri, kesehatan, maupun ilmu pengetahuan. Namun tidak dipungkiri pembuatan dan pengembangan robot juga digunakan untuk kepentingan militer terutama dalam menghadapi musuh saat perang menjaga kedaulatan negara. Namun, apa jadinya bila perkembangan robot militer digunakan untuk saling membunuh?

Robot yang akan dibahas dalam artikel kali ini bukanlah robot yang bentuknya seperti manusia (humanoid) namun tetap canggih dan siap beraksi di medan perang. Apa sajakah 9 robot yang siap beraksi di medan perang tersebut?

Baca Juga : Jia Jia Dan Aiko Chihira, Robot Cantik Yang Membuat Siapapun Akan Terpana

1. MAARS

Para musuh Negara Amerika Serikat sebaiknya jangan remehkan kemampuan robot MAARS (Modular Advanced Armed Robotic System). Robot militer yang satu ini hadir dengan desain yang compact. Robot yang canggih ini sejak awal pembuatannya memang diperuntukkan untuk membantu tentara Amerika Serikat. Bentuk robot MAARS seperti tank, namun dalam ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah masuk ke dalam gang-gang di pemukiman musuh.

Robot MAARS dilengkapi berbagai persenjataan, diantaranya yakni gas air mata, senjata laser dan pelontar granat. Generasi robot sejenis sebelum MAARS ada pula yakni SWORDS yang pernah digunakan dalam berperang Amerika Serikat di Irak beberapa tahun yang lalu.

2. DOGO

General Robotics merupakan perusahaan yang membuat dan mengembangkan robot DOGO. Sekilas desain robot DOGO tampak seperti mainan sejenis remote kontrol. Tetapi meski tampak seperti mainan dan dengan ukuran yang hanya sebesar ransel, robot DOGO ini ternyata dilengkapi kamera pemantau serta pistol 9 milimeter.

Robot militer ini dipergunakan pula untuk perang dan efektif melumpuhkan sasaran tanpa terlalu menarik perhatian sebab ukurannya yang kecil. DOGO dilengkapi pula dengan lapisan cukup kuat hingga mampu bertahan dari terjangan peluru musuh.

3. SAFFiR

SAFFiR (Shipboard Autonomous Firefighting Robot) akan sangat membantu ketika proses memadamkan kebakaran terlebih lagi bila kebaran terjadi di kapal. Robot SAFFiR ini dilengkapi kamera pemantau serta sensor panas. Oleh karena itu, robot ini mampu mendeteksi letak sumber api. SAFFiR merupakan robot yang dibuat oleh mahasiswa Virgina Tech. robot SAFFiR di desain dengan bentuk humanoid atau menyerupai bentuk tubuh manusia.

4. Guardbot

Robot militer tak melulu harus dilengkapi persenjataan mematikan. Sebagaimana robot Guardbot yang tujuan awal pembuatannya adalah untuk penjelajahan di planet Mars dan pengintaian musuh di medan perang. Robot Guardbot mengambil peranan cukup penting saat kondisi peperangan, terlebih dalam urusan pengintaian. Guardbot dilengkapi kamera. Guardbot memiliki keunggulan yakni dapat digunakan di berbagai medan, diantaranya medan bersalju, berpasir, bahkan Guardbot mampu mengapung di permukaan air.

5. Gladiator

Apabila menyebutkan nama Gladiator pastinya akan teringat dengan Kekaisaran Romawi di masa lampau. Gladiator kesatria Romawi telah menginspirasi pencipta robot untuk mengembangkan penciptaan robot Gladiator. U.S. Marine Corps merupakan pihak yang mendesain robot Gladiator (Tactical Unmanned Ground Vehicle). Robot Gladiator berbentuk hampir mirip tank mini yang dilengkapi persenjataan yakni pelontar granat dan senapan mesin. Gladiator dapat melaju dengan kecepatan hingga 16 kilometer per jam.

6. Alrobot

Gejolak peperangan di Negara-Negara Timur Tengah semakin menggairahkan orang-orang pintar untuk membuat berbagai robot militer. Berdasarkan pemberitaan dari Baghdad Post, dua pemuda asal Irak juga membuat robot bernama Alrobot yang tujuan pembuatannya untuk melawan tentara ISIS. Alrobot digunakan agar dapat meminimalkan risiko kematian prajurit manusia. Robot ini dapat dikendalikan jarak jauh serta dilengkapi persenjataan berat.

7. Anbot

Bagi para gamers tentunya sudah tidak asing lagi dengan wujud robot yang dapat dilihat dari layar game. Salah satunya ialah robot Anbot yang dibuat dan dikembangkan oleh National Defense University. Robot Anbot dipelopori oleh negeri tirai bamboo, China. Sekilas Anbot memiliki bentuk mirip Wrench Jr.Robot di dalam seri game bertajuk Watch Dogs2.

Robot Anbot diciptakan sebagai robot kepolisian dan digunakan berpatroli. Anbot dapat melaju dengan kecepatan 18 kilometer per jam dan mampu melontarkan kejut listrik pada sasarannya.

8. Black Hornet (PD-100)

Robot militer yang satu ini dibuat dengan tujuan misi pengintaian dan dilengkapi kamera. Black Hornet (PD-100) memiliki kemampuan terbang dan didesain serupa drone mini. Prox Dynamics adalah perusahaan pembuat dan pengembang Black Hornet (PD-100). Pasukan militer Inggris telah menggunakan Black Hornet untuk mendukung keperluan misi militer.

Baca Juga : Berikut 5 Robot Pemusnah Manusia, Padahal Robot Ini Diciptakan Manusia

Perang Dunia III bisa terjadi kapanpun, terlebih lagi pernyataan panas Donald Trump kepada pemimpin Korea Utara pada bulan September 2017 lalu semakin membakar emosi Internasional. Bila dalam PD 1 dan PD 2 hanya manusia yang dikerahkan dalam peperangan. Kemungkinan dalam PD 3, pasukan robot militer dari berbagai Negara akan ikut beraksi di medan perang.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *