Home / Teknologi / Berikut Adalah 3 Robot Paling Canggih Di Dunia Yang Membuat Siapapun Takjub

Berikut Adalah 3 Robot Paling Canggih Di Dunia Yang Membuat Siapapun Takjub

Robot Paling Canggih Di Dunia – Robot canggih diprogram dengan sistem tertentu agar sesuai dengan tujuan awal pembuatannya, hingga mampu melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dengan program penciptanya, misal robot perang, robot pelayan, robot pengajar, robot pekerja, dan sebagainya.

Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang industri, telah mengganti tenaga manusia dengan robot dalam bidang produksi dan pengemasan, karena produk yang dihasilkan lebih sesuai standar mutu. Selain itu, hasilnya pun lebih banyak dalam waktu yang singkat.

Baca Juga : Bikin Merinding! Berikut 8 Robot Militer Paling Canggih Siap Beraksi Di Medan Perang

Para pencipta robot kebanyakan memang sengaja menciptakan robot agar dapat menyerupai manusia, baik dari segi rupa maupun kemampuannya. Dari sekian banyak robot yang diciptakan manusia, berikut beberapa robot canggih yang memukau.

1. Robot Asimo

Robot yang satu ini merupakan karya Negeri Sakura – Jepang. Robot canggih ini diprogram agar memiliki kemampuan menyerupai manusia. Robot ini dikembangkan raksasa otomotif yakni Honda Motor. ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility) robot ini sudah mengalami beberapa tahap pengembangan.

ASIMO kini telah mempunyai kemampuan kecerdasan yang semakin meningkat seperti mengenali wajah lawan bicaranya, serta mengenali suara manusia yang berinteraksi dengannya. Dua kemampuan tersebut telah mampu diterapkan ASIMO dalam waktu yang bersamaan.

Kemampuan lainnya robot ASIMO versi terbaru ialah dapat berjalan cepat, berjalan mundur, melompat, naik dan turun anak tangga. ASIMO yang didesain menyerupai manusia yang menggunakan pakaian astronot dan membawa ransel di punggungnya, dengan bobot 54 kg dan tinggi 130 cm. ASIMO diklaim dapat berlari per jamnya sekitar 6 kilometer.

ASIMO juga mempunyai kemampuan untuk menghentikan aksinya dan mengubah perilakunya sesuai dengan respon lingkungan sekitarnya. ASIMO dapat pula mengamati yang akan diperbuat oleh manusia dengan akurat.

2. Robot Cheetah

Robot yang satu ini termasuk golongan robot cepat. Cheetah adalah robot canggih serupa hewan tanpa kepala yang memiliki kaki empat dan diprogram oleh penciptanya agar dapat berlari cepat. Melalui serangkaian ujian menggunakan alat treadmill, robot Cheetah mampu berlari mencapai kecepatan sekitar 28,3 mph per jam atau sekitar 45 kilometer per jam. Kecepatan lari robot Cheetah mengalahkan rekor kecepatan lari atlet sprinter Jamaika.

Bedasarkan kabar yang beredar, robot Cheetah yang pembuatannya didanai oleh Pentagon – Amerika Serikat itu sudah melampaui kecepatan larinya manusia yang tercepat. Tidak puas sampai disitu, ilmuwan pencipta Cheetah terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan kecepatan lari robot Cheetah. Ilmuwan sudah merancang kontrol algoritma yang mengkoordinasi kaki robot dan gerakannya.

Selain itu, penciptanya juga berusaha meningkatkan tenaga dan kekuatan robot Cheetah tersebut. Pengembangan Cheetah memang merupakan proyek militer yang nantinya akan digunakan dalam operasi militer Amerika Serikat. Tidak menjadi hal yang mustahil, apabila seiring perkembangannya, robot Cheetah generasi terbaru akan memiliki kemampuan membunuh secara brutal seperti Cheetah liar.

3. Robot Atlas

Robot yang satu ini merupakan robot Humanoid canggih yang pelopori pembuatannya oleh Boston Dynamics, yakni salah satu perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang pertahanan. Robot humanoid Atlas adalah salah satu jenis robot canggih yang pernah dibuat. Robot Atlas dibuat sebagai bagian proyek DARPA dengan ukuran lebih besar daripada manusia.

Perusahaan Boston Dynamics baru-baru ini mengungkapkan bahwa robot humanoid yang diberi nama Atlas, telah diprogram agar dapat melakukan lompat akrobatik. Robot yang menyerupai manusia tersebut dapat melakukan lompatan dan salto dengan rintangan.

Robot canggih satu ini tak hanya mampu melompat, salto, dan berjalan, robot ini juga mampu naik turun tangga, mendaki melewati berbagai medan, serta tetap mampu tegak berdiri sekalipun didorong dengan tenaga kuat. Sehingga robot Atlas memungkinkan untuk digunakan dalam keadaan darurat seperti saat bencana alam.

Robot Atlas merupakan jenis robot yang dikendalikan operator manusia, dibantu sensor-sensor, dan sistem pergerakan hidrolik yang terhubung dengan anggota-anggota tubuh agar robot dapat bergerak alami dalam berbagai kondisi.

Baca Juga : Jia Jia Dan Aiko Chihira, Robot Cantik Yang Membuat Siapapun Akan Terpana

Jepang, China, Amerika, dan negara-negara lain di dunia semakin gencar berlomba membuat robot canggih, termasuk robot untuk kepentingan militer. Tidak menutup kemungkinan apabila terjadi kembali perang dunia seiring memanasnya konflik Amerika Serikat dan Korea Utara, maka perang modern akan meluncurkan pasukan robot.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.