Home / Microsoft Office / Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan Di Office Excel Lengkap

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan Di Office Excel Lengkap

Rumus Dasar Untuk Pemula di Office Excel – Menggunakan rumus perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan adalah rumus yang paling sering digunakan dalam ilmu Matematika. Untuk pendidikan tingkat dasar rumus-rumus ini adalah yang pertama kali diajarkan guru kepada peserta didiknya. Mengerjakan rumus perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan bisa kita lakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara yang manual seperti menggunakan jari tangan sampai dengan cara yang otomatis seperti mesin kalkulator dan komputer. Namun ada juga yang mengerjakan perhitungan perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan menggunakan pemahaman atau penalaran bagi yang sudah mahir.

Baca Juga : 150+ Download Gratis Kumpulan Rumus Excel Siap Pakai Lengkap Dengan Contoh

Walaupun tingkat pemahaman seseorang dalam mengerjakan hitung rumus perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan sudah benar-benar mahir, namun tentu saja untuk mengerjakan hitung yang jumlahnya banyak akan membutuhkan bantuan terhadap media lain. Hal ini demi mempercepat proses perhitungan dan tentunya akan lebih menghemat waktu yang dibutuhkan. Salah satu cara untuk mempercepat dalam mengerjakan rumus perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan adalah dengan menggunakan komputer.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan (0)

Di komputer terdapat beberapa jenis software atau aplikasi yang bisa kita manfaatkan fungsinya untuk mengerjakan rumus perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan. Bahkan Operasi Sistem Windows sendiri terdapat aplikasi kalkulator untuk membantu setiap pengguna dalam mengerjakan perhitungan Matematika.

Disini saya akan memberikan penjelasan lengkap tentang rumus perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan dan bagaimana cara menggunakannya di Microsoft Office Excel. Seperti yang sudah kita tahu kalau Office Excel adalah program pengolah data. Di Office Excel banyak tersedia rumus-rumus atau formula untuk mempermudah kita dalam pengolahan data apapun. Diantara banyaknya rumus-rumus di Office Excel tentu saja tersedia rumus perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan.

Berikut Cara Mengerjakan Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan Di Office Excel Lengkap Contoh

1. Cara Mengerjakan Rumus Perkalian Di Office Excel

Seperti yang sudah kita tahu kalau rumus perkalian dalam ilmu Matematika adalah menggunakan lambang (x). Namun berbeda dengan rumus perkalian di Office Excel. Di Office Excel rumus perkalian menggunakan operator asterisk (*). Operator asterisk ini biasanya akan kita temukan pada angka delapan keyboard sambil menekan Shift. Bahkan selain itu dalam mengerjakan perhitungan perkalian di Office Excel bisa menggunakan formula PRODUCT.

Sebagai contoh disini saya mempunyai dua nilai yang ditulis di cell A2 dan cell B2. Kemudian saya merencanakan jumlah nilai A2 dan B2 akan disimpan pada cell C2, dengan begitu pada cell C2 kita ketik =A2*B2 lalu Enter pada keyboard.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan (1)

Selain dapat menggunakan operator asterisk (*) mengerjakan rumus perkalian di Office Excel juga bisa menggunakan formula PRODUCT. Cara mengerjakannya cukup mudah, pada cell C2 atau cell yang ingin kita tempatkan jumlah hasil perkalian ketik =PRODUCT(A2:B2) dan tekan Enter.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan (2)

2. Cara Mengerjakan Rumus Pembagian Di Office Excel

Mengerjakan rumus pembagian dalam ilmu Matematika biasanya ditulis dengan lambang titik dua (:). Namun berbeda dengan rumus pembagian di Office Excel. Pembagian di Office Excel harus dengan menggunakan operator slash (/). Dan hanya satu pilihan saja rumus pembagian di Office Excel yaitu dengan operator slash (/).

Contoh penggunaan saya mempunyai data nilai masih sama dengan contoh pengerjaan perkalian diatas. Sayapun ingin menempatkan hasil pembagian pada cell C2 maka kita ketik =A2/B2 selanjutnya tekan Enter pada keyboard.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan (3)

3. Cara Mengerjakan Rumus Penjumlahan Di Office Excel

Diantara rumus yang saya bahas pada artikel ini, hanya rumus penjumlahan saja yang caranya paling banyak. Rumus penjumlahan di Office Excel terdapat tiga cara yang dapat kita lakukan. Cara pertama untuk mengerjakan penjumlahan di Office Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+). Selain itu kita juga dapat mengerjakan penjumlahan di Office Excel dengan formula SUM, dan dari SUM ini bisa kita kerjakan kedalam dua cara.

Contoh saya mempunyai Nilai 1 di cell A2 40 dan Nilai 2 di cell B2, kemudian hasil penjumlahan akan saya simpan pada cell C2. Dengan begitu pada cell C2 kita ketik =A2+B2 dan Enter untuk melihat hasilnya.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan (4)

Selain dapat menggunakan operator plus, dalam menjumlahkan angka di Office Excel dapat kita lakukan dengan menggunakan formula SUM. Caranya silakan Anda ketik pada cell yang ingin kita tempatkan hasil penjumlahannya =SUM(A2:B2) dan tekan Enter. Menggunakan formula SUM ini adalah untuk lebih menghemat lagi dalam pengerjaan kita menjumlahkan angka di Office Excel. Karena dengan formula SUM kita bisa meringkas cell-cell yang kita jumlahkan. Misalnya kita mempunyai data yang harus dijumlahkan dari cell A1 sampai dengan cell A2000, maka kita bisa mengetiknya formulanya seperti ini : =SUM(A1:A2000).

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan (5)

Cara ketiga masih menggunakan formula SUM, namun untuk memunculkan SUM bukan dengan cara manual atau cara diketik. Formula SUM dapat kita klik pilih pada Toolbar Office Excel () tepatnya ada di menu Home. Cara menggunakan SUM pada Toolbar adalah silakan Anda blok angka-angka yang ingin dijumlahkan sampai ke cell kosong yang nantinya akan Anda tempatkan hasil penjumlahan, kemudian klik pilih ikon SUM () pada Toolbar.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan (6)

4. Cara Mengerjakan Rumus Pengurangan Di Office Excel

Rumus pengurangan di Office Excel masih sama dengan rumus pengurangan di ilmu Matematika yaitu dengan menggunakan operator minus (). Untuk mengerjakannya masih sama dengan pengerjaan perkalian, pembagian, dan penjumlahan. Contoh saya ingin mengerjakan pengurangan nilai seperti pada gambar dibawah ini, pada cell C2 kita ketik =A2-B2 kemudian Enter untuk melihat hasilnya.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan (7)

Baca Juga : Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel 2007, 2010, 2013

Ok bagaimana mudah bukan? Dalam mengerjakan Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan bisa Anda gabungkan jika memang kita dituntu untuk menyelesaikan operasi hitung campuran. Bahkan rumus-rumus ini bisa kita gabungkan dengan formula lainnya di Office Excel seperti rumus AVERAGE, IF, VLOOKUP, HLOOKUP, dan sebagainya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *