Home / EPS-Topik Korea / Sistem Sending Online Berlaku Juga Bagi Peserta EPS-Topik CBT

Sistem Sending Online Berlaku Juga Bagi Peserta EPS-Topik CBT

Sistem Sending Online CBT EPS-Topik – Sejak tahun 2015 setiap CTKI Korea mengajukan lamaran kerja menggunakan sistem sending online. Ketika itu sending online hanya berlaku bagi peserta EPS-Topik jenis Paper Based Test (PBT). Namun demi memudahkan seluruh peserta EPS-Topik, kini sistem sending online berlaku juga bagi CTKI Korea jenis Computer Based Test (CBT). Dengan begitu sekarang sistem sending manual atau mengirim lamaran melalui Kantor Pos sudah benar-benar dihapuskan untuk jenis PBT dan CBT. Lihat pengumuman resminya disini.

Baca Juga : Cara Download Soal Reading Dan Listening EPS-Topik Korea Open Test

Kebijakan tentang sistem sending online adalah semata-mata demi penyesuaian diri dengan teknologi saat ini. Diharapkan dengan menggunakan sistem ini, setiap CTKI Korea baik PBT dan CBT dapat melakukan kegiatan sending dengan normal dan lancar. Sehingga akhirnya CTKI Korea bisa mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan yang diharapkan.

Sistem-Sending-Online-Berlaku-Juga-Bagi-Peserta-EPS-Topik-CBT

Adapun sistem sending online bagi lulusan test EPS-Topik CBT prosedurnya agak sedikit berbeda dengan CTKI Korea PBT. Namun untuk melakukan sending online masih dalam satu tempat dengan lulusan test EPS-Topik PBT 2015.

Berikut Prosedur Lengkap Sistem Sending Online Bagi CBT 3 Tahun 2015

CTKI Korea lulusan CBT 3 Tahun 2015 bisa melakukan sending online dengan mengakses http://g2g.bnp2tki.go.id. Cara lengkapnya sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya tentang Cara Melakukan Sending Online Di WEB G2G BNP2TKI.

Sedangkan agar bisa login di web g2g BNP2TKI CTKI Korea CBT 3 Tahun 2015 akan diberi User ID dan Password ketika pengambilan Sertifikat Kelulusan EPS-Topik. Dan sistem pemberian User ID dan Password akan dilakukan melalui pengiriman ke alamat email CTKI. Untuk itu diwajibkan CTKI Korea ketika mengambil Sertifikat agar menyerahkan alamat email aktif ke Panitia EPS-Topik.

Untuk memudahkan CTKI Korea CBT 3 Tahun 2015 maka sistem pengiriman alamat email bisa dilakukan CTKI ke alamat email Direktorat Pelayanan Penempatan Pemerintah Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI dengan alamat email [email protected]. Pengiriman alamat email aktif ini dilakukan CTKI paling lambat sampai tanggal 19 Oktober 2015.

Peraturan mengirimkan alamat email aktif ini CTKI harus mencantumkan subject. Hal ini untuk membedakan identitas pengirim alamat email satu dengan yang lainnya. Subject pengiriman alamat email adalah : CBT 3 2015_NAMA CTKI_EPS-TOPIK ID. Sebagai contoh : CBT 3 2015_AGUS BUDIMAN_0122015C9080113.

Setelah CTKI mengirimkan alamat email aktif pribadinya, maka nanti BNP2TKI akan mengirimkan User ID dan Password untuk login di g2g BNP2TKI setelah tanggal 19 Oktober 2015. Selanjutnya setelah CTKI menerima User ID Password, maka CTKI agar segera melakukan sending online.

Adapun persyaratan bentuk dokumen untuk melakukan sistem sending online bagi CTKI lulusan CBT 3 Tahun 2015 adalah sebagai berikut :

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  2. Passpor;
  3. Hasil Medical Check Up (MCU);
  4. Surat Ijin Keluarga yang sudah ditandatangani diatas materai Rp. 6000 serta diketahui oleh Lurah atau Kepala Desa. Contoh Surat Ijin Keluarga bisa dilihat pada artikel Dokumen Persyaratan Sending CTKI Korea Program EPS-Topik;
  5. Sertifikat Kelulusan Ujian EPS-Topik CBT 3 Tahun 2015;
  6. Buku Tabungan atas nama CTKI sendiri;
  7. Foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna putih;
  8. Persiapkan nomor handphone yang aktif;

Biasany semua persyaratan dokumen tersebut semuanya discan warna untuk diunggah ketika melakukan sending online. Namun sampai saat ini BNP2TKI belum memberitahukan cara pasti mengirimkan berkas sending sistem online.

Mungkin untuk sementara tulisan ini sampai disini saja dulu. Jika saya sudah mendapatkan informasi penting lainnya, Insya Allah akan dibagikan disini. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya. Salam pahlawan devisa negara …

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

11 comments

  1. Aku peserta cbt 2015. Saya sudah dapat user id. Yang jadi masalah
    Status pernikahan saya salah. Mohon bantuanya bagaimana cara benerinya

    • Tidak apa-apa mas. Yang penting Nama, Tanggal Lahir, dan Nomor KTP benar semua. Nanti coba benerin ketika sudah mendapat panggilan Prelim.

  2. Min, saya lulusan ke 4 2015.
    apakah sending online nunggu jadwal dari bnp2tki ?
    Soalnya dari pagi saya ditak bisa login.

    • Jika mas sudah mendapatkan Username dan Kata Sandi dicoba terus saja mas. Terus apakah Panitia Penyelenggara EPS-Topik ketika membagikan Sertifikat tidak berpesan apa=apa, terkait sending online?

  3. Min,saya cbt ke 3 2015,username dan password saya lupa.dan di email pun sudah kehapus semua,,apakah bisa minta lagi?

    • Tapi mas pernah membuat akun EPS-Topik tidak? Karena info data terlengkap dan akurat tentang Kemajuan Imigrasi mas hanya di akun EPS-Topik.

  4. akh supriyadi

    Mas mau tanya aku sending sudah 4bulan kok belum ada persetujuan sedangkan teman temanku sudah semua. Sbenarnya gmn prosesnya..trmakasih

    • Persetujuan data sending itu kewenangan mutlak ada di HRD-Korea. Artinya pihak Indonesia termasuk BNP2TKI tidak mempunyai hak penuh tentang proses selanjutnya.

      • akh supriyadi

        Kalau sudah 1tahun blm ada persetujuan atau masih kolom 2 apa harus sending lagi.atau nunggu sampai ad konfirmasi.. mksh

  5. mas saya lulus cbt tahun 2014 lalu dan masih berlaku sampai ahir desember tahun ini,apakah saya masih bisa mengajukan berkas lamaran sementara dulu tidak ada user id dan kata sandi untuk bisa log in. makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *