Home / Android / Berikut Adalah 7 Tips Agar Smartphone Android Yang Dipilih Sesuai Untuk Gaming

Berikut Adalah 7 Tips Agar Smartphone Android Yang Dipilih Sesuai Untuk Gaming

Smartphone Android Untuk Gaming – Pada 15 hingga 30 tahun yang lalu game memang identik dengan permainan di PC computer dan juga konsol game, tetapi saat ini kita telah masuk dalam dunia mobile, termasuk game. Semakin hari experience gaming pada mobile semakin menarik dan menyenangkan. Hal ini memang tidak terlepas dari perkembangan system mobile yang kian modern dan canggih, terutama OS Android.

Baca Juga : 8 Fitur Menarik Dan Keren Yang Tersedia Pada System Android Marshmallow

Tidak hanya itu, kemajuan hardware juga begitu pesat berkembang. Prosesor di smartphone saat ini memiliki kemampuan yang semakin mengesankan bahkan ada yang berada di atas spesifikasi PC komputer. Lalu, apa saja yang seharusnya diperhatikan agar mendapatkan Android yang cocok untuk pegangan para gamer. Berikut ini tips memilih smartphone Android untuk gaming yang tepat.

1. Kenali Prosesor dan Chipset?

Tips memilih smartphone Android untuk gaming yang pertama ialah kenali SoC (System on Chip) yang merupakan salah satu komponen yang penting dalam menopang ketika bermain game. SoC adalah otak smartphone Android. Banyak orang yang menyamakan antara prosesor dan juga SoC atau biasa juga disebut chipset. Sebenarnya bila muncul pertanyaan Android ini prosesornya apa? Maka jawabannya yaitu single core, atau dual core, atau quad core, atau hexa core, atau octa core atau juga deca core. Apabila bicara tentang chipset, barulah menyebutkan modelnya juga mereknya, jadi prosesor itu sendiri hanyalah bagian chipset. Mengetahui hal ini penting untuk memilih smartphone Android untuk gaming.

2. Benarkah Core Menentukan Performa Android?

Tips memilih smartphone Android untuk gaming selanjutnya yaitu jumlah core bukan jaminan cepatkah ataukah tidak, performa Android. Tak perlu tergiur jumlah core karena prosesor yang telah dioptimasi akan powerful daripada sekedar mementingkan jumlah.

3. Kenali Jenis Chipset

Tips memilih smartphone Android untuk gaming berikutnya perhatikanlah jenis chipsetnya. Jenis chipsetlah yang akan menentukan bagusnya performa smartphone Android.

4. Chipset Menengah Terbaru Atau Chipset Kelas Atas Lama?

Jika mengaku sebagai gamer mania, tapi terhadang oleh masalah dana maka carilah smartphone Android ber-chipset Snapdragon 810 atau pun Snapdragon 808. Sementara itu smartphone Android level harga menengah maka smartphone Android ber-chipset Snapdragon 615 dapat menjadi pilihan. Snapdragon 400 sebenarnya kurang cocok untuk aktivitas para gamer.

5. RAM dan Juga Memori Internal Ideal

Tips memilih smartphone Android untuk gaming berikutnya yaitu perhatikanlah RAM serta memori internal. Di RAM inilah tempat game-game disimpan untuk diakses prosesor dan GPU. Sementara itu memori internal sebenarnya berguna menyimpan data permanen. Agar bermain game menjadi nyaman, RAM Android saat ini biasanya minimal 2 Giga bytes tapi amat disarankan mencari RAM 3 Giga Bytes. Sementara itu untuk memori internal, minimal butuh 16 Giga Bytes, usahakanlah agar tidak kurang dari itu.

6. GPU

GPU adalah bagian penting untuk memilih smartphone Android untuk gaming. Prinsipnya GPU ini mirip CPU pada computer tetapi proses hanya berhubungan dengan grafis sebab grafis inilah yang menjadi bagian penting dari game. GPU berjalan kencang akan berikan pengalaman ngegame yang seru. GPU bertugas juga untuk pengolahan efek game. GPU yang baik akan membuat game-game lebih halus dan mantap, tidak hanya itu game juga akan penuh dengan efek-efek. Android masa kini tak perlu lagi repot mencari GPU yang bagus sebab biasanya sudah akan termasuk dalam satu paket bersama SoC. Jika chipset bagus maka GPU-nya pun juga bagus.

7. Baterai dan Layar Android

Dua komponen ini yaitu baterai dan layar adalah hal yang juga harus diperhatikan saat memilih smartphone Android untuk gaming. Agar dapat menikmati grafis game yang memukau, maka semua itu tergantung pada resolusi layar. Minimal pilihlah smartphone Android beresolusi 720 pixel dan 1080 pixel, akan lebih baik untuk game bila telah Quad HD. Dan mengenai besar atau pun jenis layar Android, maka hal itu sesuai selera. Sedangkan mengenai baterai, pilihlah smartphone Android yang berbekal baterai kapasitas 3.000 mAh.

Itulah tips memilih smartphone Android untuk gaming. Intinya adalah dapur pacu pada Android wajib bertenaga. Begitu juga memori internal serta RAM-nya harus berkapasitas besar agar game berjalan mulus. Selain itu resolusi layar serta kapasitas baterai pun harus menunjang bermain game.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *