Home / Software / 5 Software Terbaik Untuk Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

5 Software Terbaik Untuk Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

Software Terbaik Untuk Kompres Gambar – Untuk Anda yang suka upload-upload gambar di internet alangkah baiknya gambar tersebut diperkecil dulu ukurannya. Upload gambar yang sudah dikompres ukurannya bisa menghemat kuota internet serta kecepatan upload juga menjadi lebih maksimal. Lalu pertanyaannya sekarang bagaimana cara mengecilkan ukuran gambar? Tenang, disini saya akan memberikan caranya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bahkan bukan hanya sekedar mengkompres gambar saja. Yang paling penting adalah walaupun gambar tersebut sudah diperkecil ukurannya namun kualitas gambar tidak menurun.

Baca Juga : Cara Kompres Gambar Hingga 98% Dengan Modal Software Gratis

Disini saya tidak akan membahas secara rinci bagaimana cara kompres gambar karena penjelasan itu sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Disini saya hanya akan membahas software yang diperlukan untuk mengecilkan ukuran gambar. Dari sekian banyak software yang dapat diandalkan untuk kompres gambar, disini saya hanya merekomendasikan 5 software saja.

Software Terbaik Untuk Kompres Gambar 0

Software yang akan saya bahas disini diantaranya dapat Anda nikmati tanpa mengeluarkan budget sedikitpun alias gratis. Walaupun sifatnya gratis, namun kehandalannya dalam mengkompres gambar tidak bisa diragukan lagi dibanding software berbayar.

Berikut 5 Software Terbaik Untuk Kepentingan Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

1. Fileminimizer Picture

Software Terbaik Untuk Kompres Gambar 1

Software pertama yang dapat kita gunakan untuk mengecilkan gambar adalah Fileminimizer Picture. Software ini dapat kita nikmati secara gratis dan mampu menjaga kualitas gambar tidak menurun walaupun sudah kita kompres. Kita bisa mengkompres gambar dalam jumlah banyak sekaligus. Bahkan software Fileminimizer Picture sudah terintegrasi dengan akun Facebook sehingga memungkinkan kita untuk mengupload gambar hasil kompres langsung ke akun Facebook kita. Software Fileminimizer Picture mengkalim bahwa gambar akan diperkecil ukurannya hingga 98%. Walaupun software Fileminimizer Picture dapat kita nikmati secara gratis, namun kecanggihan fiturnya tidak akan kalah dengan software kompres gambar berbayar. Jika Anda penasaran, silakan langsung saja menuju website resmi software Fileminimizer Picture untuk mengdownloadnya.

2. Kraken IO

Software Terbaik Untuk Kompres Gambar 2

Untuk yang kedua ini adalah sebuah halaman website yang memungkinkan kita untuk memperkecil ukuran gambar secara online. Hampir semua ekstensi gambar seperti JPEG, JPG, PNG, GIF, dan lain-lain dapat dikompres ukurannya dengan Kraken IO. Gambar yang dikompress oleh Kraken IO akan menjadi kecil ukurannya tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri. Hebatnya lagi Kraken IO tersedia juga extension untuk digunakan di Google Chrome, dan Mozilla Firefox.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Dengan Office Picture Manager

Teknik kompres gambar dengan website online Kraken IO dibagi menjadi dua jenis, Lossless dan Lossy. Teknik mengecilkan gambar dengan metode Lossless adalah cara kompres gambar tanpa diharuskan mengubah piksel gambar. Gambar hasil kompres akan bisa dilihat langsung secara detail sehingga Anda bisa menilai sendiri dari kualitas gambar tersebut. Metode Lossless sangat mengutamakan kualitas gambar yang kita kompres sehingga kita tidak perlu takut kalau gambar akan menjadi tidak jelas/buram. Metode kedua dari Kraken IO adalah teknik kompres Lossy dimana teknik ini menggunakan algoritma khusus. Algoritma ini akan mengkompres gambar hingga menjadi ukuran gambar sekecil-kecilnya serta format dan kualitas gambar akan berbeda-beda. Penasaran? Silakan kunjungi saja website Kraken IO untuk membuktikannya.

3. PNGGauntlet

Software Terbaik Untuk Kompres Gambar 3

Software ketiga yang memungkinkan kita untuk mengkompres gambar adalah PNGGauntlet. Sesuai dengan namanya, maka software ini hanya memberikan ekstensi output gambar dalam format PNG saja. Namun untuk gambar input kita bisa menggunakan semua ekstensi gambar seperti JPG, JPEG, GIF, TIFF, dan juga BMP. Gambar format PNG hasil kompressi software PNGGauntlet akan terjaga kualitasnya walaupun size gambar menjadi berkurang.

Untuk menjalankan software ini syarat utamanya komputer Anda harus sudah menggunakan Microsoft Framework 4.0. Walaupun secara default operasi sistem Windows Anda belum menggunakan Microsoft Framework 4.0, Anda bisa memperbaruinya terlebih dahulu.

Menggunakan software PNGGauntlet Anda tidak akan menemukan kesulitan apapun. Karena software ini sangat mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula. Tampilan aplikasi yang sederhana dan user friendly tapi kaya akan fitur. Silakan untuk membuktikannya Anda bisa download PNGGauntlet di website resminya.

4. Riot

Software Terbaik Untuk Kompres Gambar 4

Software RIOT (Radical Image Optimization Tool) memiliki fungsi sama seperti software-software yang sudah diterangkan diatas. Software ini memberikan manfaat untuk keperluan kompres gambar tanpa mengurangi kualitas gambar. Anda dapat mengoptimasi gambar secara real time. Mulai sekarang Anda tidak perlu menunggu terlalu lama dalam proses upload gambar, karena jika gambar sudah dikompres dengan software Riot sizenya akan kecil sehingga proses uploadpun menjadi cepat.

Tampilan software Riot yang bersih dan sederhana sehingga akan menjadi mudah dalam menggunakannya. Anda bisa mengkompres gambar secara manual bahkan secara otomatis serta Anda akan dimanjakan dengan pengaturan kualitas sesuai kebutuhan. Silakan buktikan sendiri dengan download software Riot di website resminya.

5. JPEGmini

Software Terbaik Untuk Kompres Gambar 5

Ini adalah software terakhir dalam pembahasan kali ini. Software JPEGmini memiliki fungsi sama dengan empat software diatas yaitu mampu mengecilkan ukuran gambar tanpa merusak kualitas gambar. Algoritma yang digunakan dalam software JPEGmini menggunakan kompresi terbaru. Software ini mampu mengecilkan ukuran gambar hingga 80% dan semakin tinggi resolusi gambar aslinya maka tentunya hasil kompressi akan semakin baik juga. Anda bisa mencobanya sendiri yang nantinya gambar bisa Anda upload ke internet seperti di media sosial Facebook. Tanpa basa-basi lagi silakan Anda download software JPEGmini di website resminya.

Ok mungkin hanya itu saja artikel 5 Software Unggulan Untuk Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar. Diharapkan artikel ini ada manfaatnya dan selamat mencoba semoga berhasil. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. terima kasih infonya, belum pernah pake ke 5 sofware ini soalnya,,, jd baru tau..
    karena ane jualan yang pastinya sertakan gambar, nanti akan saya coba,
    hehee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *