Home / Software / 5 Software Untuk Membuat Screenshot Animasi ~ Membuat Gambar Bergerak

5 Software Untuk Membuat Screenshot Animasi ~ Membuat Gambar Bergerak

Software Untuk Membuat Screenshot Animasi – Pernahkan Anda melihat screenshot tampilan layar komputer yang bergerak? Screenshot yang saya maksud bukan video, tapi screenshot dalam format GIF atau animasi. Biasanya screenshot animasi ini sering kita temukan pada blog/website yang membahas tutorial. Selain itu sering juga kita menemukan gambar tampilan layar komputer bergerak di forum-forum. Dimanapun kita melihatnya, mungkin yang menjadi pertanyaan Anda sekarang bagaimana cara membuat screenshot animasi tersebut?

Baca Juga : 5 Software Terbaik Dan Gratis Untuk Membuat Screenshot Tampilan Layar Komputer

Untuk membuat screenshot tampilan komputer agar bisa bergerak seperti layaknya animasi maka kita memerlukan software khusus lagi. Kita tidak bisa mengandalkan software-software default Operasi Sistem Windows.

software-untuk-membuat-screenshot-animasi-1

Banyak software untuk membuat screenshot animasi yang bertebaran di internet, mulai dari yang berbayar (pro) hingga yang gratis (free). Masing-masing software tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Tentu saja software yang memiliki kaya fitur adalah software berbayar. Namun bukan berarti software gratis itu jelek kualitasnya. Jika kebutuhan Anda dalam membuat screenshot animasi sudah cukup lengkap terdapat didalam software gratis maka bisa dikatakan lebih baik menggunakan software gratis saja.

Berikut 5 Software Unggulan Untuk Membuat Screenshot Animasi Format GIF

Membuat rekaman tampilan layar komputer biasanya kita butuhkan untuk melengkapi pembuatan tutorial agar materi dapat tersampaikan dengan jelas kepada pembaca. Ukuran yang dihasilkan dari screenshot animasi biasanya lebih kecil daripada menayangkan video tutorial. Lalu software apa saja yang dapat kita gunakan untuk menangkap layar komputer agar bisa bergerak?

1. Camtasia

software-untuk-membuat-screenshot-animasi-2

Software pertama yang saya rekomendasikan untuk membuat screenshot animasi adalah Camtasia. Software ini sangat kaya akan fitur untuk melakukan Capture Screen tampilan layar komputer sekaligus merekamnya (record). Anda bisa menjadikan gambar animasi sebagai bahan untuk media presentasi dan sebagainya. Software Camtasia diproduksi oleh perusahaan TechSmith. Apapun aktifitas yang kita lakukan di komputer atau laptop semuanya dapat kita rekam dengan sempurna. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh software Camtasia sangat bagus sebagai bahan tutorial Anda.

Fungsi utama software Camtasia adalah memiliki kemampuan untuk menyimpan video hasil dari aktifitas record pada tampilan layar komputer. Selain bisa membuat screenshot animasi format GIF, Camtasia  juga dapat menghasilkan format video (AVI, MPG, dan WMV). Selain itu software Camtasia bisa menghasilkan dalam bentuk Macromedia Flash Player dan penyimpanan dalam bentuk HTML.

Kelebihan lain dari software Camtasia adalah ketika kita kita selesai melakukan proses record maka kita bisa melakukan pengolahan lebih lanjut agar hasil Capture Screen tampil maksimal. Untuk itu kita bisa mengedit lagi screenshot sebelum kita publikasikan. Sayangnya software Camtasia tidak bisa kita dapatkan secara gratis. Namun kalau sekedar mencoba software ini kita bisa menggunakan yang versi trial 30 hari. Selengkapnya bisa Anda lihat pada artikel Cara Membuat Screenshot Animasi Menggunakan Camtasia. Atau jika Anda ingin langsung melihat lebih lengkap fitur yang dimiliki Camtasia  bisa langsung mengunjungi situs remsinya.

2. Licecap

software-untuk-membuat-screenshot-animasi-3

Bagi Anda yang pecinta software gratis tapi legal seperti saya maka silakan gunakan Licecap untuk membuat screenshot animasi. Licecap adalah software praktis dan tergolong mudah menggunakannya. Tidak banyak langkah ketika Anda melakukan Capture Screen, Anda cukup klik Record dan Stop lalu tentukan tempat penyimpanan hasil rekaman. Kemampuan Licecap juga bisa menangkap segala aktifitas di layar komputer kemudian disimpan dalam format GIF, sehingga gambar menjadi bergerak.

Licecap sangat baik untuk digunakan pada Operasi Sistem Windows baik Windows 86bit/32bit atau 64bit. Gambar yang dihasilkan oleh software Licecap tidak kalah bagus dengan Camtasia. Kualitas gambar yang dihasilkan dari Licecap lebih dari 256 warna per frame serta rasio kompresi gambar lebih tinggi dari format GIF.

Karena Licecap ini gratis maka fiturnya kalah menarik dibanding dengan Camtasia. Kekurangan dari Licecap adalah tidak bisa kita gunakan untuk membuat video dengan format AVI, MPEG, dan sebagainya. Kemudian Anda juga tidak akan bisa merekam tampilan layar komputer berikut dengan suaranya. Kelemahan lainnya adalah kita tidak bisa melakukan pengolahan lebih lanjut setelah kita selesai Capture Screen. Dengan begitu screenshot yang dihasilkan akan apa adanya saja. Bagi yang penasaran ingin mencoba software Licecap, silakan kunjungi website resminya.

3. GifCam

software-untuk-membuat-screenshot-animasi-4

Software gratis lainnya selain Licecap adalah GifCam. Dengan GifCam kita juga bisa membuat screenshot animasi dalam format GIF. Semua aktifitas bergerak di layar Personal Computer (PC) dapat dengan sempurna terekam oleh software kecil mungil GifCam. Software GifCam dapat menghasilkan gambar GIF yang kecil tapi dengan kualitas yang jelas dan baik.

Anda tidak perlu menginstall software GifCam pada komputer, karena software ini sifatnya Portable. Dengan begitu dapat dengan mudah Anda membawa kemana-kemana yang disimpan dalam media eksternal seperti Flashdisk. GifCam sudah mendukung untuk digunakan diseluruh Operasi Sistem Windows, mulai Windows XP, Vista, 7, 8, hingga Windows 10. GifCam juga mendukung digunakan pada sistem 86bit/32bit atau 64bit.

GifCam juga memiliki kelemahan seperti halnya Licecap yaitu kita tidak bisa membuat rekaman video dan juga kita tidak bisa melakukan pengolahan screenshot. Bagi yang ingin mencobanya langsung, silakan download GifCam pada situs resminya.

4. Screen To Gif

software-untuk-membuat-screenshot-animasi-5

Aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam aktifitas di layar komputer selanjutnya adalah Screen To Gif. Dengan Screen To Gif kita juga bisa membuat screenshot animasi dan gambar yang dihasilkan cukup baik untuk dipajang di internet. Software kecil mungil dan mudah digunakan ini dapat kita nikmati secara gratis. Seperti halnya software-software screen capture gratis diatas, kalau Screen To Gif juga memiliki fitur yang terbatas. Screen To Gif tidak bisa kita gunakan untuk membuat rekaman video dan pengeditan screenshot lebih lanjut. Namun menurut saya jika tujuan Anda hanya ingin membuat gambar bergerak format GIF maka cukup menggunakan aplikasi Screen To Gif ini. Silakan Anda download Screen To Gif  pada website resminya.

5. Cropper

software-untuk-membuat-screenshot-animasi-6

Cropper adalah software terakhir yang dapat kita gunakan untuk membuat screenshot dalam format animasi GIF. Software Cropper juga dapat kita gunakan secara gratis dan legal. Dengan mengandalkan tombol Print Screen pada keyboard maka kita hanya bisa menghasilkan gambar dalam format JPG, PNG, dan BMP daja. Artinya gambar yang dihasilkan jadi tidak bisa gerak-gerak. Namun beda lagi jika Print Screen menggunakan software Cropper maka gambar bisa bergerak animasi format GIF. Selengkapnya bisa download software Cropper  disitus resminya.

Ok mungkin artikel pembahasan tentang kumpulan Software Terbaik Untuk Membuat Screenshot Animasi dicukupkan sekian saja. Silakan Anda pilih saja sendiri software mana yang kira-kira cocok dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat terutama bagi Anda yang membutuhkan referensi software untuk membuat screenshot format GIF. Jika Anda mempunyai pengalaman lain, bisa disampaikan ilmunya pada kotak komentar. Sampai bertemu lagi diartikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *