Home / Software / 5 Software Terbaik Dan Gratis Untuk Membuat Screenshot Tampilan Layar Komputer

5 Software Terbaik Dan Gratis Untuk Membuat Screenshot Tampilan Layar Komputer

5 Software Untuk Membuat Screenshot Komputer – Apapun keperluannya, jika ingin hasil Print Screen lebih berkualitas lagi maka kita perlu menggunakan software. Dalam membuat screenshot tampilan layar komputer tidak cukup dengan hanya mengandalkan fitur default Windows, yaitu hanya dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard. Banyak kelemahannya jika hanya mengandalkan fitur default Windows tersebut, seperti kita tidak bisa mengambil gambar kursor mouse. Dengan begitu jika kita ingin menghasilkan screenshot yang maksimal maka kita perlu menggunakan software lagi yang khusus untuk memenuhi keperluan tersebut.

Baca Juga : Cara Print Screen (ScreenShot) Tampilan Komputer Sekaligus Dengan Kursor Mouse

Dengan menggunakan software maka Anda bisa menangkap sesuka hati apapun yang tampil di layar komputer atau laptop. Hasil screenshot dapat disimpan dalam berbagai format gambar seperti JPG, PNG, dan BMP yang kemudian gambar tersebut bisa Anda bahan untuk keperluan apapun.

Software Untuk Membuat Screenshot Komputer (1)

Berikut Adalah 5 Software Terbaik Untuk Membuat Screenshot Tampilan Layar Komputer

Software-software pilihan yang akan saya bagikan disini adalah software yang dapat kita nikmati secara gratis dan legal. Meskipun tersedia juga untuk versi berbayarnya (pro) namun menurut saya menggunakan versi gratispun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kita dalam membuat screenshot.

Baca Juga : Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak) Dengan Mudah

1. PicPick

Software Untuk Membuat Screenshot Komputer (2)

Software pertama yang khusus untuk membuat screenshot tampilan layar komputer adalah PicPick. Ini adalah software yang paling saya sukai dan saya juga sering menggunakan PicPick ketika ingin membuat screenshot untuk melengkapi tutorial di blog. Kelengkapan fitur yang dimiliki software PicPick patut Anda jajal kemampuannya. Dengan PicPick kita bisa mengambil gambar pada bagian tertentu saja atau screenshot penuh yang bisa digeser semaunya (scrolling). PicPick mampu menangkap tampilan kursor pointers mouse dengan sempurna. Di PicPick Anda bisa mengatur tombol shortcut keyboard otomatisnya, dimana tombol otomatisnya adalah dengan menekan tombol Print Screen.

Jika Anda menggunakan software PicPick ketika ingin membuat screenshot maka setelah Anda menakan tombol Print Screen pada keyboard maka secara otomatis hasil tangkapan layar akan terbuka pada software PicPick. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pengolahan gambar sesuai kebutuhan. Silakan download PicPick pada website resminya.

2. Screen Hunter

Software Untuk Membuat Screenshot Komputer (3)

Software kedua yang saya rekomendasikan untuk mengambil tampilan layar komputer adalah Screen Hunter. Software ini dapat Anda miliki tanpa harus mengeluarkan budget alias gratis. Gambar yang dihasilkan oleh software Screen Hunter sangat bagus untuk Anda gunakan sesuai kebutuhan. Screen Hunter mempunyai kemampuan bisa menangkap tampilan fullscreen komputer, Windows Aktif, Windows Clien, dan sebagainya. Tampilan user interface Screen Hunter sangat sederhana sehingga kita dapat dengan mudah menggunakannya. Di Screen Hunter juga Anda bisa mengatur Hot Key sesuka hati. Dengan begitu tidak hanya tombol Print Screen keyboard saja yang dapat digunakan untuk membuat screenshot. Semua tombol keyboard dapat buat menjadi Hot Key (Keyboard Shortcut).

Meskipun Screen Hunter dapat kita gunakan secara gratis dan legal, namun untuk menikmati fitur yang lebih banyak lagi kita meski upgrade Screen Hunter ke versi pro. Screen Hunter sudah mendukung untuk Operasi Sistem semua versi, mulai dari Windows Me, 98, 2000, XP, Vista, 7, 8, hingga Windows 10. Untuk download Screen Hunter silakan Anda kunjungi situs resminya.

3. Gadwin Printscreen

Software Untuk Membuat Screenshot Komputer (4)

Software gratis selanjutnya yang saya rekomendasikan untuk membuat screenshot adalah Gadwin Printscreen. Di Gadwin Printscreen kita dapat mengambil screenshot tampilan komputer yang sangat fleksibel serta dilengkapi dengan berbagai fitur gratis. Software Gadwin Printscreen sangat user friendly sehingga tidak begitu rumit untuk menggunakan software ini. Seperti kedua software diatas, Gadwin Printscreen juga kita diberi kewenangan untuk mengatur tombol pintas atau hot key. Gadwin Printscreen dapat bekerja dengan sempurna baik pada Operasi Sistem Windows 86bit/32bit atau 64bit. Untuk membuktikannya kehebatan software Gadwin Printscree, silakan download di situs resminya.

4. Techsmith Jing

Software Untuk Membuat Screenshot Komputer (5)

Pilihan software selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk menangkap aksi layar komputer adalah Techsmith Jing. Selain mengeluarkan Camtasia Studio, Techsmith juga memproduksi software untuk membuat screenshot. Dengan Techsmith Jing kita bisa mengedit gambar seperti menambahkan keterangan dan sebagainya. Walaupun tampilan sangat sederhana namun kecanggihan Techsmith Jing tidak bisa diragukan lagi meskipun gratis. Untuk menginstall Techsmith Jing kita meski upgrade Microsoft NET Framework, kecuali jika Windows yang kita gunakan adalah Windows 8 dan Windows 10. Selengkapnya silakan download software Techsmith Jing di situs resminya.

5. MW Snap

Software Untuk Membuat Screenshot Komputer (6)

MW Snap adalah software terakhir dalam pembahasan pembuatan screenshot komputer. Seperti software-software yang sudah dibahas diatas bahwa MW Snap juga mempunyai kemampuan untuk membuat dan menyimpan screenshot di komputer. Sayangnya untuk melengkapi seluruh fitur canggih dari software MW Snap kita meski rela mengeluarkan budget untuk membelinya. Dengan memiliki versi pro maka kita bisa mengatur hot key dan tidak perlu upgrade driver. Kelemahan dari software MW Snap adalah tidak dilengkapi dengan fitur untuk pengolahan gambar lanjutan dan juga pengaturan hot key sangat terbatas. Buktikan sendiri dengan download MW Snap di situs resminya.

Ok selamat mencoba 5 Software Untuk Membuat Screenshot Tampilan Komputer. Dan mungkin artikel ini saya cukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *