Home / Software / 10 Software Wajib Install Di Komputer & Laptop Setelah Install Ulang Windows

10 Software Wajib Install Di Komputer & Laptop Setelah Install Ulang Windows

10 Software Wajib Install Di Komputer – Jika kita membeli komputer atau laptop baru tentunya program didalamnya belum lengkap. Apalagi jika kita membeli komputer rakitan, jangankan program namun Windows-nya juga belum terpasang. Pasti kita bingung program apa kiranya yang harus kita install di komputer atau laptop baru tersebut? Program apa saja yang sekiranya penting dan sering digunakan orang lain? Maka dari itu disini saya akan memberikan penjelasan beberapa software komputer yang wajib kita install di komputer atau laptop baru. Tanpa program-program ini maka kita akan kesulitan dalam mengoperasikan komputer.

Baca Juga : Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD

Walaupun kita wajib menginstall program-program di komputer atau laptop, namun bukan berarti kita dapat semena-mena menginstall setiap program apapun. Terlalu banyaknya program yang di install di komputer tanpa memperhitungkan spesifikasi komputer itu sendiri maka bisa menimbulkan kinerja kecepatan komputer menurun.

10 Software Wajib Install Di Komputer

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Komputer Paling Mujarab

Setelah kita selesai menginstall komputer dengan Operasi Sistem misal Windows, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek driver komputer. Umumnya jika kita sudah melakukan install ulang Windows maka perlu memperbarui atau menginstall driver. Misal driver yang harus di install adalah VGA, Sound, PCI, dan sebagainya. Biasanya dalam menginstall driver, kita memerlukan CD Motherboard. Namun untuk mempermudah sebaiknya Anda menggunakan software Driverpack Solution saja.

Berikut 10 Software Wajib Install Di Komputer Atau Laptop Anda Setelah Install Ulang Windows

Software apa saja yang wajib kita install di komputer atau laptop? Disini saya mengelompokkan kedalam 10 software saja. Itupun jika komputer atau laptop Anda sudah terhubung ke internet. Jika belum, kemungkinan akan lebih sedikit. Jadi disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

1. AntiVirus

Begitu Anda selesai menginstall ulang Windows dan sudah memperbarui driver-driver yang dibutuhkan maka langkah selanjutnya sebelum Anda menginstall program lainnya adalah dahulukan menginstall AntiVirus. Untuk AntiVirus bebas, silakan Anda pilih sendiri AntiVirus mana yang menurut Anda akan mampu menjadi security komputer atau laptop Anda. Anda bisa menggunakan AntiVirus berbayar atau yang gratis. Namun sebaiknya setelah Anda selesai menginstall AntiVirus cek dulu kehandalan AntiVirus apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Baca Juga : Download AVG Free Edition 2016 Terbaru Offline Installer Windows All Version

2. Microsoft Office

Software Microsoft Office mungkin sudah tidak asing lagi dipendengaran Anda. Program yang satu ini merupakan program yang wajib kita install di komputer. Hampir semua komputer yang tidak ketinggalan dengan terinstallnya program Microsoft Office. Betapa tidak dengan adanya program Microsoft Office maka hampir semua pekerjaan kita dalam mengoperasikan komputer akan terbantu.

Microsoft Office adalah sebuah perangkat lunak yang umumnya sangat dibutuhkan untuk dunia perkantoran. Didalam program Microsoft Office tersimpan satu paket aplikasi yang terdiri dari Office Word, Office Excel, Office PowerPoint, Office Access, Office Publisher, dan sebagainya. Dengan begitu jika kita menginstall program Microsoft Office maka akan memberikan banyak keuntungan dalam membantu pengerjaan pengoperasian komputer.

3. Adobe Photoshop

Mungkin hanya sebagian saja yang mengenal program yang satu ini. Namun tidak bisa diragukan lagi kelengkapan fitur Adobe Photoshop dalam hal untuk memenuhi kebutuhan desain grafis.

Adobe Photoshop atau yang sering disebut lagi dengan Photoshop adalah sebuah perangkat lunak buatan Adobe Systems. Program ini khusus dibuat dan dikembangkan untuk pengolahan editing foto, manipulasi foto, pembuatan efek, dan sebagainya.

Umumnya Adobe Photoshop sangat diperlukan bagi orang yang menekuni bidang kerja desain grafis. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi orang kantoran, mahasiswa juga akan membutuhkan program yang satu ini.

4. CorelDRAW

Apa itu CorelDRAW? Program CorelDRAW adalah perangkat lunak yang dibuat dan dikembangkan oleh Corel di Ottawa. CorelDRAW adalah program berbasis editor vektor dan juga sering dibuat program andalan bagi mereka yang menekuni pekerjaan di bidang desain grafis. CorelDRAW pertama kali ada pada tahun 2008 atau tepatnya pada tanggal 23 Februari 2008.

Jika Anda yang mempunyai hobi menggambar maka wajib untuk menginstall program CorelDRAW. Karena dengan CorelDRAW kita bisa membuat kartu undangan, kartu nama, banner, logo, dan masih banyak lagi.

Kelebihan gambar yang dihasilkan oleh program CorelDRAW adalah bahwa gambar tidak akan blur atau pecah walaupun gambar kita setting kedalam tingkat resolusi paling rendah. Dalam pengoperasiannya CorelDRAW dirancang khusus dengan tool-tool yang mudah dioperasikan oleh tingkat pemula sekalipun.

5. WinRAR

Apakah Anda sudah mengenal apa itu program WinRAR? Jika belum WinRAR adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai media kompresi dan pengarsipan. File yang telah diarsipkan dengan WinRAR akan menjadi format RAR atau ZIP. Dengan WinRAR kita bisa membuat ukuran file menjadi lebih kecil lagi sehingga kita bisa menghemat space harddisk. Bahkan kabarnya file yang diarsipkan dengan WinRAR maka AntiVirus-pun tidak akan bisa mendeteksi isi file tersebut.

Kapasitas software WinRAR tidaklah besar. Sehingga tidak akan menghabiskan space harddisk Anda. WinRAR akan kita butuhkan jika kita ingin mengirim email yang didalamnya terdiri dari beberapa file. Masih banyak lagi kegunaan WinRAR hingga software ini bisa dikatakan software wajib yang harus kita install di komputer.

Baca Juga : Terbukti Dengan Aplikasi Ini Bisa Membobol Password WinRAR Dengan Mudah

6. NitroPDF

Jika kita ingin membuka file PDF maka kita akan membutuhkan software khusus untuk membuka file PDF tersebut. Banyak tersedia di internet software untuk membuka file PDF. Salahsatu contohnya software gratis untuk membuka file PDF adalah Adobe Reader. Namun disini saya merekomendasikan agar Anda menggunakan software NitroPDF. Alasannya karena software ini fiturnya sangat lengkap dalam hal memenuhi kebutuhan file format PDF. Dengan NitroPDF kita bisa membuka file PDF, membuat file PDF, convert file PDF, dan masih banyak lagi.

7. Media Players

Walaupun secara default Windows sudah menyediakan media players untuk memutar video atau mp3, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menginstall software lain. Menggunakan media players bawaan Windows memang tampilannya kurang menarik. Solusinya Anda bisa menginstall media players lain seperti GOM Player, Media Player Classic, Winamp, dan sebagainya.

Biasanya software media players seperti ini kapasitasnya sangat kecil sehingga tidak akan mengganggu kinerja kecepatan komputer Anda. Silakan Anda tinggal memilih sendiri mau media players apa yang akan diinstallkan di komputer.

8. CCleaner

Agar kinerja komputer atau laptop Anda menjadi lebih optimal lagi, silakan Anda install software CCleaner. Walaupun software ini tersedia dengan gratis, namun kehandalannya dalam mengoptimalkan komputer Anda tidak bisa diragukan lagi.

CCleaner bekerja untuk membersihkan registry komputer yang kalau terus dibiarkan maka akan menurunkan kinerja kecepatan komputer. Komputer yang selalu kita hidupkan dan matikan maka lama-lama akan menimbulkan sampah. Setiap kita membuka program, browser, dan sebagainya hal ini akan menimbulkan cache, sampah, dan history. Jika dalam kurun waktu lama kita biarkan maka pada akhirnya space harddisk akan penuh. Bahkan kinerja kecepatan komputer akan turun atau menjadi lambat.

Untuk mengatasi itu semua silakan Anda installkan software CCleaner di komputer atau laptop Anda. Selain itu selalu rajin Anda melakukan Cleanup dan Defragment komputer dengan aplikasi bawaan Windows.

9. WEB Browser

Ini adalah software tambahan saja. WEB Browser adalah software yang biasa kita gunakan untuk menjelajah dunia maya (internet). Jika komputer atau laptop Anda sudah terhubung ke internet maka sebaiknya installkan software WEB Browser. Walaupun secara default Windows sudah menyediakan aplikasi WEB Browser (Internet Explorer), namun menurut pengalaman saya lebih enak menggunakan WEB Browser pihak ketiga.

WEB Browser dapat kita nikmati secara gratis. Anda bisa menggunakan WEB Browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, Safari, dan sebagainya.

10. Download Manager

Seperti halnya point 9 diatas, jika komputer Anda sudah terhubung ke internet tidak ada salahnya untuk menginstall software download manager. Secara default setiap WEB Browser sudah menyediakan fitur download managernya. Namun tetap saja agar kinerja download menjadi lebih maksimal lagi disarankan untuk menggunakan download manager pihak ketiga. Sebagai rekomendasi Anda bisa menggunakan Download Manager IDM atau Internet Download Manager.

Ok mungkin hanya itu tulisan tentang 10 Software Wajib Install Di Komputer & Laptop. Untuk software-software lainnya silakan Anda sesuaikan saja dengan spesifikasi komputer dan kebutuhan Anda. Banyaknya program yang terinstall di komputer tidak selamanya bagus jika memang hanya akan menambah beban loading komputer.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *