Home / Android / 7 Solusi Ampuh Untuk Mengatasi HP Android Kena Virus Agar Kembali Normal

7 Solusi Ampuh Untuk Mengatasi HP Android Kena Virus Agar Kembali Normal

Mengatasi HP Android Kena Virus – Hp Anda mengalami gangguan operasional karena virus? Tenang saja, karena akan ada solusi dalam mengatasi hp kena virus. Kalau sudah terkait dengan virus, pastinya akan ada sangkut pautnya dengan proses booting pada hp. Entah bermasalah, operasional yang lambat, atau bahkan hp tidak bisa menginput data. Masalah-masalah seperti ini akan mengganggu kenyamanan pengguna ponsel karena tingkat sistemnya sudah mulai berkurang. Oleh karenanya, berikut akan disampaikan terkait bagaimana cara mengatasi hp yang terinveksi virus.

Baca Juga : 6 Tips Keren Memilih Antivirus Android Untuk Melindungi Smartphone Anda

Cara Ampuh Mengatasi HP Kena Virus

Secara umum, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi virus yang menyerang pada hp. Hal ini dilakukan untuk kembali menyeterilkan sistem hp dari segala jenis virus. Dan cara tersebut adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke Safe Mode

Melalui cara ini akan ada kemungkinan bahwa hp bisa beroperasi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem. Ketika Anda berada di safe mode, semua aplikasi yang diinstal akan hilang. Namun jangan khawatir, hal itu hanya terjadi pada waktu itu juga ketika berada di safe mode.

Oleh karena itu saat berada di safe mode, Anda akan lebih mudah untuk mengecek dan membersihkan data-data yang sekiranya mencurigakan. Cara masuk di safe mode adalah tekan tombol power dan volume secara bersamaan ketika proses booting.

2. Cek aplikasi di Safe Mode

Mengecek kembali lebih detail aplikasi yang terinstall pada hp, dengan cara masuk ke menu pengaturan kemudian klik Apps dan Tab downloaded. Dari sini semua aplikasi akan terdeteksi, aplikasi yang bukan bawaan hp tidak akan muncul. Tapi berhubung hp terserang virus, maka sistem akan memunculkan aplikasi pihak ketiga yang belum pernah di download sebelumnya pada fitur safe mode ini.

3. Instal Antivirus

Jika hp sudah terkena virus dengan serangan yang belum cukup berat, maka bisa diatasi dengan melakukan instal pada antivirus. Proses awal dari instal virus ini biasanya adalah scanning. Dimana dalam proses scanning ini akan memunculkan file-file mana saja yang terkena virus. Setelah itu Anda bisa melakukan proses pembersihan pada file tersebut.

Baca Juga : 10 Antivirus Android Terbaik Paling Ampuh Untuk Usir Virus Dari Android

4. Hapus file-file atau aplikasi yang mencurigakan

Terkadang hp yang secara tiba-tiba mendownload file atau aplikasi dengan sendirinya, sebenarnya hal itu sudah ada identifikasi kalau hp tersebut telah terserang virus. Akan lebih baik jika ada file yang tidak teridentifikasi atau mencurigakan, segera untuk dihapus agar tidak terlalu menyebar ke seluruh sistem hp. Karena ditakutkan file-file itu justru akan mengganggu sistem operasionalnya hp.

5. Batasi dalam mendownload aplikasi yang tidak terlalu penting

Tidak semua aplikasi jika di pasang di hp akan cocok, tetapi ada juga beberapa aplikasi yang nantinya malah akan membuat hp menjadi lambat. Hp yang kebanyakan aplikasi juga akan membuat kualitas aktivitas hp akan berkurang. Terlebih lagi kalau aplikasi yang di download adalah aplikasi bajakan, itu akan sangat mempengaruhinya. Jadi bagi Anda pengguna smartphone, berhati-hatilah dengan tawaran instal aplikasi tak berbayar karena terkadang didalamnya sudah diselipkan dengan virus-virus yang berbahaya.

6. Menghilangkan hak akses administrator pada aplikasi yang mencurigakan

Disaat semua aplikasi yang mencurigakan sudah terdeteksi dan tidak bisa di uninstall, maka harus melalui akses administrator. Cara untuk melakukan proses administrator adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu setting dan carilah aplikasi yang mencurigakan di application setting
  2. Kemudian masuk kembali ke menu setting dengan klik security dan pilih device administrator.
  3. Hilangkan simbol centang administrator untuk menghilangkan akses administratornya.
  4. Lalu Anda bisa mengecek kembali aplikasi yang mencurigakan dan melakukan uninstall.

7. Log out dari Safe Mode pada HP

Apabila semua prosedur untuk menghilangkan virus sudah dilakukan dan virusnya sudah bisa diuninstall, maka Anda bisa keluar dari safe mode. Langkah untuk keluar dari safe mode adalah merestart kembali hp seperti biasa, kemudian tunggu sejenak maka hp akan kembali normal dan tidak ada virus lagi yang terdeteksi.

Jadi bagi Anda yang hpnya terkena virus, jangan gelisah karena berbagai alasan. Karena cara untuk mengatasi hp kena virus diatas bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda melakukan penginstallan pada aplikasi-aplikasi di hp. Kalau memang memang tidak terlau berani menginstall sendiri, akan lebih baik jika diserahkan kepada orang yang lebih profesional.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.