Home / Teknologi / Kenapa Komputer Bisa Hidup Sendiri Setelah Shutdown? Ini Dia Solusi Tepatnya

Kenapa Komputer Bisa Hidup Sendiri Setelah Shutdown? Ini Dia Solusi Tepatnya

Solusi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown – Pernahkan Anda mengalami komputer atau laptop hidup sendiri padahal sudah dimatikan (shutdown)? Normalnya komputer atau laptop ketika diperintah shutdown harus mati. Komputer atau laptop hanya akan nyala otomatis ketika kita perintah restart. Jika komputer atau laptop hidup sendiri padahal sudah di shutdown berarti ada masalah. Kemungkinan masalahnya ada di software atau bahkan terletak di hardware. Namun umumnya masalah komputer hidup sendiri setelah di shutdown adalah ada di hardware, dan disini saya akan mencoba memberikan solusi terbaiknya.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer & Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Ketika komputer atau laptop Anda tidak mau mati meski sudah di shutdown jangan dulu panik atau cepat-cepat membawanya ke tempat service. Anda coba praktikkan dulu trik yang akan saya bahas disini. Berdasarkan pengalaman saya sendiri komputer atau laptop tidak mau mati bisa terselesaikan dan kembali normal.

Solusi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown (1)

Berikut Cara Mengatasi Komputer Hidup Sendiri Meski Sudah Di Shutdown

Ada 3 solusi kemungkinan yang dapat kita lakukan untuk memecahkan komputer hidup sendiri. 3 masalah ini terletak pada perangkat keras komputer atau hardware, diantaranya :

1. Masalah Terletak Di Power Supply

Solusi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown (2)

Solusi pertama coba Anda gantikan Power Supply komputer dengan Power Supply lain yang diangga masih bagus. Karena kemungkinan komputer hidup sendiri masalahnya ada di Power Supply. Jika tidak ada Power Supply lain coba Anda tes kerusakan Power Supply.

Baca Juga : Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

2. Kemungkinan Masalahnya Ada Di Kabel Power SW

Solusi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown (3)

Silakan Anda cek kabel Power SW yang terhubung dari casing ke motherboard. Kemungkinan kabel Power SW adalah masalahnya, cek apakah ada kabel yang bengkok atau tidak. Untuk memastikan apakah kabel Power SW masih bagus atau tidak, coba Anda cabut saja kabel Power SW-nya. Kemudian Anda coba nyalakan komputer dengan cara manual yaitu dengan menghubungkan suite power dengan obeng atau benda lainnya yang dapat menghantarkan listrik.

3. Periksa BIOS Komputer

Solusi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown (4)

Kemungkinan selanjutnya bisa jadi masalahnya ada pengaturan BIOS komputer. Silakan Anda cek BIOS dengan menekan Delete/F2/lainnya pada keyboard (tergantung settingan BIOS komputer) ketika komputer dinyalakan. Lihat pengaturan Power Management Setup, apakah ada yang salah atau tidak. Jika Anda tidak paham dengan pengaturan BIOS, cara gampangnya adalah atur saja BIOS ke settingan default dengan menekan F9 pada keyboard.

Baca Juga : Cara Mudah Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD

Jika ketiga cara diatas sudah Anda praktikkan namun komputer masih saja nyala sendiri ketika di shutdown silakan Anda keluarkan semua perangkat keras komputer dari dalam cassing. Kemudian coba Anda nyalakan tanpa menggunakan cassing. Kemungkinan masalahnya adalah terjadi konslet antara motherboard dengan cassing  atau terjadi grounding. Atau bisa saja posisi RAM/Memori tidak pas dengan socketnya.

Baca Juga : Cara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer Windows Ga Pake Lama

Semua cara diatas sudah dipraktikkan tapi hasilnya tetap nihil, maka solusi terakhir adalah membawa komputer ke tempat service. Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Mengatasi Komputer Hidup Sendiri Setelah Di Shutdown. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *