Home / Teknologi / Bingung Komputer Cocok Untuk Game? Inilah Spesifikasi Komponen PC Gaming

Bingung Komputer Cocok Untuk Game? Inilah Spesifikasi Komponen PC Gaming

Spesifikasi Komponen PC Gaming – Game merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres, bahkan terdapat juga ajang/kuis berhadiah bagi pemainnya. Tidak heran banyak sekali yang suka bermain game, salah satunya game dengan menggunakan PC atau Personal Computer.

Baca Juga : Laptop Gaming Asus FX-Laptop Gaming Pilihan Cerdas Harga Terjangkau

Namun tidak semua PC mampu memainkan game dengan baik, maka dari itu terdapat PC ganding yang khusus dan mendukung kegiatan gaming. Lantas apa saja spesifikasi yang baik untuk komponen PC gaming? Berikut kami sajikan daftarnya :

1. VGA

Kartu grafis atau yang sering disebut dengan istilah VGA juga sangat berpengaruh terhadap visualisasi video game yang anda jalankan. Apabila VGA tidak mendukung, maka game akan terlihat kurang nyata dan tentunya akan menimbulkan sensasi yang kurang memuaskan. Sebaliknya apabila grafis mumpuni maka visualisasi game akan terlihat nyata dan tentunya enak dipandang mata.

Untuk itu kami menyarankan kartu grafis VGA dari pengembang yang sangat terkenal Nvidia. MSI GPU Nvidia seri terbaru yang sangat recommended adalah seri GTX 1050. Kapasitas memory VGA ini juga tidak tanggung-tanggung yaitu sebesar 2 Gb dan telah memiliki kemampuan lebar jalur data sebesar 128 bit.

Tidak hanya itu, untuk GTX versi 950 saja telah mengusung interface terbaru yaitu GDDR5. Kelebihan Nvidea dari versi 1000nya adalah hanya mengonsumsi daya yang rendah. Bahkan Direct X versi 12 juga telah didukung oleh MSI GTX 1050 OC.

2. Processor

Dari segi otak komputer terutama processornya kami menyarankan menggunakan procieprocessor generasi terbaru dari SkylakeCore i7 6700. Processor ini telah dibkali dengan 4 buah Inti Core (QuadCore) yang memiliki kecepatan masing-masing intinya 3.4 Ghz. Tidak hanya itu procie juga dilengkapi 8 ThreadCorehaswellseries menggunakan soket LGA 1151. Bahkan Procie juga telah mendukung memori DDR4.

3. Memory

Bermain game juga akan berpengaruh terhadap memory RAM, RAM dalam bermain game biasanya akan berdampak pada kelancaran game. Apabila RAM tidak mendukung maka game akan cenderung patah-patah alias Loa, dan ini tentunya sangat mengesalkan. Kami menyarankan anda menggunakan RAM CosairVengeance LPX. RAM CosairVegencea LPX ini sangat recommended, selain itu RAM besutan Cosair ini juga mengususng teknologi interface DDR4. Kecepatan memory singlet modulnya mampu mencapai hingga 2133 Mhz dengan kapasitas 8 Gb.

4. Motherboard

Motherboard merupakan hal yang tidak kalah penting karena merupakan tempat peletakkan komponen PC gaming. Sangat disarankan untuk menggunakan Socket LGA 1151 dan chipsetH110M yang telah mampu mendukung berbagai jenis processor.  Mulai dari Intel Core i3, cor i5, baka hingga cor i7 Skylake dan Kraby Lake series.

Tidak hanya itu, bahkan H110M Grenade juga sudah mendukung dengan memory DDR4 yang mampu memiliki kecepatan 2.133 Mhz yang hanya bisa dicapai dalam mode Overlock.

5. Harddisk

Harddisk sangat berperan dalam penyimpanan segala data game. Sangat disarankan menggunakan teknologi HDD terbaru SATA III 6 Gbps yang memiliki 4 slot. Hal terakhir yang jugamerupakan komponen PC ganding terpenting adalah PCI Ekspres. PCIe Versi 3 kecepatan x16 juga telah disematkan pada teknologi ini.

Tentu saja soket VGA juga mampu mendukung GraphicCard dengan teknologi terbaru. Dengan menggunakan komponen ini, anda akan merasakan sensasi teknologi ganding Intel Core i7. Namun masih adadua komponen yang belum disematkan yaitu OpticalDrive dan SSD atau Solid State Drive. SSD sendiri sangat berpengaruh terhadap kelancaran dari kinerja komputer secara keseluruhan.

6. Cooler

Cooler atau pendingin sebenarnya sudah ada di dalam paket PC. Namun bermain game yang memakan waktu lebih dari 15 menit anda sebaiknya mengganti dengan cooler yang dibeli secara terpisah dan khusus.

Terdapat 2 jenis kipas pendingin untuk PC yaitu yang menggunakan sirkulasi air dan kipas pendingin udara. Yang biasa kita dapatkan secara langsung dalam paket PC adalah pendingin udara karena memang lebih murah. Sedangkan Water cooling memiliki harga yang lebih mahal dan tentunya memiliki kualitas yang lebih baik.

Sangat penting cooler ini karena sangat berpengaruh dengan suhu komponen PC gaming. Tentu saja akan berpengaruh dengan keawetan komponen PC gaming.

Baca Juga : 7 Game Android Edukatif Yang Dapat Memberikan Nilai Positif Untuk Anak

Demikian beberapa spesifikasi untuk komponen PC gaming yang tentunya sangat memanjakan setiap gamersnya. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. Terimakasih.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. PSU penting juga gan, apalagi untuk pc gaming harus pilih yang berkualitas kalo bisa yang sudah sertifikasi 80+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.