Home / Pendidikan / Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah

Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah

Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah – Standar Operasi dan Prosedur yang sering disingkat SOP wajib dimiliki oleh setiap jenjang Madrasah atau Sekolah. SOP dibuat selama lima tahun sekali oleh Kepala Madrasah/Sekolah. Dengan dibuatnya Standar Operasi dan Prosedur (SOP) maka Madrasah akan senantiasa terjaga konsisten serta level kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya. Untuk menghindari serta antisipasi kesalahan dalam praktek kerja di Madrasah, SOP bisa dijadikan acuan dasar. Karena memang SOP itu isinya mencakup skenario kedepan seluruh elemen delapan standar yang menjadi pilar utama keberhasilan pendidikan.

Baca Juga : Contoh Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah

Tujuan Dan Manfa’at Madrasah Membuat Standar Operasi Dan Prosedur (SOP)

Tujuan utama Madrasah atau Sekolah membuat Standar Operasi dan Prosedur adalah agar Madrasah memiliki struktur skenario yang jelas selama lima tahun kedepan. Rancangan Madrasah kedepan semua dituangkan dalam SOP tersebut. Dan yang harus dibuat dalam rancangan SOP mencakup seluruh elemen delapan standar, seperti Standar Isi, Standar Proses, dan lain-lain. Dari masing-masing standar dibuat uraian lagi sesuai dengan kebutuhan Madrasah dalam memenuhi semua kegiatan yang biasa dilakukan. Contoh yang mencakup Standar Isi adalah Madrasah perlu menyusun SOP pembuatan Kalender Pendidikan, dan SOP penyusunan Kurikulum.

Standar-Operasi-Dan-Prosedur-(SOP)-Madrasah

Selanjutnya dengan membuat Standar Operasi dan Prosedur (SOP) maka semua anggota Dewan Madrasah akan mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing. Karena didalam SOP sudah ditentukan peran serta anggota Dewan Madrasah demi menunjang suksesnya pendidikan yang mereka kelola. Jika SOP dibuat dengan tepat, maka semua dewan guru akan mengetahui jenis tugas-tugasnya yang akan mereka perbuat. Sehingga pelaksanaan pembelajaran akan mempunyai acuan yang terarah, tidak asal-asalan. Guru akan paham alur tugas serta wewenangnya apa saja selama membaktikan diri di Madrasah.

Setelah melihat uraian diatas, maka jelaslah banyak manfa’at yang akan diraih jika Madrasah membuat Standar Operasi dan Prosedur (SOP). Singkatnya SOP itu adalah semacam skenario film, dan sutradaranya adalah Kepala Madrasah. Guru bisa dengan mudah melakukan praktek mengajarnya setelah mempelajari SOP. Semua hambatan-hambatan selama bekerja di dunia pendidikan akan mudah dilacak, setelah hambatan tersebut dirasakan sesuai dengan pengalaman.

Standar Operasi dan Prosedur (SOP) itu tidak baku. Jadi jika dikemudian hari SOP telah diaplikasikan dan terdapat kekurangan, maka SOP tersebut bisa diperbaiki lagi sesuai dengan kebutuhan. Atau SOP bisa juga lebih dilengkapi lagi jika memang dibutuhkan.

Bagaimana Cara Membuat Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah?

Untuk memudahkan Anda jika memang Madrasah yang Anda kelola belum memiliki SOP, maka dibawah ini saya akan berbagi file contohnya. File tersebut format dokumen (.doc). Artinya nanti Anda bisa melakukan perubahan data (edit) seperlunya, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. File .doc SOP ini gratis, Anda bisa download sepuasnya. SOP yang saya bagikan tersebut hanya untuk SOP Madrasah tingkat dasar saja, atau Madrasah Ibtidaiyah.

Selamat menikmati hidangan Standar Operasi Dan Prosedur (SOP). Semoga bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

13 comments

  1. info cukup menarik mas, perlu diketahui kepala sekolah madrasah..
    untuk membangun madrasah tersebut agar lebih baik..

  2. bagus sekali mas artikelnya.. semoga saja ini dibaca oleh kepala Madrasah yang ada di Indonesia ya mas…..

  3. Bermanfaat sekali untuk yang ingin membangun madrasah baru :) atau yang ingin melengkapi SOP nya

    • Iya mas, semoga tulisan ini bermanfa’at terutama bagi mereka yang bingung bagaimana membuat SOP.

  4. SOP memang diperlukan di instansi apa saja mas… contoh SOP madrasah ini pasti bermanfaat bagi mereka yang bergelut di dunia pendidikan tingkat madrasah :)

    • Setiap lembaga pasti membutuhkan SOP. Bahkan dalam kehidupan sehari-haripun kita perlu SOP. Karena SOP itu intinya adalah perencanaan untuk meraih masa depan yang lebih terarah. Mungkin yang bedanya hanya prosedurnya saja.

  5. kalau di saya SOP itu untuk mengerjakan sesuatu yang ruti sering dilakukan. Misa cara mengajar atau cara meberikan pengajaran atau cara mebuat bakso.
    kalau yang buat tahunan, atau 5 tahunan di saya namanya rencana kerja.
    Beda mungkin ya kalo di saya.

  6. SYUKRON ATAS ILMUNYA MAS, TERUS TERANG SAYA SEBAGAI KEPALA SEKOLAH BARU MASIH MERABA-RABA TENTANG SOP, DENGAN ADANYA INFO DARI MAS ADMIN SAYA JADI TERBANTU. SEKALI LAGI SYUKRON WA JAZAAKUMULLAH KHAIRAN

  7. Mantaps

    Terima Kasih Infonya

    Memang SOP sangat diperlukan sekali bagi kita yang ingin lebih tertib dan teratur dalam mengerjakan kegiatan. SOP merupakan panduan kerja yang memang dapat diwariskan dari tahun ke tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *