Home / WordPress / Sebaiknya Hindari 5 Teknik Black Hat SEO Ini Jika Blogmu Tidak Ingin Lenyap Di Google

Sebaiknya Hindari 5 Teknik Black Hat SEO Ini Jika Blogmu Tidak Ingin Lenyap Di Google

5 Teknik Black Hat SEO Yang Dilarang Google – Agar sebuah situs bisa optimal maka tidak akan terlepas dari ilmu SEO. Ada dua jenis ilmu SEO dimuka bumi ini, yaitu white hat SEO dan black hat SEO. Kedua-duanya sama yaitu untuk meningkatkan performa situs di mata mesin pencari. Namun perlu kita ketahui diantara kedua jenis ilmu SEO itu ada salah satu yang dilarang Google untuk kita gunakan. Teknik SEO seperti apakah yang dilarang Google? Ya, benar! Teknik Black Hat SEO-lah yang tidak diijinkan Google untuk kita gunakan.

Baca Juga : Info Rahasia Cara Meningkatkan SEO WordPress

Kenapa Black Hat SEO dilarang Google lalu apa itu teknik Black Hat SEO? Black Hat SEO adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh siapa saja demi untuk meningkatkan performa situs di mesin pencari dengan cara melakukan penipuan atau kecurangan. Maksudnya menipu dan curang bagaimana? Ya mungkin menipu dan curang terhadap mesin pencari dan juga pembaca. Umumnya teknik Black Hat SEO ini akan cepat sekali berdampaknya pada sebuah situs. Maka daripada itu banyak sekali terutama blogger pemula tergiur untuk menempuh jalan pintas yaitu meningkatkan performa blognya di SERP dengan cara ini. Cepat sih cepat naiknya, tapi cepat juga turunnya ….

5 Teknik Black Hat SEO Yang Dilarang Google

Dulu sih tahun 2000 kebelakang metode Black Hat SEO sangat aman dan bisa jadi merupakan teknik SEO cepat yang paling diandalkan. Namun setelah Google memelihara Google Sandbox dan Google Panda secara perlahan teknik ini menghilang.

Lalu apa itu White Hat SEO? Ya kebalikan dari Black Hat SEO atau teknik SEO yang diperbolehkan oleh Google. Teknik SEO yang wajar kita lakukan dan sedikitpun tidak ada unsur menipu dan bertindak curang, itulah White Hat SEO.

Seperti Apa Saja Teknik Black Hat SEO atau Trik SEO Yang Dilarang Google Itu?

Menurut para master SEO diluar sana jenis Black Hat SEO itu banyak sekali. Namun menurut saya yang paling penting adalah hanya 5 teknik saja. Jika Anda penasaran ingin tahu teknik Black Hat SEO lainnya, silakan jalan-jalan di Google aja.

1. Doorway Pages

Setiap halaman website atau blog tentunya tidak akan sama performanya dan tentunya harapan semua orang jika halaman situs rendah perlahan bisa merangkak naik di mata mesin pencari. Namun jika penerapan SEO pada halaman kualitas rendah ini menggunakan cara optimasi kata kunci spesifik lalu mengarahkan pembaca untuk menuju ke situs lain yang berbeda, maka inilah teknik yang di larang Google. Kegiatan ini termasuk Black Hat SEO dan Google menilai cara ini sudah memanipulasi mesin pencari dan juga pembaca karena mesin pencari dan pembaca tanpa sepengetahuannya telah dialihkan ke halaman situs yang bukan sebenarnya untuk dikunjungi.

2. Cloaking

Teknik Cloaking juga termasuk teknik Black Hat SEO dan itu adalah tindakan yang melanggar hukum Google. Umumnya teknik Cloaking diterapkan dengan memasang script atau kode khusus ke dalam situs. Bukti situs telah menggunakan teknik Cloaking adalah situs tersebut telah melakukan praktik penyajian konten yang berbeda dari yang sebenarnya. Teknik Cloaking akan mengarahkan mesin pencari dan pengguna ke sebuah halaman situs lain yang sama sekali bukan situs yang dicari oleh pengguna. Biasanya teknik ini juga akan membuat konten terpisah yaitu satu untuk mesin pencari dan satu untuk pengunjung. Semua ini dirancang seolah-olah berbeda.

3. Keyword Stuffing

Keyword memang penting, tapi kalau keyword yang berlebihan bisa berdampak buruk pada pringkat situs kita. Buang jauh-jauh anggapan kalau membuat keyword secara terus menerus dan berulang-ulang pada artikel baik itu jenis frase yang sama dengan artikel akan membuat konten situs menerobos dan bertahan lama di SERP. Teknik keyword stuffing adalah salah satu tindakan Black Hat SEO dan memang diantaranya masih banyak yang melakukannya hingga sekarang. Sedikitpun teknik pembuatan kata kunci yang berlebihan dan sama sekali kata kunci itu tidak relevan maka tidak akan mampu untuk meningkatkan ranking situs di SERP. Malah praktik ini lama kelamaan akan membuat situs kita lenyap di Google dan entah kemana.

Segala bentuk manipulasi apapun dari tindakan keyword stuffing ini dilarang Google. Contoh lainnya adalah dengan membuat daftar kata-kata keyword incarannya baik itu yang disisipkan pada tag atau tabel dalam jumlah besar yang dimaksudkan akan sangat bermanfaat untuk pengguna.

4. Hidden Text

Mungkin dengan membuat keyword teks tersembunyi (hidden text) maksudnya adalah untuk menghilangkan jejak pembaca dan juga mesin pencari. Percuma kita lakukan teknik dengan menyembunyikan tulisan, karena saat ini Google sudah sangat pintar untuk membaca situs pelaku kecurangan seperti ini. Umumnya teknik menyembunyikan teks dilakukan dengan memberi warna pada huruf sama dengan latar belakang (background). Pembaca yakin tidak akan tahu dan akan menganggap bahwa konten tersebut adalah berkualitas dan relevan. Tapi untuk mesin pencari lain lagi, teknik ini sama saja ujung-ujungnya akan ketahuan.

5. Spam Backlinks

Tidak dapat dipungkiri kalau kekuatan backlink saat ini masih berdampak baik bagi perkembangan performa situs. Namun tentunya backlink yang mana dulu yang bisa menyulap situs di SERP? Tentunya yang menang adalah backlink yang berkualitas dan natural yang akan mampu bisa mempertahankan ranking situs di mesin pencari. 1 backlink berkualitas dalam perhari masih jauh lebih baik dibanding 1000 backlink kualitas spam dalam sehari.

Seperti apakah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas? Contohnya seperti menjadi penulis tamu di blog lain, karena dengan menjadi guest blogger biasanya kita akan mendapatkan backlink berkualitas dari pemilik blognya. Aktif di forum-forum yang memperbolehkan menautkan link pada signature juga bisa dikategorikan sumber backlink berkualitas. Selebihnya silakan Anda cari di Google apa saja selain itu contoh-contoh backlink yang berkualitas?

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Teknik Black Hat SEO Yang Harus Dihindari. Apapun alasannya jangan sekali-kali mencoba untuk menggunakan teknik Black Hat SEO jika memang kita serius dalam mengurus blog. Pedih juga rasanya blog yang kita rawat berbulan-bulan, bertahun-tahun, namun pada akhirnya harus lenyap diperederan mesin pencari. Pepatah mengatakan, alon-alon asal kelakon. Salam sukses dan semoga bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *