Home / Teknologi / Seperti Apakah Teknologi Rumah Masa Depan? Berikut Sedikit Gambarannya

Seperti Apakah Teknologi Rumah Masa Depan? Berikut Sedikit Gambarannya

5 Teknologi Untuk Rumah Masa Depan – Anda pasti pernah menonton film Hollywood yang menampilkan rumah dengan berbagai peralatan canggih di dalamnya. Misalnya mengontrol rumah dengan segala peralatan di dalamnya hanya menggunakan satu remote saja. Ada pula peralatan rumah tangga yang langsung terkoneksi dengan internet. Penghuninya hanya perlu mengontrol rumah melalui smartphone saja.

Baca Juga : 5 Software Gratis Terbaik Untuk Desain Rumah (Home Designer) 3D Fitur Lengkap

Di jaman yang modern seperti sekarang ini, semua bisa dibuat oleh manusia, dan berita baiknya sekarang sudah ada perusahaan di luar negeri yang berhasil memproduksi teknologi rumah masa depan tersebut. Berikut akan dijelaskan 5 teknologi untuk rumah masa depan. Silakan dibaca dengan seksama sebagai referensi untuk Anda dalam melengkapi perabotan rumah.

1. The Clapper

The calpper merupakan teknologi canggih untuk rumah yang bisa mengatur lampu dengan tepukan tangan. Dengan menggunakan the clapper Anda dapat menyalakan dan mematikan lampu yang ada dalam rumah hanya dengan tepukan tangan saja.

Mengapa bisa demikian? Karena the clapper adalah alat pengaktivasi yang berbasis suara, jadi alat tersebut bekerja dan sangat sensitif terhadap suara tepukan tangan.

Mulai tahun 1986 alat tersebut sudah dijual bebas di sekitar Amerika Serikat. Namun sayang sekali belum begitu populer untuk negara Indonesia. Jadi, untuk Anda yang merasa malam bangun ketika pagi hari untuk mematikan lampu, silakan tepukkan saja tangan Anda dari atas tempat tidur sambil tetap tidur. Sangat mudah bukan?

2. Menyalakan Benda Elektronik dengan Menunjuk Jari

Jika the clapper bisa menyalakan lampu dengan tepukan tangan, maka beda lagi dengan teknologi canggih untuk rumah yang kedua ini. Fitur canggih PointSwitch dari PointGrab memungkinkan Anda untuk mengatur semua peralatan elektronik yang ada di rumah dengan menggunakan jari. Caranya mudah sekali. Silakan menunjukkan jari Anda ke alat tersebut, maka peralatan elektronik akan nyala dengan cepat.

PointGrab bisa bekerja dengan jarak hingga 15 kaki, bisa juga bekerja dengan keadaan gelap, namun tentu saja dengan jarak yang agak dekat. Alat ini akan segera beredar tahun ini. Anda dapat melihat video tutorial dan informasi lengkapnya melalui websitenya yang resmi. Teknologi canggih untuk rumah mempermudah segala urusan rumah tangga.

3. Robot Pembersih Rumah

Dari namanya saja pasti sudah bisa ditebak apa fungsi dari teknologi rumah masa depan yang satu ini. Perusahaan Ecova mengeluarkan robot yang bisa membantu tugas rumah tangga, seperti Winbot sebagai robot pembersih.

4. Pencahayaan Rumah Diatur Sesuai Mod Penghuninya

Perusahaan Philips saat ini sedang mengeluarkan salah satu produk canggihnya yang mana juga termasuk dalam teknologi rumah masa depan, yaitu Philips Hue. Dengan teknologi aplikasi yang dihubungkan dengan smartphone, Anda dapa mengatur warna lampu sesuai dengan keinginan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan timer sehingga Hue bisa menjadi alarm Anda saat bangun pagi. Jika Anda lupa mematikan lampu, silakan matikan dari mana saja melalui smartphone.

5. Mengganti Kunci Rumah dengan Smartphone

Teknologi canggih untuk rumah yang selanjutnya adalah Lock it torn. Di masa depan, Anda sudah tak perlu adanya gembok lagi untuk mengunci pintu. Karena cukup dengan smartphone dan fitur Lock it Torn, maka rumah Anda pasti aman. Ada sebuah alat yang dipasang di sekitar rumah, nah alat tersebut dapat mendeteksi smartphone yang biasa Anda gunakan.

Dengan fitur tersebut, Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika sewaktu-waktu ada orang asing yang ingin masuk ke dalam rumah Anda. kemudian Anda juga dapat mengeceknya secara langsung melalui smartphone jika lupa mengunci rumah, kemudian Anda juga bisa mengunci rumah dari jarak jauh ketika Anda memang sedang terlupa.

Teknologi yang diperkenalkan tak hanya teknologi canggih untuk rumah saja, ada pula teknologi yang digunakan untuk sebuah kantor, apartemen, atau cafe, yakni detektor asap dari sebuah suara, yang disebut dengan Halo. Perangkat tersebut menggabungkan antara detektor asap dengan alarm karbon monoksida menjadi satu.

Peringatan dengan adanya suara akan memberitahu Anda secara otomatis ketika Halo mendeteksi adanya masalah. Halo juga bisa langsung dihubungkan ke smartphone Anda dengan aplikasi tertentu, sehingga dimanapun Anda berada, pasti tak akan ketinggalan informasi. Halo juga bisa digunakan untuk mendeteksi adanya bencana alam seperti badai.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *