Home / Teknologi / Komputer Anda Lelet Kinerjanya? Lakukan 5 Tips Berikut Agar Kinerja Komputer Meningkat

Komputer Anda Lelet Kinerjanya? Lakukan 5 Tips Berikut Agar Kinerja Komputer Meningkat

5 Tips Agar Kinerja Komputer Meningkat – Kinerja komputer menurun bukan berarti spesifikasi komputer rendah. Walaupun spesifikasi komputer termasuk alasan bahwa penyebab kinerja komputer lambat, namun bukan hanya itu saja alasannya. Ada penyebab lainnya yang bisa menimbulkan kinerja komputer melambat. Bahkan spesifikasi komputer tinggi-pun jika dalam penggunaannya salah kaprah bisa menyebabkan kinerjanya menurun. Dan tentunya percuma saja mempunyai komputer atau laptop yang spesifikasinya tingkat tinggi tapi kinerjanya tidak sesuai dengan spesifikasi tersebut. Untuk itu coba lakukan beberapa trik dan tips yang akan saya bahas disini yang bisa menyebabkan kinerja komputer Anda lebih kencang lagi.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Komputer Paling Mujarab

Mempunyai komputer yang kinerjanya cepat tentunya akan sangat membantu dalam penyelesaian tugas komputer. Kita bisa lebih menghemat waktu yang ada dan tentunya tidak akan terlalu menghabiskan beban tagihan listrik. Sebelum Anda memutuskan dan mempunyai anggapan bahwa komputernya yang rusak, sebaiknya simak dulu artikel cara agar kinerja komputer meningkat ini sampai selesai.

5 Tips Agar Kinerja Komputer Meningkat (1)

Komputer spesifikasi rendah jika kita gunakan dengan tepat maka kinerjanya akan maksimal. Lalu bagaimana cara memastikan bahwa penggunaan komputer sudah benar atau belum?

Berikut 5 Cara Agar Kinerja Komputer Meningkat Walaupun Spesifikasi Komputer Rendah

1. Pastikan Selalu Menggunakan Software Yang Update

Alasan pertama kenapa kinerja komputer kita bisa menurun adalah karena komputer telah menggunakan software usang (off out date). Sebaiknya Anda selalu mengupdate software yang telah diintruksikan pihak developernya. Sebagai contoh software yang harus selalu diupdate adalah Anti Virus. Waktu update setiap Anti Virus selalu berbeda-beda, ada yang seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan ada yang setiap hari. Kenali dan pelajari waktu update Anti Virus yang Anda gunakan. Anti Virus yang sudah kadaluarsa masa berlakunya maka tidak akan efektif lagi dalam menjaga komputer dari serangan virus. Sedangkan jika komputer sudah terkena virus maka tentunya bisa menyebabkan kinerja komputer menurun.

Apalagi jika komputer Anda tidak dipasang Anti Virus, maka sangat beresiko mudahnya terinfeksi virus. Sebagai pilihan Anda bisa menggunakan Anti Virus gratis seperti AVG, Avira, atau Microsoft Security Essentials.

Contoh lain software yang meski diupdate adalah driver-driver. Gunakan driver komputer terbaru agar kinerja komputer Anda meningkat. Sedangkan untuk sistem operasi seperti Windows Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer saja. Pelajari apakah spesifikasi komputer Anda sudah mendukung OS Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 belum. Jika ketiga OS tersebut tidak mendukung apa salahnya menggunakan OS Windows XP saja, jangan memaksakan kehendak.

2. Pasang Aplikasi CCleaner

5 Tips Agar Kinerja Komputer Meningkat (2)

Apa itu apliaksi CCleaner? CCleaner adalah software gratis yang fungsinya untuk membersihkan file history komputer hingga membersihkan file regsitry. CCleaner juga bisa kita gunakan untuk membersihkan cache saat kita berselancar di internet. Semua file-file sampah tidak penting secara otomatis akan dibersihkan oleh aplikasi CCleaner. File tidak berguna selain akan menyesakkan space hardisk dan juga bisa menyebabkan kinerja komputer kurang optimal.

Aplikasi CCleaner mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga memungkinkan tidak akan menghabiskan resource komputer Anda. Tampilan yang sederhana sehingga aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi CCleaner mempunyai 4 menu utama untuk meningkatkan kinerja komputer, yaitu : Cleaner, Registry, Tools, dan Options.

Selain versi gratis, aplikasi CCleaner juga tersedia yang berbayar (pro). Ada dua jenis aplikasi CCleaner pro, yaitu : CCleaner Profesional dan CCleaner Profesional Plus. Untuk CCleaner Profesional kita cukup mengeluarkan budget $24.95 sedangkan untuk CCleaner Profesional Plus dibandrol seharga $39.95. Lebih jelasnya lagi Anda bisa langsung melihatnya sendiri di situs resmi aplikasi CCleaner.

3. Install Aplikasi Anvir Task Manager

5 Tips Agar Kinerja Komputer Meningkat (3)

Aplikasi gratis selanjutnya yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kinerja komputer adalah aplikasi Anvir Task Manager. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk menonaktifkan setiap program yang aktif ketika komputer dinyalakan (startup). Karena biasanya terlalu banyak program yang aktif di layanan startup maka bisa membebani komputer ketika dinyalakan dan dioperasikan.

Sistem kerja Anvir Task Manager hampir mirip dengan aplikasi bawaan Windows yaitu Task Manager. Dimana jika kita ingin mengaktifkan Task Manager Windows adalah cara cepatnya dengan cara menekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard. Aplikasi Anvir Task Manager memungkinkan kita untuk bisa memantau software mana saja yang dapat menghabiskan daya CPU dan Memori sehingga kinerja komputer menurun. Bahkan aplikasi Anvir Task Manager akan menampilkan grafik bandwith dari yang terpakai.

Walaupun tampilannya mirip dengan Task Manager bawaan Windows, namun fitur yang dimiliki oleh aplikasi Anvir Task Manager ini lebih lengkap lagi. Banyak informasi yang akan kita ketahui dengan menggunakan Anvir Task Manager, seperti : penggunaan CPU, penggunaan drive oleh software, pemakaian daya baterai (untuk laptop), dan bisa memantau koneksi internet untuk grafik download dan upload.

Hebatnya lagi aplikasi Anvir Task Manager ini mempunyai fitur yang bisa menghapus virus, spyware, trojan, dan malware. Anvir Task Manager bisa menganalisa prilaku mencurigakan dari aplikasi yang kita gunakan di komputer berdasarkan coding virus itu sendiri.

Selain yang gratis, aplikasi Anvir Task Manager juga tersedia yang versi berbayarnya. Untuk versi pro Anvir Task Manager dibandrol seharga $ 49.95. Dan tentunya versi pro akan lebih kompatible dengan komputer Anda untuk bisa lebih meningkatkan lagi kinerja komputer. Selengkapnya bisa dilihat di situs resminya Anvir Task Manager.

4. Install Software Process Explorer

5 Tips Agar Kinerja Komputer Meningkat (4)

Komputer Anda lambat kinerjanya bisa dibantu menganalisanya dengan menggunakan softawer Process Explorer. Anda akan mendapatkan informasi yang akurat software apa saja yang bisa menguras habis pemakaian dari CPU sehingga kinerja komputer menurun menggunakan Process Explorer. Software buatan Mark Russinovich ini bisa kita dapatkan secara cuma-Cuma (gratis). Fungsi Process Explorer hampir sama dengan aplikasi Anvir Task Manager.

Software kecil mungil ini manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan performa komputer Anda dengan cara pengoperasinnya yang mudah. Selengkapnya silakan Anda download software Process Explorer di situs resminya.

5. Bersihkan Perangkat Komputer Dari Debu

Solusi terakhir yang bisa menyebabkan kinerja komputer menurun adalah adanya debu di perangkat Anda. Pengaruh debu ini selain bisa menurunkan kinerja komputer, jika tingkat ketebalan debu sudah banyak bisa menyebabkan komputer mati total. Untuk jika silakan luangkan waktu Anda sebentar untuk membersihkan debu terutama debu yang berada di Motherboard.

Baca Juga : Dengan Mencuci Motherboard Dapat Memperbaiki Motherboard Yang Rusak Mati Total

Ok mungkin hanya itu saja 5 Trik Agar Kinerja Komputer Meningkat. Semoga tulisan ini bisa membantu Anda yang mempunyai keluhan dengan kinerja komputer yang mendadak menurun. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *