Home / Teknologi / Suka Belanja Online? Berikut Tips & Trik Agar Belanja Online Aman Tidak Mudah Tertipu

Suka Belanja Online? Berikut Tips & Trik Agar Belanja Online Aman Tidak Mudah Tertipu

Tips Belanja Online Aman Tidak Mudah Tertipu – Tahun 2016 menjadi tahun milenium dimana semua orang bisa berbelanja dengan mudah, praktis, dan cepat hanya melalui smartphone. Asal ada jaringan internet, dimanapun dan kapanpun Anda ingin belanja, maka semua pasti terpenuhi. Seperti yang sudah banyak dikenal, di Indonesia sudah menjamur berbagai macam online shop dari skala kecil hingga besar.

Anda sebagai konsumen tinggal memilih ingin belanja di online shop yang mana.

Sayangnya ada pihak tertentu ayng secara curang memanfaatkan online shop untuk meraih keuntungan dengan cara yang tidak baik. Banyaknya kasus penipuan saat belanja melalui online shop membuat sebagian besar orang was-was. Melalui artikel ini Anda akan diberikan beberapa tips belanja online aman.

1. Belanja di Toko Online yang Resmi dan Terpercaya

Ttips belanja online aman yang pertama adalah memilih online shop yang terpercaya dan sudah terbukti kredibel. Toko online yang terpercaya pasti sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Ciri dari toko tersebut adalah banyak direkomendasikan oleh semua orang. Dengan memilih toko online terpercaya, maka rasa khawatir dengan adanya penipuan bisa lebih kecil jika dibandingkan dengan belanja di toko online yang belum jelas.

2. Kenali Terlebih Dahulu Produk yang Akan Dibeli

Tips belanja online aman yang kedua adalah kenali dulu spesifikasi produk yang akan Anda beli. Misalnya ketika Anda membeli kamera DSLR. Sebaiknya browsing dulu melalui internet mengenai kamera tersebut.

3. Pilih Pembayaran dengan Metode COD

COD merupakan singkatan dari Cash on Delivery, maksudnya adalah metode transaksi jual beli online tetapi pembayarannya secara langsung dengan cara penjual dan pembeli bertemu. Jadi tips belanja online aman yang ketiga silahkan memilih metode COD jika toko online menyediakannya. Metode COD lebih aman, karena Anda bisa meneliti barang terlebih dahulu, lalu membayarnya.

4. Gunakan Jasa Rekening Bersama

Saat harus melakukan transaksi pembayaran melalui transfer, maka pilihlah jenis rekening bersama. Rekening bersama ini sebagai jasa penengah antara penjual dan pembeli. Tips belanja online aman ini untuk meminimalisir penipuan, sebab uang yang Anda transfer ditahan dulu oleh rekening bersama. Jika barang yang dibeli sudah sampai, maka rekening bersama akan memberikan uang tersebut ke penjualnya.

5. Jangan Langsung Tergiur dengna Harga Murah dan Diskon

Tips belanja online aman selanjutnya yaitu hati-hati dengan pemberian harga murah. Terkadang ada toko online tertentu yang menawarkan harga miring hingga setengah lebih murah dari harga yang normal. Anda jangan tergiur dan langsung memborongnya. Kenali dulu toko onlinenya. Kadang harga yang murah juga berhubungan dengan kualitas barang yang diberikan. Untuk apa harga murah, namun kualitas buruk? Hanya bisa digunakan satu bulan, lalu barangnya rusak. Pasti hanya terasa membuang uang kan?

6. Simpan Bukti Transaksi

Semua bukti transaksi yang berhubungan dengan belanja yang Anda lakukan simpanlah terlebih dahulu hingga barang datang sebagai tips belanja online aman yang terakhir. Jika transfer melalui ATM, maka struk bukti simpan dulu. jika lewat internet banking, maka bukti transfer bisa di scereenshoot saja, begitu pula yang lainnya.

Baca Juga : Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan & Kekurangannya

Belanja online memang menjadi kegemaran semua orang, baik remaja, dewasa hingga orang tua. Semua itu bukannya tidak berdasar, karena memang sangat praktis, tak perlu lelah berkeliling mencari barang, tinggal pilih dan klik. Namun Anda juga harus waspada dengan adanya penipuan, sehingga untuk mencegah, terapkanlah tips belanja online aman yang telah dijelaskan tersebut.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Wow terima kasih sudah membantu, belanja online memang banyak resikonya. Mungkin bisa lebih diperjelas tentang COD karena biasanya pembayaran selalu diminta di-awal transaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *