Home / Photoshop / 7 Tips Dan Trik Yang Wajib Anda Tahu Untuk Mempercepat Proses Kerja Di Photoshop

7 Tips Dan Trik Yang Wajib Anda Tahu Untuk Mempercepat Proses Kerja Di Photoshop

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu – Selain beberapa pengaturan Photoshop yang wajib ditampilkan, untuk mempermudah ketika proses editing di Photoshop disini saya mempunyai trik khusus. Tips dan trik Photoshop ini mampu mempercepat pengerjaan Anda ketika proses kerja menggunakan Adobe Photoshop. Tentunya dengan menggunakan beberapa trik berikut akan lebih menghemat lagi waktu pengerjaan. Tips dan trik Photoshop ini merupakan trik yang paling sering digunakan.

Baca Juga : Cara Sederhana Membuat Kartu Nama Keren Dengan Menggunakan Photoshop

Tips dan trik Photoshop yang wajib Anda tahu ini saya kelompokkan menjadi 7. Sebenarnya masih banyak, namun 7 trik ini merupakan yang paling sering digunakan. Insya Allah dilain kesempatan akan saya tambah lagi trik Photoshopnya.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (0)

Berikut 7 Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Pahami Untuk Mempercepat Proses Kerja

1. Memperkecil dan Memperbesar Hardness serta Diameter Brush

Dua elemen ini sangat penting kita kuasai dan merupakan yang paling sering kita aplikasikan dalam proses editing di Photoshop. Hardness (kepekatan) dan Diameter (ukuran) merupakan pengaturan Brush Tool di Photoshop. Biasanya kita dalam mengatur untuk memperkecil dan memperbesar Hardness serta Diameter Brush selalu menggunakan dengan cara klik kanan lalu menggeser nilai pengaturannya. Untuk mempercepat dalam memperbesar dan memperkecil Diameter Brush cara cepatnya kita bisa menekan tanda kurawal buka dan tutup pada keyboard ‘{}‘. Kurawal buka untuk memperbesar diameter Brush dan sebaliknya bisa menggunakan kurawal tutup.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (1)

Kemudian langkah mudah lainnya dalam memperbesar dan memperkecil Diameter Brush serta Hardness adalah dengan cara menekan lalu tahan tombol Shift+Alt pada keyboard, setelah itu drag Brush Tool (B) ke kanan dan ke kiri untuk memperbesar serta memperkecil diameter Brush. Untuk mengatur nilai Hardness, drag Brush ke bawah dan ke atas.

2. Auto Select dan Show Transform Controls

Adobe Photoshop memiliki fitur Auto Select, dimana fungsinya adalah untuk memudahkan kita dalam pengerjaan editing. Jika fitur Auto Select ini kita aktifkan maka semua objek yang kita klik secara otomatis akan terseleksi di Layer Palette. Selain Auto Select terdapat juga fitur Show Transform Controls, dimana fungsinya untuk menandai objek yang terpilih. Fitur Show Transform Controls dapat kita gunakan untuk memperbesar dan memperkecil, menggeser, dan merotasi objek. Kedua fitur ini dapat kita lihat dan rasakan jika objek yang kita edit sudah diubah kedalam Palette Layer bukan Index atau Background. Dan juga kita dapat mengaktifkannya setelah memilih/mengaktifkan Move Tool (V). Untuk mengaktifkan Auto Select dan Show Transform Controls dapat kita temukan di Control Bar dengan cara mencentang/menchecklistnya.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (2)

3. Menyimpan Styles

Setiap kita melakukan pengerjaan objek di Photoshop maka akan tersimpan dalam bentuk Style. Langkah-langkah editing di Photoshop merupakan hasil sekumpulan Style yang tersimpan. Mungkin kita memerlukan Style yang telah kita buat untuk kita terapkan dalam dokumen objek yang berbeda. Maka daripada itu untuk memudahkan pengerjaan lain sebaiknya Style tersebut kita simpan. Cara menyimpan Style cukup mudah, silakan Anda klik ganda (double klik) pada layer yang mempunyai Style yang ingin Anda simpan.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (3)

Nanti akan muncul jendela baru dan Anda klik pilih New Styles. Beri nama Style yang ingin Anda simpan, contoh Style Saya. Dengan begitu kini Anda sudah mempunyai Styles baru yang tersimpan dan menyatu dengan Styles Photoshop lainnya. Suatu saat Anda tinggal menggunakannya saja.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (4)

4. Copy dan Paste Layer Styles

Selain dapat kita simpan, Layer Styles juga dapat kita duplikat atau copy paste. Cara ini kita lakukan jika Style tertentu ingin kita terapkan juga pada Layer lainnya dalam satu pengerjaan atau objek. Untuk copy paste Layer Styles caranya cukup mudah, Anda tinggal klik kanan pada layer yang Style-nya ingin diduplikat. Kemudian Anda pilih Copy Layer Styles. Setelah itu Anda klik kanan lagi pada Layer yang Anda tempelkan Style dan klik pilih Paste Layer Styles.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (5)

Selain cara diatas, kita juga bisa melakukannya dengan cara menekan dan menahan tombol Alt pada keyboard. Kemudian kita drag Style ke Layer yang ingin pasang Style hasil duplikat. Dengan melakukan cara ini maka proses copy paste Layer Styles akan lebih cepat.

5. Menampilkan dan Menyembunyikan Layer

Anda sudah tahu bagaimana cara menyembunyikan Layer? Mungkin selama ini kita menyembunyikan dan menampilkan Layer dengan cara klik ikon gambar mata pada Palette Layers. Ya betul, namun ada cara yang lebih cepat lagi jika Layer yang ingin kita sembunyikan dan tampilkan jumlahnya banyak. Cara cepatnya adalah dengan menekan dan menahan tombol Alt pada keyboard lalu arahkan kursor mouse pada ikon gambar mata Layer dan klik. Dengan begitu semua Layer yang semula tampil akan sembunyi kecuali Layer yang ikon gambar matanya kita klik tadi. Untuk menampilkan kembali Layer yang sembunyi adalah dengan mengulangi langkah tadi dan arahkan kursor mouse pada ikon gambar mata yang tampil.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (6)

6. Mengatur Nilai Opacity Dengan Cepat

Biasanya kita dalam mengatur nilai Opacity adalah dengan menggeserkan kursor mouse ke kiri dan kenan atau dengan mengetikkan angkanya secara langsung pada kolom Opacity di Palette Layers. Ada cara cepatnya untuk mengatur nilai Opacity ini yaitu dengan cara mengaktifkan Layer yang mau diubah nilai Opacity-nya kemudian menekan angka di keyboard dengan nilai angka yang ingin kita tentukan. Jika ingin menentukan dua nilai angka misal 50, maka pertama menekan angka 5 kemudian angka 0 secara cepat.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (7)

7. Mengaktifkan Seleksi Layers Secara Cepat

Awalnya kita jika ingin menyeleksi Layers adalah dengan menggunakan Magic Wand Tool (W) atau Quick Selection Tool (W). Ya betul sekali dengan kedua Tool tersebut kita bisa menyeleksi Layer jika Layer yang ingin kita seleksi hanya beberapa bagian saja. Namun jika kita ingin menyeleksi semua Layers ada cara cepatnya yaitu dengan cara tekan dan tahan Ctrl pada keyboard lalu klik pilih thumbnail Layers yang ingin kita seleksi.

Tips Dan Trik Photoshop Yang Wajib Anda Tahu (8)

Baca Juga Artikel Keren Lainnya Untuk Mempercepat Proses Editing Di Photoshop

Baca Juga Artikel Keren Lainnya Untuk Mempercepat Proses Editing Di Photoshop

Ok mungkin hanya itu saja tulisan sementara tentang 7 Tips Dan Trik Photoshop Yang Harus Anda Tahu demi untuk memudahkan proses editing di Adobe Photoshop. Semoga dengan menerapkan 7 tips dan trik ini proses pengerjaan Anda di Photoshop menjadi lebih cepat lagi. Apakah Anda mempunyai tips dan trik Photoshop lainnya? Silakan share di kolom komentar yang sudah disediakan. Sampai bertemu lagi dia artikel keren lainnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *