Home / Pendidikan / Jangan Panik! Berikut 10 Tips Jitu Hadapi Sidang Skripsi Yang Perlu Kamu Tahu

Jangan Panik! Berikut 10 Tips Jitu Hadapi Sidang Skripsi Yang Perlu Kamu Tahu

Tips Jitu Hadapi Sidang Skripsi – Ada beberapa tips jitu hadapi sidang skripsi yang wajib kamu tahu agar sidangmu berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah datang ke tempat sidang sebelum waktu yang ditentukan untuk mempersiapkan setiap hal yang diperlukan dalam sidang.

Baca Juga : 9 Tips Mengikuti Wawancara Kerja Dengan Baik Agar Sukses Bisa Diterima

Nah, sisa waktunya dapat digunakan untuk menenangkan diri menghadapi sidang. Selain itu, masih ada beberapa tips lain. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Persiapkan Diri Dan Materi Dengan Baik

Kamu harus benar-benar mempersiapkan diri dan juga materi dengan baik sebelum sidang. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menanyakan hal-hal yang belum dipahami kepada dosen jauh hari sebelum sidang. Selain itu, sebisa mungkin pada hari-hari mendekati sidang, sudah tidak ada hal yang perlu kamu tanyakan lagi kepada dosen pembimbing. Dengan demikian, kamu akan lebih percaya diri dan tidak grogi saat akan menjalani sidang.

2. Memahami Naskah Skripsi Dengan Baik

Saat sidang skripsi, akan banyak pertanyaan dari dosen penguji. Tak jarang yang ditanyakan oleh dosen bukan yang tak terprediksi sebelumnya. Oleh karena itu, kamu wajib memahami naskah skripsi yang kamu buat dengan baik. Untuk memudahkanmu, kamu bisa membuat catatan kecil tentang naskah skripsi yang kamu buat.

3. Jangan Begadang Dan Jaga Kondisi Tubuh

Tak sedikit mahasiswa yang akan sidang terlalu semangat belajar naskah skripsi sampai begadang di malam hari. Namun, akan lebih baik jika kamu tidak melakukan hal ini. Mengapa demikian? Sebab, menjaga kesehatan lebih utama. Jika kamu selalu begadang, bukan tidak mungkin kamu akan jatuh sakit.

Apakah kamu terbiasa begadang di malam hari? Jika iya akan lebih baik jika kamu menghentikan kebiasaan buruk tersebut sebelum sidang. Paksa tubuh dan matamu agar beristirahat maksimal pukul 22.00 WIB. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih sehat dan segar saat bangun di pagi hari. Nah, jika kondisi tubuhmu dalam keadaan prima, kamu akan lebih mudah menjawab  berbagai pertanyaan dari dosen penguji.

4. Berlatih Presentasi Dengan Teman

Presentasi bukanlah hal asing bagi mahasiswa. Sebab, hal ini seolah sudah menjadi makanan utama dalam bangku perkuliahan. Dengan demikian, kamu akan merasa biasa jika melakukan hal yang sama di depan dosen penguji. Tidak terbiasa presentasi saat kuliah atau belum handal dalam presentasi? Tenang, kamu bisa bekerjasama dengan teman-teman sejawatmu untuk melatih keterampilan berbahasa dan kepercayaan diri saat tampil di depan dosen. Hal ini sangat membantumu untuk menyiapkan mental menghadapi sidang skripsi.

5. Banyak Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Tips jitu hadapi sidang skripsi selanjutnya adalah banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Jika tubuh mendapat asupan makanan bergizi, maka otak akan bekerja dengan baik. Dengan demikian, kamu tentu dapat menjawab pertanyaan dari para dosen penguji dengan optimal.

6. Siapkan Handout Presentasi

Tips selanjutnya adalah menyiapkan handout materi yang akan kamu presentasikan. Hal ini dapat membantu kamu ketika sidang skripsi, khususnya saat presentasi. Ketika tidak terjadi hal yang diinginkan seperti mati listrik atau ada kendala lain yang berhubungan dengan listrik, tentu handout sangat membantu kamu. Sebab, bukan tidak mungkin, kamu lupa akan materi yang akan disampaikan karena terlalu grogi. Jadi, pastikan untuk menyiapkan handout sebelum sidang ya!

7. Persiapkan Buku Dan Literatur

Terkadang dosen penguji menanyakan kebenaran sumber yang ada di daftar pustaka. Sebab, tak sedikit mahasiswa yang mengisi berbagai sumber tanpa benar-benar membaca buku tersebut. Nah, jika kamu membawa sumber buku dan literatur yang digunakan, dosen penguji tak akan ragu akan kebenaran daftar pustakamu. Hal ini tentu bisa menjadi nilai plus buat kamu.

8. Datang Awal Sebelum Sidang Dimulai

Apakah kamu terbiasa terlambat saat mengikuti perkuliahan? Jika iya, jangan sampai hal tersebut juga kamu lakukan saat sidang skripsi. Akan lebih baik jika kamu datang sebelum waktu sidang yang disepakati. Dengan demikian, kamu bisa menyiapkan segala hal yang diperlukan dan menenangkan diri sebelum sidang dimulai.

9. Berdoa Sebelum Memulai Sidang

Sebelum memulai sidang, pastikan kamu berdoa terlebih dahulu. Dengan melakukan hal tersebut, Tuhan YME akan selalu menemani dan memudahkan setiap langkahmu.

10. Jujur Dalam Menjawab Setiap Pertanyaan Dari Dosen Penguji

Tips jitu hadapi sidang skripsi selanjutnya adalah jujur dalam menjawab setiap pertanyaan dari dosen penguji. Dengan demikian, sidangmu akan berjalan dengan lancar. Sebab, sebenarnya dosen mengetahui setiap kebohongan yang disampaikan oleh mahasiswanya. Dengan tidak melakukan hal ini, maka kamu akan mendapat nilai plus dari penguji.

Baca Juga : 6 Kelebihan Universitas Negeri Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilihnya

Ok mungkin hanya itu saja Tips Jitu Hadapi Sidang Skripsi agar hasilnya memuaskan. Jadi tidak perlu panik dulu, silakan Anda coba praktikkan 10 tips diatas dan semoga sukses.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.