Home / Pendidikan / Anda Ingin Lolos Tes CPNS? Berikut 9 Tips Lolos CPNS Yang Perlu Dicoba

Anda Ingin Lolos Tes CPNS? Berikut 9 Tips Lolos CPNS Yang Perlu Dicoba

Tips Lolos CPNS Yang Perlu Dicoba – Daya tarik menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil memang tidak pernah kehilangan pesonanya. Banyak kawula muda yang berbondong-bondong untuk mencoba peruntungannya dalam melakukan tes CPNS. Memang gaji seorang PNS tidak sebesar gaji para wirausahawan. Namun terdapat beberapa faktor yang menyebabkan profesi PNS menarik bagi beberapa orang. Kelebihan menjadi PNS seperti membuka kesempatan untuk studi ke luar negeri serta tidak perlu memikirkan kondisi pasar yang terjadi.  Sedangkan hal yang menjadi daya tarik lagi adalah jaminan finansial dimasa tua. Mungkin karena hal inilah banyak  orang yang berbondong-bondong untuk mengikuti tes CPNS. Dengan banyaknya peserta tes CPNS tentunya banyak persaingan dengan berbagai karakter, keahlian dan pengalamannya.

Untuk itu jika Anda ingin diterima menjadi PNS ikutilah tips lolos CPNS yang akan penulis sampaikan.

Baca Juga : Perbandingan Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia Dengan Gaji Guru Di ASEAN

Berikut Beberapa Tips Agar Anda Lolos Tes CPNS

1. Berdoa

Berdoa merupakan langkah yang penting dalam melakukan segala sesuatu. Karena takdir pun bisa dirubah dengan doa. Maka sebelum melakukan tes CPNS berdoalah sesering mungkin. Apalagi meminta doa restu kepada orang tua. Dengan lewat doa, akan menjadikan Anda lebih tenang dalam mengerjakan tes.

2. Pastikan segala persyaratan Anda lengkapi saat Mendaftar

Mempersiapkan segala persyaratan dan berkas administrasi merupakan hal penting dalam melakukan pendaftaran, agar Anda bisa lolos dalam seleksi berkas administrasi. Karena jika terdapat berkas yang kurang dalam persyaratan tentunya peluang Anda untuk bisa menjadi PNS akan semakin sulit. Hal ini bukan tanpa alasan karena diluar sana banyak calon PNS yang mempersiapkan segala sesuatunya.

3. Pelajarilah kisi-kisi tes dan berlatihlah mengerjakan soal

Biasanya sebelum tes CPNS dilakukan terdapat kisi-kisi tes yang dibagikan oleh kementrian. Dengan mempelajari kisi-kisi yang ada dan mengerjakan banyak soal tentunya akan membuat Anda lebih siap dalam mengerjakan tes. Selain itu persiapan mental dan kemampuan yang baik tentunya peluang Anda untuk lolos PNS semakin tinggi.

4. Belajarlah mengerjakan soal dengan dibatasi waktu

Waktu merupakan hal yang krusial dalam segala sesuatu. Begitu pula perihal dalam mengerjakan tes selalu terdapat batasan waktu yang harus dipatuhi oleh CPNS. Untuk itu ketika Anda berlatih mengerjakan soal tes maka batasilah waktu Anda. Dengan sering berlatih demikian tentunya Anda akan dapat mengatur waktu Anda lebih bijak. Sehingga Anda akan dapat menyelesaikan tes yang diberikan dengan waktu yang pas.

5. Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Tes kemampuan dasar  terdiri dari tes intelejensi umum, wawasan kebangsaan dan tes karakteristrik pribadi dan masing-masing tes terdapat nilainya sendiri. Dengan mengetahui beberapa tes pada kemampuan dasar ini, Anda dapat mempersiapkan jauh-jauh hari untuk belajar. Semoga dengan tips lolos cpns ini dapat membantu anda lolos dalam ujian kemampuan dasar.

6. Psikotes

Untuk tes psikotes ini diperlukan kesabaran ektra karena tes berlangsung dari pukul 08.00-15.00. Dalam pelaksanaan tes psikotes ini, usahakan Anda dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. Beberapa tes psikotes itu seperti TPA, PAULI, tes gambar pohon, orang serta bangun ruang dan masih banyak lagi tes dalam psikotes ini.

7. Tes Wawancara

Dalam perekrutan segala jenis profesi, tes wawancara menjadi salah satu hal yang menjadikan pertimbangan seseorang untuk diterima tidaknya di instansi. Untuk dapat lolos dalam tes wawancara Anda cukup perlu meyakinkan pewawancara dengan alasan-alasan yang logis dan apa adanya. Buatlah kata-kata yang menarik dan meyakinkan pewawancara untuk tidak salah memilih Anda memasuki instansi tersebut.

8. Tes Kesehatan dan Kebugaran

Berdasarkan pengalaman seorang yang pernah mengikuti seleksi CPNS untuk tes ini berupa berlari selama 12 menit dengan jarak 2,4 km. Kemudian dilanjutkan dengan shuttle run selama satu menit. Dengan membentuk angka 8 selama 3 kali dan tidak boleh salah dalam membantuk lingkarannya.

9. Pengumuman

Setelah melakukan beberapa tes seleksi kini saatnya menunggu pengumuman dari hasil tes. Tentunya menunggu hasil setelah berjuang habis-habisan akan menjadi hal yang cukup menegangkan. Alangkah baiknya jika Anda menunggu pengumuman dengan melakukan hal-hal yang positif seperti berdoa. Selain itu Anda bisa melakukan ibadah sunnah tambahan seperti rajin sholat dhuha, sholat tahajud bahkan melakukan puasa sunnah.

Baca Juga : Negara Yang Memberi Gaji Guru Tertinggi Di Dunia, Lalu Dimanakah Indonesia?

Semoga beberapa tips lolos CPNS ini dapat bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang mempersiapkan diri dalam mengikuti tes CPNS.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *