Home / Android / 12 Tips Mengatasi HP Samsung Restart Terus Menerus, Teruji Berhasil!

12 Tips Mengatasi HP Samsung Restart Terus Menerus, Teruji Berhasil!

Mengatasi HP Samsung Restart – Smartphone me-restart terus menerus karena banyak faktor penyebab, antara lain dari sistem Androidnya sendiri atau bisa pula karena beberapa faktor yang terjadi secara bersamaan. Faktor-faktor yang sering menyebabkan HP Samsung restart terus menerus. sebelum membawanya ke tempat service smartphone, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk memperbaikinya.

Baca Juga : HP Android Anda Lemot Kinerjanya? Inilah 10 Cara Mengatasi Android Lemot

Tips Mengatasi HP Samsung Restart Terus Menerus

Berikut cara mengatasi HP yang restart terus menerus :

1. Matikan atau Reboot HP

Saat smartphone mengalami restart sendiri, matikan smartphone terlebih dahulu. Kemudian cabut baterai, SIM card serta micro SD yang sedang digunakan. Diamkan smartphone tanpa energi dari baterai untuk beberapa saat. Kemudian pasang kembali komponen tersebut dan aktifkan smartphone untuk melihat apakah masalah restart sudah teratasi. Jika masih belum teratasi, cobalah beberapa cara lainnya.

2. Periksa Pengaturan HP

Pengaturan pada smartphone Android memang diperlukan untuk menyesuaikan smartphone dengan pengguna agar lebih nyaman dan mudah saat digunakan. Namun, Anda perlu berhati-hati saat melakukan perubahan pengaturan pada smartphone. Pengaturan smartphone Android yang tidak sesuai ataupun keliru dapat membuat sistem Android berperilaku aneh dan ter-restart sendiri secara terus menerus.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengingat kembali apakah pernah melakukan perubahan pengaturan pada smartphone. Apabila terdapat pengaturan yang sempat diubah, sebaiknya ubah kembali pengaturan tersebut ke pengaturan yang semula untuk membuat smartphone kembali berjalan normal.

3. Periksa Aplikasi pada HP

Anda baru saja menginstall aplikasi dan kemudian smartphone mengalami restart dengan sendirinya? Periksa aplikasi yang baru saja Anda install pada smartphone. Ada kemungkinan aplikasi yang baru saja diinstall, tidak kompatibel untuk sistem Android Anda. Hal ini umumnya sering terjadi jika aplikasi tersebut tidak didownload dan diinstall melalui Google Play Store. Aplikasi yang tidak kompatibel akan membuat smartphone tidak berjalan lancar, bahkan mengalami restart sendiri secara tiba-tiba.

4. Install Antivirus

HP Samsung restart terus menerus dan Untuk mengatasi smartphone yang ter-restart, cobalah untuk menginstall aplikasi antivirus untuk smartphone Android Anda. Ada banyak aplikasi antivirus terbaik untuk platform Android, seperti AVG, Avast mobile, Clean Master, 360 Security, dan lain sebagainya. Aplikasi ini tentunya dapat didownload dan diinstall dengan mudah melalui Google Play Store. Setelah melalui proses penginstallan, Anda dapat melakukan scanning sistem dan file pada smartphone Android Anda. Sebaiknya scanning seluruh file, baik yang terdapat dapat penyimpanan internal maupun file yang terdapat pada penyimpanan eksternal.

5. Format atau Ganti Memori Eksternal

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, kerusakan pada kartu memori eksternal dapat membuat kinerja ponsel Android menjadi bermasalah. Untuk mengetahui apakah kerusakan kartu memori yang menyebabkan smartphone Android mengalami restart, lepaskanlah kartu memori eksternal dari smartphone. Dan perhatikan perubahan yang terjadi, apakah masalah restart sudah teratasi? Apabila memang kartu memori eksternal yang menyebabkan smartphone restart sendiri, Anda dapat memformat ataupun mengganti kartu memori (microSD) yang sedang digunakan. Tentunya hal ini dilakukan setelah semua data penting yang ada pada memori ekstenal di-backup ataupun dipindahkan.

6. Lakukan Wipe Cache Partition

Kegiatan menginstall dan meng-uninstall aplikasi dan game akan menyebabkan banyak sampah cache dan file sementara yang tertinggal pada smartphone. Hal ini menyebabkan memori pada smartphone menjadi penuh dan smartphone menjadi tidak cukup kuat untuk menjalankan fungsinya. Seperti yang sudah disebutkan di bagian atas, smartphone yang tidak kuat menjalankan operasi akan mengalami restart sendiri secara tiba-tiba. Wipe Cache Partition merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghapus sampah cache yang tertinggal. Opsi Wipe Cache Partition dapat diakses pada ponsel melalui recovery mode.

12. Lakukan Hard Reset atau Factory Reset

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan hard reset atau factory reset pada smartphone. Cara ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dengan “ Wipe Cache Partition”, yakni dengan masuk ke recovery mode pada smartphone. Setelah masuk ke recovery mode, pilihlah pilihan “Wipe data / factory reset”. Selain melalui recovery mode, factory reset juga dapat dilakukan melalui menu pengaturan dan sub menu backup & reset. Pilihlah pilihan factory data reset untuk melakukan reset pada smartphone.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti Bisa Membuat Android Lebih Kencang

Demikian sekilas informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi HP Samsung restart terus menerus. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk mengatasi dan memperbaiki smartphone Android yang ter-restart sendiri.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.