Home / Pendidikan / 7 Tips Keren Sebelum Mengikuti SBMPTN Agar Lulus Ke PTN Yang Diinginkan

7 Tips Keren Sebelum Mengikuti SBMPTN Agar Lulus Ke PTN Yang Diinginkan

Tips Mengikuti SBMPTN Agar Lulus Ke PTN – Apakah kamu merasa takut untuk mengikuti ujian SBMPTN? Tenang saja, ada beberapa tips mengikuti SBMPTN agar kamu bisa lulus dan masuk ke PTN yang diinginkan.

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Siswa yang mengikuti SBMPTN biasanya adalah mereka yang tidak lulus di SNMPTN. Seleksi ini berupa ujian tertulis yang diadakan serentak di seluruh Indonesia. Di sini para calon mahasiswa harus bersaing ketat memperebutkan kursi di jurusan yang telah dipilih. Agar kamu sukses mengikuti ujian, pastikan kamu mengikuti tips-tips yang ada di artikel ini.

Baca Juga : 8 Cara Cerdas Memilih Universitas Yang Tepat Untuk Melanjutkan Studi Anda

Jangan kecewa telalu lama ketika kamu ternyata tidak lulus di SNMPTN. Segera persiapkan dirimu untuk ikut bersaing di SBMPTN. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa sukses saat ujian SBMPTN. Berikut ini tips yang harus kamu ikuti :

1. Jangan Gunakan Sistem SKSM

SKSM adalah singkatan dari Sistem Kebut Satu Malam. Banyak para peserta yang menggunakan sistem ini. Sehingga mereka mati-matian belajar di malam sebelum SBMPTN. Hal ini sangat tidak disarankan, karena otak kamu justru akan terlalu lelah, sehingga keesokan harinya kamu tidak bisa berkonsentrasi saat ujian. Belajarlah jauh-jauh hari sebelum SBMPTN. Ini akan membuat persiapan kamu jauh lebih matang.

2. Jaga Kondisi Tubuh

Percaya atau tidak SBMPTN bukan hanya perjuangan yang menggunakan otak. Kondisi tubuh kamu juga berperan sangat penting di sini. Sepintar apapun kamu, kamu tidak mungkin bisa lulus ujian jika dalam keadaan sakit. Untuk itu jaga kesehatan kamu saat akan mengikuti ujian SBMPTN. Sebab tidak ada dispensasi bagi peserta yang sakit saat ujian SBMPTN. Kamu harus tetap mengikuti ujian pada waktu dan tempat yang sama walau sedang sakit.

3. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Banyak para peserta yang gagal bukan karena mereka bodoh, namun karena kurang percaya diri. Begitu kamu masuk ke ruang ujian SBMPTN, kamu akan menemui banyak pesaing-pesaing yang terlihat lebih pintar dari kamu. Hal ini akan membuat kamu bersikap pesimis. Rasa pesimis ini yang membuat semangat ujian kamu menurun. Sehingga bisa dipastikan kemungkinan lulus sangat kecil.

4. Persiapkan Perlengkapan Ujian

Di dalam ruangan nanti, kamu akan berjuang sendirian. Tidak ada teman yang kamu kenal untuk meminjam pensil, penghapus atau alat lainnya. Untuk itu pastikan kamu membawa perlengkapan ujian yang lengkap. Persiapkan pensil, penghapus, pena dan papan ujian. Hal yang paling penting jangan sampai kartu ujian kamu ketinggalan di rumah. Bila perlu masukkan perlengkapan tersebut satu hari sebelum ujian ke dalam tas.

5. Gunakan Baju Yang Tepat

Sebenarnya tidak ada aturan warna dan model baju saat ujian SBMPTN. Namun tips yang bisa kamu coba adalah gunakan baju sopan yang tidak mencolok. Coba bayangkan jika semua teman ujian kamu menggunakan baju setelan hitam putih, sementara kamu menggunakan pakaian berwarna merah sendirian. Pasti mata pengawas akan jauh lebih mudah tertuju padamu. Hal ini akan membuat kamu terus merasa diawasi.

6. Datang Lebih Awal

Jangan sampai kamu terlambat saat ujian SBMPTN. Datanglah lebih awal dari jam yang tertera di kertas ujian. Tentu saja bukan tanpa alasan. Biasanya saat SBMPTN, jalanan akan lebih macet dari biasanya. Hal ini dikarenakan banyak para peserta ujian yang juga menuju lokasi ujian yang sama denganmu. Untuk itu pergilah pagi-pagi sekali dari rumah. Perkirakan waktu tempuh untuk bisa sampai di lokasi ujian SBMPTN.

7. Kerjakan Soal Yang Mudah Terlebih Dahulu

Saat ujian sedang berlangsung, jangan mengerjakan soal secara urut. Hal ini akan menyebabkan kamu tidak hemat waktu.  Kerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu. Tinggalkan soal-soal yang sulit untuk dikerjakan belakangan. Ingat di SBMPTN biasanya menggunakan sistem minus. Oleh sebab itu pastikan kamu menjawab soal dengan tenang dan akurat. Namun meskipun menggunakan sistem minus, jangan meninggalkan jawaban kosong terlalu banyak. Itu akan membuat kamu terlihat tidak kompeten sama sekali.

Baca Juga : 6 Kelebihan Universitas Negeri Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilihnya

Lakukan semua tips mengikuti SBMPTN yang ada di atas secara benar. Setelah kamu berusaha semampu kamu jangan lupa untuk berdoa pada Tuhan untuk hasil yang terbaik. Setelah ujian, persiapkan mental untuk menerima apapun hasil dari ujian yang telah kamu lakukan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *