Home / Lainnya / 9 Tips Mengikuti Wawancara Kerja Dengan Baik Agar Sukses Bisa Diterima

9 Tips Mengikuti Wawancara Kerja Dengan Baik Agar Sukses Bisa Diterima

Tips Mengikuti Wawancara Kerja Dengan Baik – Bagaimana sih tips mengikuti wawancara kerja dengan baik agar hasilnya sukses? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah datang ke tempat wawancara lebih awal.

Baca Juga : Etika Dalam Bekerja Korea Selatan Yang Harus Diketahui

Dengan demikian, kamu bisa mempersiapkan semua hal dengan baik dan sisa waktunya bisa digunakan untuk menyiapkan mental serta menenangkan diri.

Selain itu, masih ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Berikut ulasan selengkapnya tips mengikuti wawancara kerja yang bisa anda coba :

1. Cari Informasi Lebih Dalam Tentang Perusahaan Tujuan

Sebelum hari wawancara, akan lebih jika kamu mencari informasi lebih dalam tentang perusahaan tujuan. Jangan sampai tidak ada bayangan apa pun tentang perusahaan yang akan Anda dituju. Terkadang pewawancara ingin memastikan apakah kamu tahu paling tidak sedikit tentang perusahaan yang dimilikinya. Khususnya tentang posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut. Sebab, hal ini bisa menjadi tolak ukur untuk melihat minat yang kamu miliki untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

2. Berikan Penampilan Terbaik

Penampilan memang tidak menjadi tolak ukur apakah kamu akan diterima atau tidak. Namun, hal ini bisa menunjukkan kepribadianmu dan memberikan kesan pertama yang baik kepada pewawancara.

Jika kamu datang ke tempat wawancara dengan penampilan terbaik, formal, dan CV yang dibawa tersusun rapi, maka pewawancara akan terkesan. Hal ini menunjukkan bahwa kamu profesional dan benar-benar berniat untuk mencari kerja. Selain itu, memberikan penampilan terbaik juga menunjukkan bahwa kamu menghormati orang yang akan mewawancarai kamu nantinya. Apakah harus memakai pakaian formal? Tentu tidak wajib. Kamu harus menyesuaikannya dengan perusahaan dan posisi yang akan kamu tuju.

3. Datang Ke Tempat Wawancara Lebih Awal

Nah, jika tiba hari wawancara, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan baik. Datanglah ke tempat wawancara lebih awal dari jam yang ditentukan. Dengan demikian, kamu tidak akan terlambat dan membuat pewawancara menunggu. Jika kamu sampai datang terlambat, hal ini tentu akan mengurangi poin wawancara. Sebab, hal ini menunjukkan ketidakdisiplinan dalam bekerja. Selain agar tidak datang terlambat, kamu bisa gunakan sisa waktu sebelum wawancara untuk menenangkan diri dan menyiapkan mental. Dengan demikian, kamu tidak akan grogi menjawab setiap pertanyaan yang diberikan.

4. Perhatikan Gestur Tubuh

Sebaiknya, kamu memperkenalkan diri kepada pewawancara terlebih dahulu sebelum wawancara yang melakukan hal tersebut. Hal ini mungkin terlihat sepele. Namun, gestur ini menunjukkan jika kamu percaya diri dan siap melakukan wawancara. Saat sesi tanya jawab, jagalah kontak mata dengan pewawancara. Hal ini juga menunjukkan jika kamu selalu siap dan percaya diri untuk wawancara tersebut. Hal sederhana lain yang perlu kamu lakukan adalah menjawab setiap pertanyaan dengan memberikan senyuman. Sederhana tetapi sangat menunjang karirmu ke depannya.

5. Bersikap Tegas Tapi Tetap Sopan

Sebaiknya, sebelum masuk ke ruang wawancara, kamu mengetuk pintu dan juga memberi salam. Jika sudah masuk, kamu bisa menjabat tangan orang yang mewawancaraimu dengan tegas dan jangan lupa memberi senyuman. Lupakan beban pikiranmu sejenak dan fokuslah mengikuti sesi wawancara tersebut.

6. Ciptakan Suasana Menyenangkan

Tips mengikuti wawancara kerja yang baik selanjutnya adalah menciptakan suasana wawancara menyenangkan dan sebisa mungkin jangan terlalu tegang. Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah bertanya lebih detail tentang perusahaan. Dengan senang hati pewawancara akan menjawabnya dan hal ini tentu dapat membuat suasana yang awalnya tegang menjadi bersahabat.

7. Jawab Pertanyaan Dengan Sistematis, Singkat, Dan Jelas

Selain menjaga kontak mata dengan pewawancara, saat sesi tanya jawab kamu juga harus menjawab pertanyaan dengan sistematis, singkat, dan jelas. Membuat jawaban yang panjang tapi tidak pada inti yang ditanyakan justru dapat membuang waktu. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa kamu tidak memahami pertanyaan yang diberikan dengan baik.

8. Tunjukkan Antusias Bekerja

Menunjukkan antusias bekerja juga sangat penting. Hal ini menunjukkan bahwa kamu siap berkontribusi dan bekerja keras untuk memajukan perusahaan yang dituju. Pada tahap wawancara, kamu memang harus benar-benar menjual kemampuan yang kamu miliki. Namun, bukan berarti kamu bisa meminta gaji yang tidak masuk akal karena kemampuanmu tersebut. Daripada meminta sesuatu yang berlebihan, akan lebih baik jika kamu menunjukkan kemampuan terbaikmu di perusahaan tersebut. Dengan demikian, kenaikan gaji dan berbagai fasilitas akan menghampirimu tanpa kamu memintanya.

9. Tinggalkan Kesan Positif

Tips mengikuti wawancara kerja selanjutnya yaitu sebisa mungkin untuk meninggalkan kesan positif saat wawancara. Lakukan hal-hal sederhana tapi mengena agar menambah poin wawancaramu. Selain itu, bersikaplah sepositif mungkin dalam mendeskipsikan dirimu dan jangan tunjukkan beban atau hal lain yang tidak menyenangkan di kehidupanmu.

Baca Juga : Tips Dan Trik Prosedur Melamar Pekerjaan Di Korea Selatan

Ok mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Tips Mengikuti Wawancara Kerja Dengan Baik agar hasilnya bisa maksimal dan sukses diterima kerja di tempat yang dituju. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.