Home / Pendidikan / 7 Tips Pretest PPG Yang Akan Membantu Anda Lulus Pretest PPG

7 Tips Pretest PPG Yang Akan Membantu Anda Lulus Pretest PPG

Tips Pretest PPG Agar Lulus – PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru, yang sebenarnya adalah program pemerintah untuk guru mulai SD sampai SMA. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya guru bidang studi.

Baca Juga : Manfaat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Apabila Berhasil Diterapkan Di Indonesia

Pelaksanaan PPG adalah salah satu cara meningkatkan kompetensi para guru baik yang masih calon guru atau pun guru yang sudah mengajar. Syarat bisa mengikuti PPG adalah lolos ujian pretest PPG yang diadakan setiap tahun oleh pemerintah.

Ujian pretest PPG sebenarnya hanya untuk melihat apakah guru tersebut kompeten atau tidak, terutama guru mata pelajaran. Setelah lulus pretest masih banyak tahapan yang harus dilewati untuk bisa mengikuti PPG. Dalam artikel ini akan diulas tentang tips pretest PPG yang mungkin bisa Anda lakukan.

7 Tips Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menghadapi Pretest PPG

Pretest PPG adalah tes yang penting bagi guru dan calon guru di Indonesia, untuk mengetahui kompetensi seorang guru. Melihat pentingnya tujuan pretest PPG, maka Anda perlu melakukan persiapan yang matang mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan. Berikut tips pretest PPG yang akan berguna bagi persiapan Anda :

1. Cari Informasi Tentang Pretest PPG Yang Akan Diadakan

Dapatkan informasi undangan PPG yang akan diadakan pada tahun ini, Anda bisa mendapatkan info dari dinas terkait. Atau bisa mendapatkan info pendaftaran dari organisasi profesi guru Indonesia (PGRI) yang akan selalu update dengan informasi tentang guru. Setelah mendapatkan informasi pendaftaran lihat lah apa Anda sudah memenuhi syarat untuk mengikuti pretest PPG tahun ini? Karena ada persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa ikut pretest ini.

2. Daftarkan Diri Anda Pada website SIM PKB

Anda yang sudah mendapat undangan sebagai calon peserta sertifikasi guru diharuskan mendaftarkan diri melalui SIM PKB. Kunjungi link app.simpkb , lalu login dan mulai lakukan pendaftaran jika Anda memenuhi persyaratan yang ditampilkan pada laman. Isikan semua data yang dibutuhkan dengan benar sesuai dokumen yang Anda miliki. Sebelum Anda klik mendaftar, periksa kembali data yang sudah Anda isikan dengan cermat, jika sudah benar Anda bisa klik mendaftar.

3. Persiapkan Diri Anda Dengan Mempelajari Kisi-Kisi Soal Pretest PPG

Setelah proses pendaftaran selesai dan data Anda terverifikasi, sekarang saatnya Anda melakukan persiapan materi. Anda bisa mempelajari kisi-kisi atau contoh soal PPG tahun sebelumnya sebagai bahan acuan belajar Anda. Juga bisa mempelajari soal UKG (ujian kompetensi guru) karena biasanya soal PPG tidak jauh-jauh bentuknya dengan soal UKG. Semakin banyak Anda mengerjakan latihan soal, akan semakin lancar dan cepat Anda dalam mengerjakan sebuah soal.

4. Istirahat Cukup Untuk Menghadapi Hari “H”

Sehari sebelum pretest hendaknya Anda istirahat dengan cukup, tidurlah lebih awal agar besok tidak mengantuk saat mengerjakan soal. Lakukan persiapan beberapa jam sebelum jadwal tes, agar tidak terjadi keterlambatan sampai di tempat ujian. Sarapan dulu sebelum berangkat ke tempat ujian, agar tidak lapar dan bisa konsentrasi mengerjakan soal. Jangan lupa minta doa orang tua sebelum berangkat.

5. Pahami Cara Mengerjakan Soal Pretest PPG, Yang Dijelaskan Pada Juknis

Sebelum mengerjakan soal, pasti panitia akan membacakan bagaimana cara mengerjakan soal dan mengisi jawaban di komputer. Baca baik-baik juknis yang diberikan kepada Anda, agar Anda bisa memahami isinya, dan jika ada yang tidak paham makan tanyakan kepada panitia. Setelah paham dengan juknisnya, saat panitia sudah mengatakan boleh mulai mengerjakan soal, maka kerjakan soal di hadapan Anda.

6. Kerjakan Soal Dengan Cermat, Dari Yang Mudah Terlebih Dahulu

Kerjakan soal dengan cermat dari yang Anda anggap mudah terlebih dahulu untuk menghemat waktu. Jika Anda menemukan soal yang sulit dan tidak menemukan jawabannya, maka tinggalkan, jangan lama-lama terpaku pada soal tersebut. Jika ada waktu maka ulangi kerjakan soal tersebut, jika masih tidak menemukan jawabannya maka pilihlah jawaban yang paling mendekati.

7. Periksa Kembali Dengan Teliti Hasil Jawaban Anda Pada 10 Menit Terakhir

Disekitar 10 menit terakhir, sempatkan diri untuk meneliti kembali lembar jawaban Anda. Teliti mulai dari identitas, hingga jawaban soal Anda, yang Anda hitamkan apa sudah sesuai dengan jawaban Anda.

Baca Juga : Persyaratan Lengkap Mengikuti Program Sertifikasi Guru Melalui PPG Tahun 2016

Semoga 7 tips pretest PPG diatas bisa membantu Anda menghadapi pretest PPG sebagai pengukur kompetensi Anda dan syarat mengikuti PPG.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.