Home / Kesehatan / Ayo Praktikkan Cara Mudah Berikut Untuk Menghindari Penyakit Diabetes Anda!

Ayo Praktikkan Cara Mudah Berikut Untuk Menghindari Penyakit Diabetes Anda!

Tips Sehat Cara Menghindari Diabetes – Cara hindari diabetes yang bisa lakukan sejak dini. Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat indonesia pada tahun-tahun terakhir ini. Salah satu penyebabnya adalah faktor makanan. Saat ini banyak sekali beredar makanan cepat saji lengkap dengan minuman kemasan. Seseorang lebih suka membeli junk food dan minuman kemasan karena dirasa lebih praktis. Padahal dari makanan dan minuman jenis itulah banyak sekali kandungan gula yang akan menjadi penyebab diabetes jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu kebiasaan malas berolahraga juga menjadi penyebab terbesar seseorang terkena diabetes. Kesibukan kerja telah menyita waktu olahraga yang sebenarnya sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan sesibuk apapun. Seharusnya gula darah diproses menjadi energi untuk beraktifitas, dengan banyak gerak maka tidak akan terjadi peningkatan kadar gula dalam tubuh.

Cara Menghindari Diabetes Yang Mudah Dan Tepat

Anda mungkin masih muda, namun jangan kira diabetes hanya menyerang orang lanjut usia. Resiko terkena diabetespun bisa menyerang seseorang yang masih muda dengan kebiasaan buruknya.berikut ini adalah cara menghindari diabetes yang bisa anda lakukan mulai dari saat ini.

Jika seseorang sudah mengetahui betapa bahayanya diabetes, tentu akan ingin sekali mencegahnya mulai sekarang. Inilah cara menghindari diabetes yang terbukti menghindarkan resiko diabetes. Pertama adalah olahraga. Dengan berolahraga maka anda bisa mengontrol berat badan serta kadar gula darah anda. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk mencegah diabetes serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Cara menghindari diabetes kedua adalah dengan menghindari stress. Keadaan stress berlebihan akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Jadi ada baiknya anda melakukan meditasi, pernapasan atau yoga untuk menenangkan pikiran anda. Bisa juga melakukan beberapa hal yang dapat merefresh pikiran anda seperti berwisata, bermain game, berkumpul dengan teman atau keluarga dan lain sebagainya.

Baca Juga : 4 Cara Ampuh Bin Jitu Meringankan Stres Ga Pake Ribet

Ketiga adalah tidur dengan cukup. Hindari kebiasaan begadang karena ketika anda kurang tidur dan istirahat maka akan meningkatkan hormone kortisol dan meningkatkan tingkat insulin dalam tubuh. Badan yang terlalu lelah karena kurang istirahat akan meningkatkan nafsu makan sehingga anda bisa makan sangat banyak dalam satu waktu, dan hal tersebut akan menaikkan gula darah dengan mudah.

Baca Juga : Tips Mengatur Pola Tidur Untuk Freelance Writer Demi Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara Menghindari Diabetes Dengan Memperhatikan Konsumsi Makanan

Cara pertama adalah menghindari kebiasaan ngemil. Meski hal ini sangat menyenangkan, namun beberapa camilan yang anda makan ternyata memiliki kandungan gula tinggi seperti kue kering, coklat, wafer dan lain-lain. Selain itu banyak camilan yang juga mengandung banyak lemak sehingga meningkatkan berat badan. Padahal dalam kondisi obesitas, seseorang lebih beresiko tinggi terkena penyakit diabetes.

Cara kedua adalah menghindari makanan dan minuman yang terlalu manis. Meski anda menyukai sesuatu yang manis, namun jangan biarkan anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Cara menghindari diabetes ini benar-benar harus anda lakukan sejak usia muda. Hindari teh manis, minuman kemasan, buah musiman, gulali dan jenis makanan lain yang mengandung banyak gula.

Cara menghindari diabetes ketiga adalah selalu sarapan pagi. Sarapan sangat penting sebagai modal untuk beraktivitas. Ketika anda melewatkan sarapan maka di siang hari anda akan merasa sangat lapar sehingga ingin mengkonsumsi banyak makanan. Padahal makanan yang berlebih tanpa dibarengi dengan aktivitas yang cukup akan membuat kadar gula darah meningkat tajam. Sarapanlah dengan menu sehat seperti nasi, telur, sayur dan juz.

Keempat adalah menghindari makanan berlemak. Tidak hanya bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh, kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak juga akan berakibat pada meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain untuk menghindari diabetes, mengurangi konsumsi makanan berlemak juga akan menghindarkan anda dari penyakit stroke dan jantung.

Demikianlah cara menghindari diabetes yang harus anda lakukan sejak dini. Jadikan hidup anda lebih sehat dengan mengkonsumi makanan yang tepat serta menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Jika sejak dini anda sudah membiasakan hidup sehat maka di masa tua anda tidak perlu khawatir akan terserang berbagai penyakit yang berbahaya seperti darah tinggi, jantung, stroke dan yang utama adalah diabetes.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *