Home / EPS-Topik Korea / TKI Korea Ilegal Di Blacklist Hanya 2 Tahun

TKI Korea Ilegal Di Blacklist Hanya 2 Tahun

TKI Korea Ilegal Di Blacklist Hanya Dua Tahun – Pekerja asing yang bekerja di Korea Selatan jika statusnya ilegal dan berhasil ditangkap maka akan dideportasi dari Korea Selatan. Kemudian namanya akan diblacklist atau masuk daftar nama catatan hitam di imigrasi Korea Selatan. Pekerja asing tersebut akan dilarang masuk kembali ke negara Korea Selatan maksimal sampai dengan 10 tahun atau rata-rata 5 tahun. Tapi tahukah Anda, TKI Korea Ilegal ini bisa diblacklist atau dilarang masuk Korea hanya sampai 2 tahun saja? Tentunya hal ini akan menguntungkan TKI atau pekerja asing. Karena dengan dikuranginya masa blacklist imigrasi, maka kedepannya pekerja asing bisa kembali masuk Korea dalam waktu yang tidak harus lama-lama menunggu.

Baca Juga : Konsultasi Untuk Penyelesaian Masalah TKI Korea

Terkadang menjadi TKI Korea Ilegal adalah sebuah pilihan yang menguntungkan. Jika status TKI adalah ilegal, maka TKI akan dibebaskan potongan-potongan rutin dari gaji yang didapat. Padahal sebenarnya potongan tersebut akan kembali lagi ke TKI jika pulang nanti seperti potongan pensiun, potongan asuransi, dan lain-lain. Namun celakanya jika TKI Korea Ilegal berhasil ditangkap aparat hukum negara Korea Selatan. TKI akan dituntut untuk membayar denda dan akan dikurung didalam tahanan imigrasi Korea Selatan. Kemudian hal yang paling menyakitkan adalah TKI akan dideportasi atau diusir dari negara Korea Selatan dan dilarang masuk kembali selama maksimal sampai ada yang 10 tahun (blacklist).

TKI-Korea-Ilegal-Di-Blacklist-Hanya-Dua-Tahun-0

Selain masa blacklist sampai dengan 5 tahun bahkan ada yang 10 tahun, terdapat juga masa blacklist cuma 2 tahun saja. Lalu TKI Korea Ilegal seperti apa prosesnya bisa mencapai hanya 2 tahun masa blacklist? Bahkan bukan hanya masa blacklist saja yang dikurangi, membayar denda dan pidana kurunganpun bagi TKI Korea Ilegal seperti ini akan dibebaskan.

TKI Korea Ilegal Seperti Bagaimana Yang Hanya Diblacklist Sampai Dengan 2 Tahun?

Semua itu akan berlaku bagi TKI Korea Ilegal yang datang melapor diri ke kantor Imigrasi Korea Selatan. Kemudian setelah TKI Korea Ilegal melakukan lapor diri, mengajukan untuk pulang ke tanah air secara sukarela. Jika TKI Korea Ilegal datang menyerahkan diri ke kantor Imigrasi lalu pulang secara sukarela, maka akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut :

  1. Berapapun lamanya TKI menjadi ilegal di Korea Selatan, maka akan dibebaskan dari pembayaran denda;
  2. TKI Korea Ilegal dapat langsung meninggalkan negara Korea Selatan tanpa harus ditahan/kurungan penjara dulu;
  3. Larangan untuk masuk kembali ke negara Korea Selatan akan dikurangi maksimal dilarang sampai dengan 2 (dua) tahun. Bahkan larangan tersebut akan dihapuskan sesuai masa/periode TKI menjadi ilegal;
  4. Ketika mengajukan Visa untuk masuk kembali ke Korea Selatan, pihak imigrasi Korea akan memberikan pertimbangan dan kemudahan.

Bagaimana Cara Lapor Diri TKI Ilegal Untuk Pulang Secara Sukarela?

Setelah tahu beberapa keuntungan jika TKI Korea Ilegal lapor diri dan pulang secara sukarela, maka kita harus tahu bagaimana caranya untuk lapor diri tersebut.

  1. Melakukan lapor diri untuk pulang secara sukarela, TKI bisa datang ke seluruh kantor Imigrasi di Bandara Internasional kapan saja;
  2. Ketika TKI Korea Ilegal datang ke kantor Imigrasi Bandara Internasional harus membawa dokumen perjalanan yang masih berlaku kemudian sudah memiliki tiket pesawat;
  3. Lapor diri untuk pulang secara sukarela itu membutuhkan proses, maka dari itu TKI Korea Ilegal harus tiba di Kantor Imigrasi minimal 4 (empat) jam sebelum keberangkatan pulang ke tanah air.
  4. Jika TKI Korea Ilegal masuk ke negara Korea menggunakan identitas orang lain, ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk verifikasi identitas. Maka dari itu, sebelumnya harus melapor dulu ke kantor Imigrasi Bandara Internasional 3 (tiga) hari sebelum waktu kepulangan.

Nah mungkin hanya itu saja tulisan tentang penjelasan TKI Korea Ilegal hanya di Blacklist selama 2 tahun. Semoga tulisan ini terdapat manfa’atnya bagi yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

114 comments

  1. prosedurnya gimna.apakah harus ujian lewat eps topik atau cbt.dan pengumuman resminya kok blom ada di berita bnp2tki.apakah berita ini benar mengenai aturannya untuk tki korea ilegal.mohon pencerahannya.dan berita aslinya dari mna.

    • Saya baca informasinya di 고용 노동부 mas, ini berkasnya : Blacklist Sukarela. Untuk masalah ikut ujian EPS-Topik PBT atau CBT coba mas bisa konsultasikan dengan pihak BNP2TKI saja biar lebih jelas duduk permasalahnnya. Dan untuk mengetahui status blacklist, bisa ditanyakan di Imigrasi Korea atau di Kedubes Korea yang ada di Jakarta-Indonesia.

  2. Sy mau tanya begini mas, apakah benar data pekerja asing di koea dalam jangka selama 5 thm kita indo akan di hapus otomatis baik itu yg legal ataunyg ilegal..tolong di jawab mas

  3. Kita sdh pulang ke indo dengan sukarela di mana kita harus melapor..dan bagaimana mengetahui apakah nm kita masih di blacklist atau sdh di hapus mohon pencerahannya mas trmksh..

    • Kita melapor cukup di Imigrasi Korea yang ada di Bandara Incheon mas. Dan untuk melihat status blacklict kita jika sudah berada di Indonesia mas bisa tanyakan langsung di Kedubes Korea Selatan yang ada di Jakarta (Jln. Gatot Subroto).

  4. kalAu yg ilegal dari fisihing baru 2 tHn ketangkap Trus mau masuk ke Korea lagi spa harus tunggu 5 tahun lagi apa cukup 2thn aja

  5. Gun,sy prnh ke korea dn plg 2004,apakh data yg tahun 2004 masih tersimpan di imigrasi korea gk,,,mkasih sblumnya

    • Untuk memastikan data Anda masih diblacklist atau tidak coba datang langsung ke Kedutaan Besar Korea (Kedubes) di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950 dan bawa data-datanya seperti Passpor atau KTP.

    • Kemungkinan masih ….q pulang 2005 akir masuk lg 2012 selang 2thn 6bln dataku muncul lg gara2 beda thn lhr q di pulangkan……

  6. Klo kita sengaja brangkat ke korea jd backpaker dan lanjut utk kerja disana jd bulbop ilegal disana apa worthed?

  7. budi sholihin

    assalamualaikum Bos..mau numpang tanya .dulu aq udh pernah di korea 8thn trus ilegal di sana dan plg thn 2009 kemarin .kira2 aq masih bisa kesana lg ngak yah klo lewat G TO G ..?matur suwun waasalamualaikum.

    • Untuk memastikan mas bisa ke korea melalui sistem G to G silakan cek datanya di kantor imigrasi Korea yang di Jalan Gatot Subroto Jakarta.

  8. bahkan laranganpun akan dihapuskan itu maksudnya bagaimana ya apkah bebas bisa langsung masuk korea kembali begitu? terimakasih

    • Bukan bebas masuk Korea jika sebelumnya pernah pulbop. Untuk meyakinkan apakah bisa masuk kembali ke Korea, coba cek datanya di Kedubes Korea yang ada di Jalan Gatot Subroto Jakarta.

  9. saya dulu pernah ilegal 8 bln dan saya pulang sukarela th2009,waktu mau pulang sy tdk py paspor lalu saya dtg ke KBRI disoul akhirnya sy diberi SPLP/pengganti paspor ,waktu dibandara incon saya cuman sebentar lgsg boleh jalan, pertanyaan saya apakah saya sudah bisa daftar lg skrg ?….

    • Coba cek saja datanya langsung datang sendiri (tidak boleh mewakilkan) ke kantor kedutaan besar Korea yang di Jl. Gatoto Subroto Jakarta.

  10. memang kalo kita nanya ke kedutaan korea ketahuna kita masih di backlist tidaknya gitu…soalnya saya pengen ke korda lg lewat cbp go to go.trus saya pernah ilegal setahun pulang dengan suka rela.mohon pencerahanya

    • Bisa mas, kan blacklist itu adanya di keimigrasian. Status blacklist itu yang menentukan atau wewenang kantor imigrasi. Dan sebaiknya setelah bertanya di imigrasi, tanyakan juga statusnya di kantor HRD-Korea yang ada di dekat kantor imigrasi Jl. Gatot Subroto Jakarta.

  11. mau tanya admin?apa boleh yg beklis 2 tahun dan ternyata melapor ke kedutaan korea backlist nya sudah ilang…ikut propram CBT GO TO GO?mhn d bls mas admin

    • Jika memang benar status blacklistnya sudah dihapus atau bersih, maka kita bisa kembali ikut daftar program EPS-Topik.

  12. mas admin maaf nanya lagi nanti kita kalo memang becklist nya sudah di hapus imigrasi korea…kita masuknya go to go,cbt apa pbt? dan apakah bnp2 tki akan percya….

    • Kalau itu saya tidak tahu, silakan coba cek data di imigrasi dan hrd-korea kemudian mas datang ke kantor bnp2tki untuk meyakinkan bisa atau tidaknya setelah data benar-benar bersih di imigrasi.

  13. admin apa kita nanti di beri surat dari kedutaan rekomendasi bahwa backlist nya sudah di hapus.kalo memang sudah di hapus?mana yg lebih berwenang hrd apa imigrasi?

    • Kita tidak akan diberi surat rekomendasi apapun di kantor imigrasi. Tapi setidaknya rasa kepenasaran kita akan hilang dan agar lebih yakin lagi datang ke kantor HRD. Imigrasi yang mengurus data keimigrasian dan HRD yang mengurus data EPS-Topik. Setelah itu mas datang ke BNP2TKI jika memang data mas sudah bersih. Terakhir untuk meyakinkan coba mas daftar CBT, karena CBT ini menggunakan sistem online. Artinya nanti mas akan ketahuan langsung kalau mas bisa daftar EPS-Topik lagi atau tidak. Ingat hanya daftar saja dan jangan dulu mengeluarkan uang pendaftaran.

  14. Begini mas mas semua.kemarin saya sudah membuktikan sendiri datang ke kedutaan korea.dengan menunjukkan identitas passpor.dan di situ bisa di lihat.punya pelanggaran atau tidak.sudah tau.trus saya tanya mengenai peraturan blacklise 2th.untuk yang sukarela pulangnya itu apa benar.dari pihak kedubes menjawab.itu bukan wewenangnya.itu wewenang imigrasi korea.yang bisa menentukan.dan dari kedubes suruh datang ke bnp2tki di suruh menanyakan disana.itu yang saya alami.dan apabila sudah ada yang minta penjelasan dari bnp2tki mohon di share disini.trimakasih

  15. Lebih jelasnya tanya aja di bnp2 tki.klu kedutaan bukan wewenangnya.itu wewenang imigrasi korea.semoga membantu.msalahnya saya sudah sampai di kedutaan

    • Kantor Imigrasi tugasnya mengurus data keimigrasian. BNP2TKI adalah lembaga yang menyalurkan TKI. HRD-Korea adalah penyelenggara Program EPS-Topik. Jadi kesimpulannya biar jelas semua, silakan dicek dari ketiga lembaga tersebut.

  16. saya juga hbs dari kedutaan mas pagi tadi alhdulillah…mash bisa masuk korea…tinggal nunggu tes saja mudah2han lulus amin

    • mas jaka apa masalahnya…
      apakah wktu mas jaka pulang mas jaka melapor ke kantor imigrasi korea yg ada di bandara atau,,,apa?
      mohon penjelasan nya mas biar saya tau apakah sama seperti kasus saya..

  17. Mas mas yg mrs pernah bulbop d korea yg tlh kembli.klo pgn th info akuratnya lbh baik tanyakn langsung pd tmn ato saudara yg msh d korea.mnt tlng padanya utk ngecek ke imigrasi bandra korea.kan d situ dah ad no telpny.kemrn aku jg tanya ama saudaraaku dia kerja di HRD dia nggk th sm skl hal ini

  18. mas2 pendaptaran cbt ke4 korea telah di buka bnp2tki ayo pada daptar!!!!apakah masih ada minat ke korea???

  19. Mas jaka.kepulangan th brapa.resmi to ilegal kok cek di kedutaan.apakah waktu kepulangan tidak di laser mata.bgaimna yang pernah swasta.kyaknya gak bisa ikut cbt

  20. ea mas hr…saya plang tahun 2010 desember ilegal setahun…sy sudah cek d kedutaan katanya bisa balik ke korea lg di coba aja.saya pulang sukarela di inchon ga di scen mata ga di sidik jari…saya mau coba daptar cbt bisa pa tidak ya…teman2 bagi pengalamannya???

  21. Mas untuk menanyakan blacklist to tidak gmna cara, apa ckup bawah data aja trus datang ke imigrasi…

    • Anda cukup datang ke kantor Kedubes Korea dengan membawa data-data penting seperti KTP dan Passpor. Sudah tidak ada lagi hanya itu saja.

      • apakah bisa kita menanyakan langsung lewat telp atau jaringan online lainnya ke Kedubes korea yg ada di jakarta itu pak..?,

        • Karena menyangkut privasi, tidak bisa mas! Kita harus datang sendiri ke Kedubes Korea dengan membawa dokumen penting seperti KTP dan Passpor.

  22. Mas admin, sy pernah ilegal 6 bulan..dan prnhtanyain langsung dikedubes korea jkt, bisa masuk korea apa tdk.. Jwbnya “nama saudara ada tapi tdk diblacklist” apa itu bisa jd jaminan bisa masuk korea lg? Tdk diblacklist tp nama saya ada. Sy msh bingung dngn jwban trsbut. Kejelasan yg sbnrnya bgaimana? Mohon pencerahan.thankz

    • Tidak diblacklist dalam catatan Imigrasi Korea belum tentu juga akan terbebas dari catatan HRD-Korea. Mantan TKI Korea dan berniat akan proses EPS-Topik lagi itu wewenang sepenuhnya ada di HRD-Korea. Kecuali kalau mas akan pergi ke Korea melalui Visa Turis itu pasti lancar di Imigrasi Korea. Untuk meyakinkan apakah bisa ikut proses EPS-Topik lagi adalah selain tanya ke Kedubes Korea tanya juga ke Kantor HRD-Korea atau coba daftar Ujian CBT khusus Ex Korea.

  23. mas juan….berarti bisa masuk korea lg pulang thun berapa?pulang ke tangkep deportasi ga ?kalo ketangkep ga bisa pulangnya di sidik jar sken mata tidak??g

  24. Mas , mau tanya saya ex korea 2005-2008 resmi tidak bermasalah , cuman data paspor palsu dari PT , apakah bisa ikut tes lagi ya dengan data asli ? Apakah nanti bermasalah ? Mohon jawabannya . tks

    • Segera selesaikan dulu data Passpornya di Kantor Imigrasi terdekat mas. Walaupun dulu mas menggunakan data palsu, namun sidik jari mas sudah tersimpan didalam database Imigrasi. Maka dari itu sebaiknya mas selesaikan dulu …

      • Kasus saya paspor pernah buat 2 x mas , buat sendiri data asli dan yang ke 2 dari pt data palsu tinggal pakai saja . aneh nya kok bisa dapat 2 sedangkan sidik jari sama , kalau hanya ngecek scan finger print bisa g ya mas , untuk mengetahui nanti nama mana yang keluar , tks.

        • Asal Passpor yang mas buat datanya benar dengan identitas lainnya maka gunakan Passpor itu saja mas. Mungkin Passpor yang dibuat oleh PT itu Passpor abal-abal.

  25. Dulu pernah masuk korea thn 1999 dn plg thn 2004,tgl lahir 5 jan, skrg mauikut ujian dgn tgl lahir berbeda tetapi thn lahir sm nama tdk sy ganti,,apakah sy bisa masuk dgn data yg sy rubah gk,mohon penjelasan,maksi

    • Tapi dulu sewaktu di Korea tidak pernah menjadi TKI Ilegal kan? Kalau boleh tahu kenapa dirubah mba tanggal lahirnya? Sudah saja menggunakan tanggal lahir yang sudah terdaftar di Korea.

      • Sy ilegal mas,tpi plg dgn cara baik2,dan tdk sidik jari,,sy robah krn sy takut tdk bisa ikut ujian,mkax sy rubah tglx aja mas,,,kira2 data yg dulu masih ada gk ya,,,dan bagaimana cr kita cek data tersebut,,,,mksih sblumnya,,,,

        • Caranya coba mas main ke Kedubes Korea dan HRD Korea yang ada di Jakarta. Silakan mas cek datanya disana apakah data mas aman atau tidak kalau mengikuti ujian lagi.

  26. Sy brgkt mnggunakan pt.dngn data palsu samapai pulang2010 tetap resmi/legal dan sy thn 2016 ini sdh merubah data sy paspor ke yg asli..apakah sy masih bisa ke korea lewat eps topik..dngt catatan sy tdk akan mengakui kalao sy ex korea..dan sy pun tdk di sidik jari ataupun scen mata…apakah sy juga perlu mengecek data asli sy ke kedubes/imgrasi korea di jkrt atau bagaimn solusi dari mas admin trmksh..

    • Ya mas untuk memastikan sebaiknya mas datang saja ke Kedubes dan HRD Korea di Jakarta. Yang ditakutkan data mas dulu masih tersimpan didalam database HRD Korea walaupun dulu mas tidak pernah ilegal.

  27. Satu lagi mas sy sdh pernah ikut tes eps 2015 data asli sy lolos apakah artinya itu data asli sy tdk bermasalau baik di imgrasikorea, hrd,dan bnp minta pendptx mas..

    • Kalau lolos di HRD-Korea berarti mas bisa lanjut ke proses selanjutnya. Apakah data mas sudah disendingkan atau belum sekarang?

      • Sdh sending mas..mnrut mas admin bgmn dng data palsu yg dulu legal apakah tdk benturan dngn data yg baru asli,kalo mnrut sy sih tdk benturan karna data dulu tdk masuk data blok hitam bila di cocokan dgn data sy yg baru mngkin sj dt yg baru tdk muncul di fata blcklis baik foto maunpu sidikjari dan sy pun tdk prnah sidikjari dan kalau mnrut mas bgmn pndpt sy dan pertanyaan sy lagi mas scan mata atau fingerprint ini semua ctki baik legal atau ilegal itu mulai thn brp krn dulu 2010 ke bawah tdk ada itu trmks mas untuk jwbnx..

        • Kalau memang benar dulu ketika menggunakan data palsu tidak pernah sidik jari dan juga scan mata ya jelas tidak akan menjadi masalah mas! Tapi benarkah mas dulu tidak pernah sidik jari meskipun ketika mas masuk imigrasi Korea yang di Incheon? Masalah scan mata saya kurang tahu juga kapan mulai diberlakukannya.

          • O iya tdk prnah.dan kata tmn2 sy jg mengatakan tdk ada sidikjari maupun scan mata untuk yg legal..yg jelas di bndra inchon cukup cek paspor lgsg jalan bgtu jg saat pembuatan id card tdk ada sidikjari..tp sy bersukur data sy lolos saat ikuti ujian eps kemarin muda2han bs masuk korea lagi aminn

  28. Saya pernah di korea thn 2001-2004 pake nama asli pulang resmi. Trus 2005 saya ke korea lagi pake nama berbeda tapi biodata sama 2008 saya ilegal 2 bln dan ketangkep disidik jari dan di scen mata apakah saya masih bisa kerja di korea lagi. Mohon penjelasannya. Terima kasih

  29. numpang nanya,saya pernah daftar eps bagian fishing th 2011,pake ktp ada bin nya,paspornya g ada bin nya,saya lulus tes dan sampe proses preliminary th 2012,tp nunggu sampe 5 bln lebh g kunjung terbang akhirnya saya ngundurkan diri,kira2 kalo daftar lagi bisa g yah setelah dokumenya suda diperbaiki semua/sudah g pake bin.

    • Bisa mas! Silakan dicoba lagi daftar tahun ini mas! Sebelumnya silakan benarkan dulu datanya jangan sampai ada kesalahan lagi. Data semua harus sama!

  30. Putra kelana

    Sy pernah dikorea th 2003 sampai 2009 ganti nama dan ilegal trs plg scr sukarela.trs ikut klpt dan berangkat 2010 tp ketangkap alsan ganti data.apa bisa ikut tes klpt lagi dan apa benar stlah 5 th di blacklistnya di hapus.makaseh

    • Info pastinya saya kurang tahu juga mas. Apakah mas sudah coba mengecek data di Kedubes Korea dan HRD Korea yang ada di Jakarta?

  31. maaf ada yg nitip nanya,apakah benar orang yg pernah deportasi/blacklist dari korsel setelah 10th bisa bekerja kembali kekorsel melalui prosedur,seperti ikut tes eps dan sebagainya,dan apakah sudah yg berangkat bekerja kekorsel lagi setelah diblacklist sampai 10th dg melalui proses g to g/eps,sebelumnya terimakash atas jawabanya

    • Saya tidak tahu juga info lengkapnya! Untuk membuktikannya bisa mas cek langsung sendiri di Kedubes Korea dan HRD Korea yang ada di Jakarta.

  32. maaf mau nanya,apakah yg pernah di deportasi/di blacklis masih bisa ikut tes eps/mendaftar kekorea lagi setelah 10 thn dirumah?..tolong informasinya,temen saya sudah 10th di rumah dan pengen mendaftar lagi kekorea bisa nggak?

    • Untuk lebih jelas dan akurat informasinya mas bisa cek datang ke Kedubes Korea dan HRD-Korea yang ada di Jakarta.

  33. Asslmllakum maz,sy jg mau nanya,sy dulu prnah ilegal,trs pulang sy ggk d tngkp tp buat plp di kbri,dan sekarang udah 5thn di indonesia,,,apakah bsa masuk ke korea lgi,,tp wktu di inchon,mta di scan,,

  34. Mudah mudahan data tki illegal di imigrasi korea setelah 10 tahun dihapus secara otomatis … Aminn .

  35. Sedikit cerita mas, th 2006 saya msuk korea lwt pt fishing, 3 bln kabur.. dan plg indonesia bln 8 2010 secara sukarela mengunakan data splp, dan th 2012 saya nyoba ikut tes pbt , lulus , bln 3 2014 saya dpt pangilan prelim,… tp yg disayangkan ccvi saya ditolak… mhn pencerahany , apakah msh bisa msuk korea lg,, dan hrus nunggu berapa taun , utk bisa msuk. Mksh

    • Saya tidak tahu secara pastinya mas dan itu adalah wewenang HRD-Korea. Tapi menurut logika saya mas ikut Ujian PBT dan bahkan lulus itu artinya data mas di HRD-Korea tidak bermasalah. Karena biasanya jika seseorang sudah masuk catatan hitam maka ketika daftar ujian akan ditolak. Terus apakah ada alasan CCVI ditolak, misal pabrik bangkrut atau apa?

  36. Maaf masa blacklist tki korea ilegal minimal 5-10 thn.dan bagi tki ilegal yang mau pulang dan paspor nya masih berlaku masa aktifnya maka tidak perlu membuat SPLP dan bagi tki korea yang masa aktif paspornya habis maka harus membeli tiket pesawat dahulu karna tiket tersebut salah satu syarat untuk membuat SPLP…kbri.semoga info ini ada manfaatnya.

  37. maaf yg menolak CCIV itu pihak hrd apa imigrasi yah,soalnya saya pernah nunggu sampe 6 bln g ada panggiln terbang,apakah karena sertifikat eps dan paspor berbeda ada binya,apakah pihak hrd menolak CCIV karena namanya berbeda ya?

  38. mas saya sudah pernah ilegal kemarin pulang dgn sukarela dan pulang thn2012.seandainya saya ndaftar cbtt trus saya di trima dari bnp tus saya ujian,terus lulus trs saya berangkat di bandara incon masih ada masalah gak mas tolong infonya

  39. kemaren saya mau perpanjang paspor yang dh gk berlaku slm 3thn lbh, trus saya ke disnakertrans untuk minta rekomendasi tp katanya belum bisa karena harus ada bukti print out pengumuman ujian tes cbt yang ke-2….yang ingin saya tanyakan apa betul peraturannya/langkah2 nya seperti ya bu…mohon ifonya bu/pak …saya ingin daftar lagi kerja ke korea.thx

  40. Mas kalau ccvi ditolak karena ada tindak kriminal ditemukan terus cara menghapus blacklist itu dimana dan caranya gimana biar bisa balik korea lagi

    • Maaf kalau masalah itu saya kurang tahu mas. Silakan coba konsultasikan dengan BNP2TKI atau dengan HRD-Korea. Terimakasih.

      • Mas bro. Bagi infonya apkah benar thn 2017 tidak ad lgi tki ke luar negri alias d tutup korea trmasuk g mas bro

        • Entahlah mas. Tapi sepertinya info tahun 2017 tidak ada ujian EPS-Topik itu tidak benar. Dan tahun ini tidak ada ujian karena jatah kuota untuk Indonesia sudah tertutup dengan data TKI roster. Mas bisa lihat selengkapnya disini.

  41. mas mau tanya saya kan juga pernah ilegal di korea 2005 pulang tertangkap trus katanya kalao udah 10 tahun bisa balik lagi ????????? truss apa udah ada yang buktiin bisa balik lagi dg nama tetap sebab kebanyakan teman saya ganti nama malah mental mohon jwb trim

    • Kalau masalah bukti memang sampai saat ini saya belum pernah mendengar mas. Saya hanya menyampaikan informasi berdasarkan selembaran yang saya peroleh.

  42. mas saya pernah ilegal dikorea ketangkep awal 2014,apa beklist saya dah dihpus mas,mohon penjelasanya.klo ngecek di kantor imigrasi jakarta boleh diwakilkan mas?

    • Sebaiknya mas cek sendiri di Kedubes Korea dan HRD-Korea yang ada di Jakarta dengan membawa KTP dan Passpor. Cek data disana tidak bisa diwakilkan.

  43. mas trimakasih atas jwbnya trus satulagi saya ingin tau sumber yg didapat bila tki blacklis udah 10 tahun bisa masuk korea dari mana mass

  44. jadi sumber blacklis 5 sampai 10 tahun itu dari HRD KOREA ya mas kalao dulu waktu tertang kap dari polisi imigrasi bilang 5 tahun bisa balik .MAS apa ada info yang ketangkap bisa balik lagi teman teman nya trima kasih

  45. Mau tanya bos.kalau tki ilegal dengan nama palsu tp mau blk kekorea lg dengan nama asli bisa nggak bos??mohon jawabanya,trimakasih sebelumnya.

    • Di Korea pernah sidik jari dan foto kornea mata tidak di Imigrasi bandara? Jika pernah selama data tersebut ada didalam database mereka maka sulit mas.

  46. sekedar share. sy jg pernah ilegal di korea ketangkep th 2007. kami ke tangkep 4 orang … 4 bulan yg lalu kawan kami udah mencoba ke korea lagi lolos. dengan visa turis jepang … tp dia di korea emang cuma mampir aja. tujuan dia jepang. sekarang dh kerja di jepang. masih tetep ilegal; … hehehe ( mungkin emang orientasi dia ilegal ) ane jg mau coba peruntungan … udh tembus visa jepang nya … mohon doa nya yak smoga bisa nyusul kawan. bagi rekan2 yg mau balik ke korea. tp pertimbangan umur dll. dan gk bisa jalur resmi… mungkin bisa jd pertimbangan . smua balik ke nasib. tp harus di persiapkan matang2. klo black list yg ketangkp dan gk ada kasus pidana. rata2 black list 5 th. korea memberlakukan bebas visa bersyarat.

    • Mas rizal emang di jepang nya kerja apa kok bisa dapet job ilegal.
      Share dong mas. Sapa tau bisa inform ke sodara. Saling bantu. Pakai visa jepang buat ke korea, itu visa transit ya mas.

    • Mas riizal boleh dong saya minta nmr tlp jepang nya, soalnya aku juga mo kesana mo nyoba keberuntungan hehehe. Sambil nunggu data black list di hapus. Ini nmr saya 081219627314

  47. mas rizal bagi info nya dong
    maksud bebas visa bersyarat itu gimana to
    trus kebenaran info blacklist 5_ 10 tahun itu gimana mana
    trims

  48. Mau nanya nh pak dl.th 2004 sy bikin paspor dgn data asli trs th 2005 sya bkin paspor dgn data org ln ya krna ulah sponsor masuk korea dgn data plsu.5.th sya di korea resmi dgn data org ln dr prtma dtg smpe plg th 2010.bln 5 sya tdk prnh sdik jari/scan mata skrg sya pgn dftr lg/brgkt lg ap nnti d imigrasi korea akn brmslh/tdk dn yg lbh parahny lg nama asli sya prnh d pake sma org ln ke korea jg dn sya tdk tau apkh org yg memakai nma sya itu ilegal/tdk.prtnyn sya apkh sya msh bisa lolos di imigrasi korea krna dobel data.mks

    • Karena sekarang sistemnya sudah canggih maka gunakanlah data asli saja dan untuk memastikan bahwa data asli tersebut tidak bermasalah silakan dicek dulu di Kedubes Korea & HRD Korea yang berada di Jakarta.

  49. Mau tanya mas..gimana caranya jika mau masuk mnjdi TKI korea selatan dengn cara ilegal..masalahnya saya sekarang tengah kerja di malaysia..tapi saya ingin sekali bekerja di korea..dengn cara ilegal tersebut.apakah harus pulang ke indonesia atau langsung dari malaysia ?

  50. Mksh ats msukny pak ngecek nama di kedubes korea dn HRD apkh nnt sya tdk kna mslh pak?otomatis sya mmberitahukan identitas yg salah karna kslhn sya dl.mksh

    • Ya kan untuk mencari kejelasan atas data pribadi daripada terus menduga-duga hal yang sulit untuk diprediksi.

  51. tanya pak..sy pernah kekorea 2thun resmi 5thun ilegal udh 2 tahun drmh apa sy bisa kekorea lg dgn proses g to g..dulu sy pulang dgn cr baik baik dtng kimigrasi bandara inchoen..trimakasih

    • Mohon minta alamat terang HRD yg ada di jkt pak,sbb sya juga pernah iligal dikorea.ya siapa tau sya msh dikasih kesempatan skali lgi utk bsa krja lgi dikorea.dan himbauan sya buat tmen2 tlg jgn prnah jdi tki ilegal..kita juga yg rugi.
      trimakasih

      • Bisa coba konsultasikan di Kedubes Korea Jakarta dengan membawa Passpor dan KTP di alamat Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta Selatan 12950

  52. Kemarin saya tgl 15 april datang di kedutaan korea di jakarta data nama tki ilegal yg pernah ke tangkap kayak nya nggk bisa di hapus saya udah 11 tahun di indonesia nama saya masih ada tapi kalao blaklis nggk nya yg tau imigrasi korea sekedar pengalaman bg rekan 2 yg pernah ketangkap untuk berf kir ulang kl mau balik korea tapi kl ada yg mau coba gpp bg juga infonya

  53. Mas mau nanya saya tki fishing 3bulan kmudian kabur, saya ilegal 9 bulan kmdian ktngkep imigrasi dan dideportasi. Lalu sy ingin daftar ke taiwan.. pertanyaan saya apakah nantinya bermasalah wktu d bndara?? soalnya paspor saya ada stempel kode deportasi dr korea. Mohon penjelasannya.

    • Blacklist dan Deportasi hanya berlaku di negara yang bersangkutan saja mas. Silakan dicoba untuk daftar kerja ke Taiwan semoga berhasil.

  54. gan…saya masih d.korea status swasta!!!!
    rencana pulang bln 8,apakah tahun depan masih bisa masuk korea lagi?

  55. Saya pernah ke korea 3 x yang pertama ma terahkir nm asli yg ke2 palsu thn 2012 januari sy cuti tp tertahan di imigrasi inceon krn ketahuan pakai nm orang lain jd sy dideportasi masihkah saya bs ujian dan masuk korea lagi untuk jawabanya trims

    • Kalau pernah di deportasi saya tidak tahu mas. Coba ams konsultasikan langsung ke pihak yang berwenang baik BNP2TKI atau HRD-Korea. Terima kasih.

    • yadin,

      Brp lm di korea pulang cutix..?ketauan lewat cek data kah atau bgmn..
      apakah brgkt yg ke 2 ganti nama sdh prnh ilegal ..dan brgkt yg ke 3 itu gmn bs lolos awalx apakah brgktx lewat hrdk

  56. Dulu tahun 2002 saya berangkat pakai data nama orang trus pulang 2005…terus tahun 2010 saya ikut ujian klpt dan berangakt thn 2011 pakai nama asli sampai selesai kontrak 5 tahun…nah yg jadi pertanyaan saya pulang dibawain rekom oleh bos saya supaya dapat berangkat lagi ke perusahaan terus apakah jika saya berangkat lagi kira2 tidak ketahuan jika saya masuk lagi di imigrasi incheon ya…? Apa sebaiknya saya lapor diri ke kedutaan korea yang di gatot subroto biar nama saya yang asli bisa masuk tanpa ada kendala jika nanti berangkat lagi ke korea..mohon pencerahan boz

  57. Mas..saya dulu di korea 4 tahun pulbobya 3 tahun tapi saya pulang dengan sendiriya dan melapor ke imigrasi yang ada di incon tapi di sana saya di scan mata dan sidik jari apa saya bisa kesana lagi

  58. Dedi Permadi

    agan… maaf mau nanya nih.terkait liburan musim panas korsel tgl 1-5 agustus 2016.saya mau ke kantor kedutaan korsel di Jakarta pada tgl tersebut…apakah ditanggal tersebut melayani utk pengurusan (menanyakan informasi blacklist/deportasi)… terima kasih atas penjelasan,saran,dan solusinya.

  59. 1,5 thn sy ilegal di korea brgkt thn 2012 plg 2014…..yg mau saya tanyakan untuk mengecek status nama saya bisa ga masuk ke korea lagi ke kedutaan dl apa ke hrd korea dl…tlg pencerahanya bos….

    • Untuk lebih jelasnya mas tanyakan saja ke Kedutaan Besar Korea atau HRD-Korea yang ada di Jakarta. Disana biasanya akan dijelaskan alasannya dan jangan lupa bawa KTP!.

  60. mau nanya min, tahun 2003 saya pernah ke korea menggunakan nama lain yang diganti oleh PJTKI, pulang tahun2005,tahun 2010 saya ke korea lagi menggunakan nama sendiri lewat bnp2tki, kemudian pulang dgn sukarela pda tahun 2012 karena pada waktu itu ada pemutihan untuk tki dengan nama ganda, dari imigrasi menyatakan saya bisa masuk korea lagi setelah 2 tahun, dan pada tahun 2015 kmaren saya ikut tes lagi dan lulus , tapi setelah slc turun,ccvi saya ditolak , sedangkan saya sudah lebih dari 2 tahun di indonesia, mohon penjelasan dan petunjuk nya..

  61. Assalamualaikum pak saya mau nanya.. Gini ceritanya.. Saya kan pernah melakukan proses pake visa kunjungan ke korea.. Tapi saya di deportasi dari bandara incon.. Terus saya sudah di cap sidik jari 10 semua tangan… Pertanyaan saya apa bisa saya mengikuti proses G TO G bnp yg resmi apa tidak bisa karna saya termasuk sudah becklis… Dan cara ngecek nama saya kebeklis gimana

    • Pertanyaan saya kenapa mas sampai bisa di deportasi dari Bandara Incheon? Apakah dulunya mas pernah ilegal atau gimana? Untuk mengecek data mas apakah di blacklist atau tidak bisa mas datang sendiri ke Kedubes Korea yang ada di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *