Home / Android / Paket Internet Cepat Habis Saat Memakai WhatsApp? Lakukan Trik Berikut!

Paket Internet Cepat Habis Saat Memakai WhatsApp? Lakukan Trik Berikut!

Trik Internet Hemat Saat Memakai WhatsApp – Bagi pengguna smartphone khususnya HP Android tentunya tidak aneh lagi dengan aplikasi WhatsApp. Hampir setiap HP Android akan terpasang aplikasi WhatsApp. Lalu apa itu WhatsApp? WhatsApp adalah sebuah aplikasi pesan dengan basic mirip dengan BlackBerry Messenger. Dengan aplikasi WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk melakukan lalu lintas pesan atau bertukar pesan tanpa biaya SMS. Biaya yang digunakan WhatsApp adalah paket data internet seperti halnya untuk browsing internet, email, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Lengkap Mengirim Aplikasi Atau Game HP Android Menggunakan Bluetooth

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa berkirim pesan menggunakan aplikasi WhatsApp membutuhkan jaringan internet. Artinya jika paket data internet smartphone dimatikan atau kuota internet habis, maka aplikasi WhatsApp tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Sebetulnya bukan hanya SMS saja yang dapat kita nikmati dari menggunakan WhatsApp. Selain itu kita bisa berkirim pesan berbentuk file, foto, video, bahkan kita bisa voice call serta video call juga. Tentunya semua fitur ini tidak akan dimiliki oleh aplikasi SMS pada HP atau smartphone umumnya. Meski dengan SMS juga kita mampu mengirim gambar yaitu fitur MMS, namun saya rasa jauh lebih canggih fitur WhatsApp.

Agar setiap pesan yang masuk melalui aplikasi WhatsApp dapat langsung kita terima, maka paket data internet harus selalu menyala. Akibat dari menyalanya paket data internet secara terus menerus, maka tentunya akan cepat menghabiskan konsumsi data internet. Pada akhirnya paket data internet harian Anda akan membengkak.

Lakukan Trik Berikut Agar Data Internet Hemat Saat Memakai WhatsApp

Tentunya Anda tidak mau kalau sampai penggunaan paket data internet membengkak sehingga jumlah pengeluaran perbulan meningkat. Namun Anda juga tentunya tidak mau kalau sampai setiap ada pesan ke WhatsApp tidak langsung Anda terima. Takutnya pesan tersebut penting atau sebagainya. Percuma juga punya WhatsApp tapi hanya sekali-kali saja Anda aktifkan, mending dihapus saja sekalian aplikasi WhatsApp-nya. Hehe

Sebentar jangan pusing dulu! Lakukan trik berikut yang akan membuat paket data internet Anda hemat meskipun setiap hari Anda menggunakan WhatsApp.

Ada empat langkah yang harus kita lakukan agar data internet hemat saat memakai WhatsApp. Cara ini sudah saya lakukan dan hasilnya memang benar bisa lebih menghemat paket data internet.

Silakan Anda buka aplikasi WhatsApp kemudian dari menu Anda tap Settings.

Kemudian di jendela Settings yang harus Anda lakukan adalah tap Data usage.

Ada empat pengaturan yang harus Anda lakukan, yaitu pada : When using mobile data, When connected on Wi-Fi, When roaming, dan Low data usage.

Pertama kita tap dulu pada When using mobile data. Disini kita perlu menghilangkan semua centang/checklist yang ada (Photos, Audio, Videos, dan Documents). Ini artinya ketika ada orang lain yang mengirim pesan yang didalamnya berisi Photos, Audio, Videos, dan Documents maka Anda tidak akan langsung bisa melihatnya. Dengan begitu Anda bisa menyortir mana sekiranya yang penting untuk di download. Tentunya biaya paket data internet akan lebih mahal untuk mengakses ke-empat file ini.

Kedua Anda tap lagi When connected on Wi-Fi. Disini Anda harus mencentang semuanya. Artinya langkah ini ada kebalikan dari langkah pertama diatas. Melakukan hal ini maka ketika smartphone terhubung dengan jaringan Wi-Fi maka Anda bisa melihat langsung Photos, Audio, Videos, dan Documents yang dikirim teman tanpa sortir.

Ketiga silakan Anda tap When roaming. Disini sama dengan langkah pertama yaitu Anda meski menghilangkan semua centang.

Keempat atau terakhir Anda meski mencentang pada Low data usage. Pengaturan ini berfungsi untuk menekan biaya penggunaan internet WhatsApp Anda sehingga akhirnya bisa hemat.

Baca Juga : Coba Praktekkan 5 Tips Berikut Agar Paket Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis

Ok mungkin artikel Trik Internet Hemat Saat Memakai WhatsApp dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini bisa berguna dan setidaknya Anda bisa sedikit menghemat penggunaan paket data internet smartphone Android. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. nice info nih artikelnya , makasih bgt ya . sukses terus
    mampir jg kesini filkom.gunadarma.ac.id siapa tau bisa nambah ilmu & bisa sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *