Home / Kesehatan / Tubuh Kekurangan Vitamin C Dapat Menyebabkan Gatal Di Badan

Tubuh Kekurangan Vitamin C Dapat Menyebabkan Gatal Di Badan

Kekurangan Vitamin C Dapat Menyebabkan Gatal – Tahukah Anda bahwa jika tubuh kita kekurangan Vitamin C itu bisa menimbulkan penyakit gata-gatal di badan? Fungsi utama Vitamin C bagi tubuh adalah untuk meningkatkan kekebalan agar terhidar dari berbagai macam penyakit. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk membantu meningkatkan sistem imun dan menangkal dari berbagai penyakit. Penyakit gatal di badan diantaranya disebabkan faktor kekebalan tubuh kita menurun. Tubuh sangat mudah dihinggapi berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit gatal di seluruh badan. Dengan kata lain gatal di badan bisa disebabkan juga karena tubuh kekurangan Vitamin C.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Gatal Di Badan ~ Trik Jitu Cara Alami Tradisional

Memang sih jika tubuh kekurangan Vitamin C itu tidak akan menyebabkan penyakit serius apapun. Namun jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil. Karena bisa saja sesuatu hal yang besar ditimbulkan dari hal yang kecil.

Contoh lainnya selain dapat menyebabkan gatal di badan, kekurangan Vitamin C akan menyebabkan badan cepat merasa capek, penurunan berat badan yang relatif cepat, dan rambut serta kulit menjadi kering.

Vitamin C yang juga dikenal dalam istilah kimia asam askorbat termasuk kedalam golongan Vitamin antioksidan. Fungsi utamanya adalah untuk menangkal badan kita dari berbagai radikal bebas ekstraselular. Konsumsi Vitamin C sangat dibutuhan tubuh untuk menjaga struktur kolagen yang menghubungkan jaringan kulit di tubuh manusia.

Gatal di badan selain karena tubuh kekurangan makanan yang mengandung Vitamin C, juga karena tubuh kekurangan mineral seng (zinc). Fungsi zinc adalah untuk membantu mengeluarkan karbondioksida dari tubuh kita. Kandungan zinc ini bisa kita peroleh dari makanan biji-bijian, kacang-kacangan, daging merah dan ikat laut.

Bagaimana Cara Agar Tubuh Tidak Kekurangan Vitamin C Sehingga Menyebabkan Gatal Di Badan?

Sebetulnya kebutuhan konsumsi Vitamin C setiap orang berbeda-beda. Itu semua tergantung kebiasaan hidup masing-masing dalam mengkonsumsi makanan. Karena jika diprediksi banyak makanan yang justru akan menghilangkan Vitamin C yang terdapat di dalam darah kita. Bagi orang yang biasa mempunyai kebiasaan merokok, maka menurut ahli medis itu dapat membuang Vitamin C di tubuh kita hingga 25 %. Maka orang yang biasa merokok kulitnya akan kering, daya tahan tubuh melemah, dan lain-lain. Itu semua jika tidak segera diatasi dengan rajin mengkonsumsi Vitamin C untuk menggantikan yang hilang.

Penuhi kebutuhan Vitamin C tubuh kita dengan mengonsumsi bermacam-macam makanan yang mengandung Vitamin C. Itu semua bisa kita dapatkan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Lebih jelasnya lagi, Vitamin bisa kita dapatkan didalam makanan seperti berikut ini :

1. Buah jeruk

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi kalau jeruk banyak mengandung Vitamin C. Memang benar demi untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C maka suatu langkah yang tepat jika kita rajin mengonsumsi buah jeruk. Untuk jeruk yang berukuran sedang saja bisa mengandung Vitamin C sebanyak 70 mg serta 62 kalori.

2. Cabai

Dari banyaknya jenis cabai, hanya cabai hijau saja yang paling banyak mengandung Vitamin. Jika kita rajin mengkonsumsi cabai hijau dalam kehidupan sehari-hari, maka tubuh akan dicukupi asupan Vitamin sekitar 182 %. Selain banyak mengandung Vitamin, cabai hijau juga adalah sumber penghasil antioksidan serta mineral.

3. Paprika

Paprika termasuk buah yang wajib kita konsumsi jika kita ingin memenuhi tubuh dari kebutuhan Vitamin C. Yang paling banyak mengandung Vitamin C adalah paprikan mentah. Kabarnya paprika mentah mengandung Vitamin C hingga 142 mg serta 20 kalori.

4. Kiwi

Selain tinggi kalium serta flavonoid, kiwi juga mengandung Vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan Vitamin C dari kiwi ini adalah sebanyak 70 mg dan 50 kalori. Tentunya dengan mengonsumsi buah kiwi, makan tubuh kita tidak akan lagi kekurangan Vitamin C.

5. Buah berry

Buah berry seperti Blackberry, Raspberry, dan Stroberry diyakini oleh ahli medis berdasarkan penelitian bahwa banyak mengandung berbagai macam Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekayaan Vitamin serta gizi yang tinggi dari buah berry ini sudah tidak diragukan lagi. Buah berry banyak mengandung senyawa menyehatkan tubuh seperti serat, fitokimia, dan float.

6. Pepaya

Buah yang biasa tumbuh di halaman rumah kita seperti pepaya ternyata banyak mengandung Vitamin C sebesar 182 mg. Selain itu buah pepaya sangat kaya akan serat serta Vitamin A.

7. Nanas

Nanas mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita serta mampu meringankan rasa sembelit. Nanas juga sangat kaya akan Vitamin C sebanyak 79 mg. Hal ini akan mencukupi kebutuhan Vitamin 131 % dari rekomendasi kebutuhan tubuh setiap harinya.

8. Melon

Tahukah Anda kalau buah melon mengandung Vitamin C sebanyak 47 mg serta 51 kalori. Buah yang rasanya enak ini bisa kita konsumsi demi untuk menyehatkan tubuh kita.

9. Jambu biji

Sangat mudah bukan untuk menemukan jambu biji terutama bagi yang tinggal di pedesaan. Mulai sekarang konsumsilah jambu biji agar asupan Vitamin dalam tubuh terpenuhi. Karena kandungan dari jambu biji ini menyajikan Vitamin C sebanyak 228 mg. Bukan hanya Vitamin C saja, jambu biji sangat kaya akan serat, folat asam, mangan, dan kalium.

10. Brokoli

Brokoli mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kekurangan Vitamin C. Brokoli mengandung Vitamin C sebanyak 89 mg dari 100 gr brokoli. Kekebalan tubuh Anda akan meningkat sehingga tubuh Anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit seperti penyakit gatal di badan.

Tubuh Kekurangan Vitamin C Dapat Menyebabkan Gatal Di Badan 1

11. Bunga kol

Biasanya kol sering kita jadikan sebagai pelengkap makanan atau sayuran. Namun kita mungkin tidak tahu kalau bunga kol mengandung Vitamin yang menyehatkan. Dari 100 gr bunga kol ternyata mengandung Vitamin C sebanyak 46 gr.

12. Ceri

Jika kita mengonsumsi buah ceri setiap hari 1 cangkir saja, maka kebutuhan Vitamin C kita akan terpenuhi dengan baik. Karena dari 1 cangkir buah ceri ini mengandung Vitamin C sekitar 1650 mg. Buah ceri juga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena lemak berlebih. Alasannya buah ceri ini sangat tinggi akan kandungan serat.

13. Tomat

Selain bisa digunakan untuk pelengkap sayuran dan membuat sambal, tomat juga banyak mengandung Vitamin C. Dari 100 gr tomat saja memiliki kandungan Vitamin C sebesar 100 mg.

14. Kubis

Walaupun kubis kandungan Vitamin C-nya tidak sebesar buah ceri, namun kubis bisa Anda jadikan makanan alternatif lainnya demi untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C. Kubis mengandung Vitamin C hanya 34 mg saja dari setiap cangkirnya. Menurut ahli medis, kubis mampu untuk membantu mencegah penyakit kanker dan jantung.

15. Lobak

Lobak juga sangat kaya akan Vitamin C yang senantiasa selalu kita butuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Rajinlah mengonsumsi lobak karena juga mengandung karbohidrat kompleks yang tentunya sangat bermanfa’at bagi kesehatan kita.

16. Kacang polong

Makanan cemilan yang satu ini ternyata sangat kaya akan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kekayaan kandungan kacang polong selain memiliki Vitamin C dan juga mampu untuk membantu resiko terkena penyakit kanker, kolesterol, depresi. Kacang polong juga sangat kaya akan nutrisi lainnya seperti protein nabati dan zat besi.

17. Mangga

Banyak yang suka dengan buah mangga ini karena memang rasanya sangat enak dan lezat. Bukan hanya rasanya saja yang diprioritaskan, buah mangga ini sangat kaya juga akan kandungan Vitamin C. Dari buah mangga yang hanya berukuran sedang saja mengandung Vitamin C sebesar 54 mg. Tidak diragukan lagi kalau buah mangga juga mengandung Vitamin B6, E, dan Vitamin A.

18. Bayam

Sayuran bayam biasa kita konsumsi dan mungkin kita tidak tahu kalau bayam kaya dengan kandungan yang dibutuhkan tubuh. Bayam sangat kaya juga dengan Vitamin C serta zat besi yang sangat baik demi kesehatan tubuh.

19. Kentang

Kentang sangat kaya dengan serat. Kentang juga tidak kalah dengan kandungan Vitamin C serta kentang mengandung karoteniod dan flavonoid. Dengan rajin mengonsumsi kentang maka kekebalan tubuh kita akan meningkat. Hal ini tentunya demi menangkal berbagai macam penyakit. Sehingga tubuh kita menjadi sehat, segar secara alami.

20. Kelengkeng

Buah yang biasa tumbuh pada iklim tropis serta berbuah pada musim kemarau ternyata sangat kaya juga dengan Vitamin C. Tentunya bukan hal sulit untuk mengonsumsi buah kelengkeng. Karena rasa buah kelengkeng ini sangat enak dan lezat. Kandungan Vitamin C yang dimiliki buah kelengkeng sangat tinggi. Dari 100 gr kelengkeng mengandung Vitamin C sekitar 84 mg.

Karena sangat pentingnya asupan makanan yang mengandung Vitamin C oleh tubuh manusia, maka rajinlah untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang memiliki kandungan Vitamin C. Ingat bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya. Dan sebaik-baiknya tindakan adalah mencegah lebih bijak daripada mengobati.

Kekurangan Vitamin C di dalam tubuh manusia salah satu akibatnya dapat menyebabkan gatal di badan. Karena kekebalan tubuh kita menurun sehingga sangat mudah diserang berbagai macam penyakit.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *